me

Doa Sabar Menghadapi Segala Sesuatu yang Diijinkan Terjadi

Jun 25, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/EyeEm
Doa sabar menghadapi segala situasi dan kondisi.

Blibli Affiliate

Semua manusia mulai membuka mata di pagi hari sampai mengakhiri hari waktu malam, dipenuhi dengan keputusan-keputusan. Mulai terus rebahan atau bangun untuk sembahyang subuh, minum air atau kopi, sarapan atau tidak, sampai mau marah-marah atau mau sabar saat menghadapi situasi atau kondisi yang di luar kemampuan kita untuk mengontrolnya.

Bicara tentang sabar, buat umat muslim ada banyak manfaatnya bahkan dikatakan kalau kesabaran dapat meleburkan dosa-dosa. Selain itu sabar juga bisa mendatangkan ketenangan, selalu dijaga Allah SWT dan bisa mendatangkan pahala. Untuk melatih kesabaran, ada beberapa doa sabar yang bisa dipanjatkan.

Baca juga:


Doa Sabar Saat Menghadapi Masalah

freepik.com/author/garakta-studio

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ 

Bismillâhi ‘ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qada’ika, wa barik li fina quddira li hatta la uhibba ta’jila ma akhkharta, wa la ta’khira ma’ajjalta.

Artinya:

“Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu.

Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kau tunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”

Doa untuk Diberikan Kesabaran dan Pertolongan

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa afrigh alainaa shabra wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa alal qaumil kaafiriin.

Artinya: 

“Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”

Doa Kesabaran Menghadapi Musibah

freepik.com/author/fotokita

وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ (155) اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ (156) اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ (157)

(155) Wa lanabluwannakum bisyai’im minal-khaufi wal-jû’i wa naqshim minal-amwâli wal-anfusi wats-tsamarât, wa basysyirish-shâbirîn. 

(156) Alladzîna idzâ ashâbat-hum mushîbah, qâlû innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji’ûn. 

(157) Ulâ’ika ‘alaihim shalawâtum mir rabbihim wa raḫmah, wa ulâ’ika humul-muhtadûn.

Artinya: 

“(155) Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad,) kabar gembira kepada orang-orang sabar, 

(156) (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji’ūn” (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali). 

(157) Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Doa Memohon Kesabaran dan Keikhlasan

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da iz hadaitanaa wa hab lanaa min ladunka rahmah innaka antal wahhaab

Artinya:

“Ya Tuhan kami, jangan lah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakan lah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Keutamaan Bersabar

freepik.com/author/reewungjunerr

Seperti sudah disinggung sebelumnya kalau dengan bersabar maka umat muslim akan mendapatkan pahala yang besar. Pentingnya bersabar ini juga dijelaskan dalam surat Az-Zumar ayat 10 yakni:

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: 

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabar akan dipenuhi pahala mereka tanpa hitungan.”

Untuk itulah supaya saat menghadapi masalah nggak dengan emosi, marah, hilang kendali yang justru bisa lebih memperburuk keadaan, maka umat muslim diajarkan untuk selalu bersabar. Salah satunya dengan memanjatkan doa memohon kesabaran pada Allah SWT. Sabar dengan rela menerima sesuatu yang nggak disenangi dengan ikhlas dan berserah pada Allah SWT.

Lewat rintangan, masalah dan musibah yang diberikan, hal ini selain melatih diri untuk sabar juga bisa untuk lebih meningkatkan iman kepada Allah SWT. Bahkan Allah menjanjikan balasan yang baik serta pahala yang besar buat umatNya yang mau bersabar. 

Tata Cara Membaca Doa Sabar

Saat memanjatkan doa memohon kesabaran pada Allah SWT alangkah baiknya dilakukan dalam keadaan tenang supaya bisa berdoa dengan lebih khusuk. Berdoa dengan tata cara yang benar juga merupakan sikap hati serta bentuk keterbatasan seseorang di hadapanNya.

  • Membentangkan kedua tangan dan posisikan menengadahkan telapak tangan,
  • Diawali memuji kepada Allah SWT.
  • Membaca shalawat pada Rasulullah.
  • Menghaturkan permohonan pada Allah SWT.
  • Wajah nggak memandang ke arah langit.
  • Diakhiri dengan mengusapkan telapak tangan ke wajah.

Baca juga

Itulah beberapa doa sabar yang bisa Blibli Friends amalkan saat menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Buat yang lagi butuh belanja aneka kebutuhan untuk sembahyang seperti sarung, sajadah, mukena atau peci, supaya bisa dapat produk berkualitas tapi harganya terjangkau bisa mengunjungi Blibli.

Belanja di Blibli sudah pasti lebih hemat karena banyak penawaran promo istimewa. Selain itu ada juga layanan gratis 15 hari retur bila produk yang dikirim ternyata nggak sesuai apa yang dipesan. Jadi pastikan belanja mukena, sarung, peci dan sajadah terbaik hanya di Blibli.