me

Doa Nabi Daud: Arti, Tata Cara dan Keutamaan Membacanya

Jun 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/rawpixel-com
Ini dia amalan doa Nabi Daud yang perlu kamu pelajari!

Blibli Affiliate

Kamu pernah mendengar doa Nabi Daud? Doa Nabi Daud memiliki banyak jenis dan tujuannya terlebih dalam hal kebaikan dan ketenangan hati. Nabi Daud sendiri adalah nabi yang dikenal sebagai raja dan memiliki suara merdu. Banyak kisah yang menjelaskan tentang kekuatan doa dan keajaiban doa dari Nabi Daud sehingga banyak umat Islam yang ikut mengamalkannya. 

Apa saja sih doa Nabi Daud yang bisa diamalkan? Kamu yang penasaran langsung saja cek semua penjelasannya di bawah ini!

Baca juga:


Doa Nabi Daud dan Artinya 

Doa Nabi Daud dan Artinya
freepik.com/author/freepik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya doa Nabi Daud ini memang beragam sesuai dengan tujuannya. Berikut merupakan jenis doa lengkap dengan arti yang bisa kamu resapi untuk diamalkan sesuai kebutuhan. 

Doa Nabi Daud Untuk Meluluhkan Hati

Sesuai dengan namanya doa ini memang bagus banget dibacakan untuk melembutkan hati seseorang yang keras dan susah didapatkan. Kebanyakan doa ini digunakan untuk melembutkan hati anggota keluarga yang susah diberikan nasihat seperti anak-anak, istri atau bahkan suami. Adapun untuk bacaannya adalah sebagai berikut!

اَللَّّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاْوُدَ الْحَدِيدْ

Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid.

Artinya: “Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Kamu melembutkan Daud (akan) besi”

Doa Nabi Daud untuk Ketenangan Hati

Semua orang pasti mendambakan ketenangan hati yang baik setiap saat. Ternyata kamu bisa membaca doa Nabi Daud untuk membantu mewujudkannya. Selain bisa mendapatkan ketenangan hati doa ini juga bisa digunakan untuk meminta cinta dari Allah SWT. Adapun bunyi bacaan dan artinya bisa kamu cek di bawah ini!

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِي وَأَهْلِي وَمِنْ الْمَاءِ الْبَارِدِ

Allahumma inni as-aluka hubbaka wa Hubba man yuhibbuka, wa ‘amalalladzii yuballighunii hubbaka. Allahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsii wa ahlii wa minal maa’il baarid.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu cinta-Mu, dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan aku memohon kepada-Mu, perbuatan yang dapat mengantarkan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah cinta-Mu lebih aku cintai daripada diriku, keluargaku, serta air dingin.”

Doa Mendapatkan Suara Merdu 

Doa selanjutnya ini cocok untukmu yang pengen mendapatkan suara merdu atau ingin anak dengan suara merdu. Terlebih kalau suara merdunya digunakan untuk mengaji atau banyak menyebut pujian atas nama nabi. Adapun untuk amalannya bisa kamu cek semuanya di bawah ini!

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْئَلُكَ صَوْتًا خَفِيْفًا قَوِيًّا وَسَدِيْدًا كَصَوْتِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ

Allohumma innii as-aluka shoutan khofiifan wasadiidan kashouti daawuda ‘alaihis salaam.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu suara yang ringan lagi bagus dan kuat/keras sebagaimana suara Nabi Daud ‘alaihis salam.”

Doa Agar Selalu Dekat dengan Rasa Syukur 

Allah sangat nggak suka dengan hamba yang tamak dan nggak memiliki rasa syukur padahal kita selalu dianjurkan untuk mensyukuri hal-hal kecil setiap harinya. Ternyata biar terhindar dari ketamakan ada doanya, kamu bisa membaca doa sebagai berikut!

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Wa laqad ataina dawuda wa sulaimana ‘ilma, wa qalal-hamdu lillahillazi faddalana ‘ala kasirim min ‘ibadihil-mu’minin.

Artinya:

Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.” (An-Naml ayat 15). 

Doa untuk Meluluhkan Hati Pujaan Hati 

Kesulitan untuk mendapatkan hati dari orang yang kamu cintai? Ternyata ada amalan yang bisa kamu coba dari doa Nabi Daud ini. Hanya saja perlu dipahami kalau hasilnya tetap harus diserahkan pada Allah karena takdir seperti jodoh dan maut hanya Allah yang tahu. Adapun untuk doa dan artinya bisa cek di bawah ini!

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa.

Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadikka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya:

“Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sementara aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir’aun pada Musa a.s.

Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud a.s. karena sungguh dia tak akan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang.”

Tata Cara Membaca Doa Nabi Daud 

ata Cara Membaca Doa Nabi Daud
freepik.com/author/pixel-shot-com

Sama halnya ketika beribadah atau meminta doa lainnya terhadap Allah saat melantunkan doa ini kamu juga harus mengikuti beberapa tata cara sesuai adab berdoa menurut Islam. Adapun untuk lebih jelasnya kamu bisa cek langkahnya di bawah ini!

  • Pastikan kamu sudah dalam kondisi suci (berwudhu). 
  • Direkomendasikan membaca doa ini sehabis sholat malam. 
  • Baca doa sambil hadap ke kiblat kemudian rendahkan suaramu. 
  • Mintalah secara sungguh-sungguh sesuai dengan amalan yang memang kamu inginkan. 
  • Bersabar dan bertawakal atas apa saja jawaban yang nantinya Allah berikan. Ingat kita sama sekali nggak boleh memaksakan apa yang kita mau karena Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan. 

Keutamaan Membaca Doa Nabi Daud 

- Keutamaan Membaca Doa Nabi Daud
freepik.com/author/ekaharwito

Ternyata dia Nabi Daud ini punya banyak keutamaan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibaca dan diamalkan. Pertama dengan membaca doa Nabi Daud ini kita akan mengingat pentingnya memiliki kebijaksanaan dalam segala hal termasuk keputusan yang sudah kita buat. Kedua dengan membaca doa Nabi Daud kita akan mengingat bahwa Allah pemilik segalanya. 

Sudah sewajarnya sebagai hamba kita berserah diri padanya dan selalu tabah serta sabar dalam menghadapi setiap cobaan. Apapun yang belum menjadi milik kita bisa jadi merupakan ujian Allah untuk tahu seberapa kuat kita berusaha dan merayunya. Ketiga doa Nabi Daud juga mengajarkan kita bahwa tindakan mulia penting banget dilakukan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. 


Baca juga

Lengkapi kebutuhan alat ibadahmu dengan kualitas premium dan awet seperti sajadah hanya di Blibli saja. Belinya mudah dan harganya terjangkau apalagi banyak diskon menarik yang menunggumu. Ibadah jadi lebih nyaman dengan pakaian dan outfit ibadah yang mendukung!