me

Doa Menempati Rumah Baru Lengkap dengan Arti dan Keutamaan Mengamalkannya

Jun 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/zurijeta
Ini dia doa menempati rumah baru lengkap dengan artinya untukmu!

Blibli Affiliate

Rumah baru merupakan sebuah rezeki dari Allah untuk tempat berlindung kita dari kedinginan dan juga marabahaya sata di luaran. Maksud rumah baru di sini adalah rumah yang memang sebelumnya belum pernah kamu jamah. Layaknya hal baru lainnya tentu kita wajib untuk melantunkan doa agar rumah tersebut banyak memberikan keberkahan. 

Adapun untuk lebih jelasnya mengenai doa menempati rumah baru bisa kamu cek semuanya di bawah ini!

Baca juga


Doa Menempati Rumah Baru dan Artinya 

- Doa Menempati Rumah Baru dan Artinya
freepik.com/sewuparistudio

Sebenarnya ada beberapa jenis doa menempati rumah baru yang bisa kamu amalkan sesuai kebutuhan. Berikut merupakan doa menempati rumah baru sesuai sunnah yang bisa kamu lantunkan!

Doa Menempati Rumah Baru agar Diberi Keberkahan

Ada banyak harapan bagus untuk rumah baru yang ditempati salah satunya adalah bisa memberikan keberkahan.

اَللهم يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خاَلِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخُلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخاَفُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هَذَا خَيْراً وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.

Allahumma ya man falaqal bahra li musa bin ‘imran, wa najja yunusa min bathnil hut, wa sayyaral fulka li man sya’a, antal ‘alimu bi ‘adadi qathril bihari, wa dzarratir rimal. Ya khaliqa ashnafi ‘aja ‘ibul makhluqat. As’alukal kifayah, ya kafiyah man istakfah, ya mujiba man da’ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikhfini syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla’ manzili hadza khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasulika sayyidina muhammadin wa alihi shahbih wa sallim. 

Artinya: “Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai dzat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai dzat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang dikhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

Doa Menempati Rumah Baru Sunnah 

Kamu yang baru saja menginjakkan kaki di rumah baru bisa banget membaca doa ini agar terhindar dari bahaya apapun yang mengganggu. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-asluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa’alaallahi rabbanaa tawakkalnaa. 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud). 

Doa Pindahan ke Rumah Baru 

Biar diberikan kemudahan untuk pindah ke rumah baru kamu bisa melantunkan doa ini!

رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

Rabbi anzilnii munzalan mubaarakan wa anta khairul munziliina

Artinya: “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

Doa Syukuran untuk Rumah Baru 

Untuk memanjatkan syukur atas karunia berupa rumah baru kamu bisa melantunkan doa ini!

لَّا تُدْرِكُهُ ٱلْأَبْصَٰرُ وَهُوَ يُدْرِكُ ٱلْأَبْصَٰرَ ۖ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ

La tudrikuhul-absaru wa huwa yudrikul-absar, wa huwal latiful khabir

Artinya: “Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan, dan dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”

Tata Cara Membaca Doa Menempati Rumah Baru dan Artinya 

Tata Cara Membaca Doa Menempati Rumah Baru dan Artinya
freepik.com/sewuparistudio

Untuk menempati rumah baru tentunya kamu perlu memanjatkan rasa syukur dan juga doa biar mendapatkan keberkahan dan keselamatan atas karunia rumah barumu. Adapun tata cara membaca doa menempati rumah baru ada urutannya di bawah ini!

Awali dengan Surat Al Fatihah 

Bacaan pertama yang perlu kamu lantunkan adalah surat Al Fatihah. Sebelum memasuki rumah bacalah surat Al Fatihah sebanyak 3 kali jangan lupa mengawalinya dengan basmalah agar dimudahkan segala prosesnya. 

Bacalah Surat Al-Mu’minun Ayat 28-29

Beres membaca surat Al Fatihah selanjutnya kamu bisa melantunkan surat Al-Mu’minun ayat 28-29. Ayat ini memiliki makna mendalam mengenai keselamatan dan juga berserah diri pada Allah atas apa-apa yang sudah diberikan (maksudnya adalah tempat tinggal rumah). 

Akhiri dengan Doa 

Setelah selesai membaca surat kamu bisa menutupnya dengan doa. Disarankan untuk menggabungkan doa masuk rumah sesuai tujuannya seperti di atas sehingga lebih banyak kebaikan yang akan menyertaimu. Ingat untuk berdoa dalam keadaan suci dan bersih karena berdoa menjadi salah satu cara ibadah dan komunikasi dengan Allah. 


Baca juga:

Lengkapi kebutuhan ibadahmu dengan produk terbaik seperti koleksi peci, sarung, mukena dan sajadah yang bisa dibeli semuanya langsung di Blibli saja. Transaksi terjamin aman dengan diskon yang menguntungkan. Cek dan dapatkan semuanya hanya di Blibli saja!