me

Doa Nabi Yunus dan Keutamaannya, Cocok untuk Diamalkan Ketika Menghadapi Kesulitan

Jun 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/feepikcontributorthailand
Inilah Doa Nabi Yunus dan keutamaannya tentang pentingnya kesabaran dan penyerahan diri.

Blibli Affiliate

Setiap manusia pasti pernah menghadapi kesulitannya masing-masing, yang merupakan bentuk dari ujian dari Allah SWT untuk melihat seberapa sabar dan tabah hamba-Nya dalam menghadapi cobaan hidup. Dalam situasi-situasi yang penuh tantangan ini, berpegang teguh pada iman dan memanjatkan doa menjadi salah satu cara untuk mencari kekuatan dan bimbingan dari Sang Pencipta. 

Salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Islam, khususnya ketika menghadapi kesulitan tersebut adalah Doa Nabi Yunus. Doa ini dikenal dari kisah penuh hikmah dari Nabi Yunus ketika Ia ditelan oleh ikan besar. Seperti apakah doa Nabi Yunus untuk menghadapi kesulitan? Simak langsung lafadz bacaan dan keutamaan membacanya di bawah ini! 

Baca juga:


Doa Nabi Yunus dan Artinya

Doa Nabi Yunus dan Artinya
freepik.com/larvencreative

Doa Nabi Yunus, juga dikenal sebagai Dzun-Nun, berakar dari kisah Nabi Yunus AS yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah kepada kaum Ninawa yang membangkang. Karena merasa putus asa dengan penolakan kaumnya, Nabi Yunus kabur meninggalkan mereka tanpa izin Allah SWT dan berlayar dengan menaiki sebuah kapal. Namun, kapal yang ditumpanginya menghadapi badai besar.

Salah satu cara untuk meredakan amukan laut, para penumpang sepakat untuk mengorbankan seseorang. Setelah diundi beberapa kali, nama Nabi Yunus selalu terpilih dan akhirnya Ia pun dilempar ke laut, tetapi atas kehendak Allah SWT  Nabi Yunus nggak secara langsung tenggelam melainkan dibuat terjatuh dan ditelan oleh ikan paus besar. 

Di dalam kegelapan perut ikan, Nabi Yunus menyadari kesalahannya dan dengan tulus memohon ampun kepada Allah SWT. Dalam penyesalan dan pengakuan dosanya, ia mengucapkan doa yang kemudian dikenal sebagai Doa Nabi Yunus ini. Adapun lafadz bacaan Doa Nabi Yunus dalam perut ikan lengkap dengan artinya sebagai berikut:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadh-dhaalimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Doa ini mengandung pengakuan akan keesaan Allah SWT, pujian atas kesucian-Nya, serta pengakuan atas dosa dan kezaliman diri sendiri. Rasulullah SAW juga menyebutkan keistimewaan dari doa Nabi Yunus dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi. Dalam Hadits tersebut, Rasulullah SAW bersabda:

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

 “Doa Dzun-Nun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan adalah: ‘Lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn’ (Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim). Maka tidaklah seorang muslim berdoa dengan doa tersebut dalam suatu urusan apa pun, kecuali Allah SWT akan mengabulkannya.”

Tata Cara Membaca Doa Nabi Yunus

Tata Cara Membaca Doa Nabi Yunus
freepik.com

Dalam ajaran Islam, memanjatkan sebuah doa juga harus dilakukan dengan tata cara yang benar sebagai bagian dari adab. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kesungguhan hati, ketundukan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah tata cara membaca Doa Nabi Yunus dengan khusyuk dan insyaAllah lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

  1. Memulai doa dengan membaca “Bismillahirrahmanirrahim” untuk memohon keberkahan dari Allah SWT.
  2. Usahakan menghadap ke arah Ka’bah (kiblat) sebagai bentuk penghormatan dan mengikuti sunnah Nabi.
  3. Mengangkat kedua tangan setinggi bahu atau setinggi dada saat berdoa lalu bacalah doa dengan hati yang ikhlas dan penuh penyerahan diri kepada Allah SWT ,meresapi setiap kata yang diucapkan.
  4. Bila perlu bacalah doa Nabi Yunus sekaligus dengan tartil (pelan-pelan dan jelas), jangan terburu-buru, agar setiap kata bisa dipahami dengan baik.   
  5. Setelah selesai berdoa, kamu bisa menutupnya dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak mungkin. 

Cara Mengamalkan Doa Nabi Yunus

Cara Mengamalkan Doa Nabi Yunus
freepik.com/EyeEm

Untuk mengamalkan Doa Nabi Yunus, pertama-tama hendaklah seorang Muslim memulai dengan niat yang tulus dan hati yang ikhlas. Penting untuk berada dalam kondisi suci dengan berwudhu terlebih dahulu. Setelah itu, pilih waktu yang baik untuk berdoa, seperti sepertiga malam terakhir atau setelah sholat wajib. Dalam kondisi khusyuk dan tenang, bacalah doa ini dengan penuh penghayatan.

Doa ini bisa juga disisipkan dalam doa-doa lain, terutama ketika memiliki hajat atau permintaan khusus. Namun, penting untuk menjaga konsistensi dan kesabaran dalam berdoa, seraya terus memperbaiki diri dan meningkatkan amal ibadah. Para ulama juga memiliki kebiasaan dalam mengamalkan Doa Nabi Yunus AS, sebanyak 40 kali setelah shalat Subuh. 

Selain itu, ada juga ulama yang membaca Doa Nabi Yunus AS setiap hari sebanyak 1.000 kali untuk memohon pengampunan dosa. Membaca doa ini dalam jumlah yang banyak juga menunjukkan kesungguhan dan keinginan yang kuat untuk bertaubat serta mendapatkan ridha Allah SWT. 

Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus

freepik.com/queenmoonlitestudio

Dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup, doa Nabi Yunus telah menjadi salah satu doa yang memiliki keutamaan luar biasa untuk mencari pertolongan dan bimbingan dari Allah SWT, sehingga bisa mendatangkan kebaikan bagi siapa saja yang mengamalkannya dengan sungguh-sungguh. Berikut adalah empat keutamaan membaca Doa Nabi Yunus:

Menghapus Dosa dan Kesalahan

Membaca doa Nabi Yunus dengan sepenuh hati bisa membantu menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Doa ini mencerminkan pengakuan akan kesalahan dan permohonan ampun kepada Allah SWT, yang Maha Pengampun. Seperti yang terjadi pada Nabi Yunus, Allah SWT menerima taubatnya dan menyelamatkannya dari kesulitan.

Mendapatkan Pertolongan di Masa Sulit

Doa Nabi Yunus dikenal sebagai doa yang sangat kuat ketika seseorang berada dalam situasi sulit atau terjebak dalam masalah besar. Dengan membaca doa ini, seorang muslim mengingat kebesaran Allah SWT dan hanya memohon pertolongan-Nya. Keyakinan dan kepasrahan ini bisa mendatangkan keajaiban dan jalan keluar yang nggak terduga.

Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Keutamaan ketiga yaitu, dengan membaca doa Nabi Yunus secara rutin maka bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang. Doa ini mengingatkan kita akan kisah Nabi Yunus dan bagaimana keimanannya kepada Allah SWT menjadi penolongnya. Dengan menghayati makna doa ini, iman kita pun semakin teguh dan menjadi lebih taat dalam menjalankan perintah-Nya.

Mendatangkan Ketenangan Jiwa

Membaca doa Nabi Yunus juga bisa membawa ketenangan jiwa dan pikiran. Doa ini mengandung pengakuan akan keagungan Allah SWT. Dalam situasi yang penuh tekanan, doa ini bisa menjadi sumber kedamaian batin dan ketentraman, membantu kita untuk tetap tenang dan berfokus pada solusi.


Baca juga


Itulah Doa Nabi Yunus, cara mengamalkannya, hingga keutamaan dalam membacanya. Mengamalkan doa ini secara rutin dan dengan hati yang ikhlas, bisa membawa banyak kebaikan dalam hidup kita. Untuk mendukung dalam menjalankan ibadah sehari-hari, pastikan kamu memiliki perlengkapan ibadah yang berkualitas seperti mukena, sajadah, peci, dan sarung.

Dengan perlengkapan yang nyaman dan indah, kamu bisa semakin khusyuk dalam beribadah dan mengamalkan doa Nabi Yunus untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Yuk, temukan berbagai pilihan Fashion Muslim terbaik hanya di Blibli!