me

Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Keutamaannya

Jun 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/EyeEm
Doa masuk dan keluar masjid beserta arti dan keutamaannya.

Blibli Affiliate

Membiasakan diri untuk membaca doa ternyata merupakan sesuatu yang baik dan mudah dilakukan lho, Blibli Friends. Dengan membaca doa, seseorang akan senantiasa mengingat Allah SWT di setiap kesempatan, baik sebelum melakukan atau memulai sesuatu maupun mengakhiri segala sesuatu. Umat Islam sangat dianjurkan untuk selalu membaca doa mulai dari bangun tidur hingga kembali tertidur.

Salah satu doa yang bisa jadi kerap terlewatkan adalah doa masuk dan keluar masjid. Padahal, banyak sekali keutamaan dan hikmah yang bisa diperoleh jika menerapkannya. Selain menghafalkan doa masuk dan keluar masjid lengkap beserta artinya, sebaiknya ketahui juga adab atau tata cara melakukan, serta keutamaan-keutamaannya agar semakin paham ya, Blibli Friends.

Baca juga:


Doa Masuk & Keluar Masjid dan Artinya

Doa Masuk & Keluar Masjid dan Artinya
freepik.com/author/h9images

Masjid adalah tempat ibadah yang mulia dan penuh keberkahan. Sebagai seseorang yang beragama Islam, sudah sepatutnya untuk ikut serta menjaga kesucian masjid dengan mengikuti sholat berjamaah, mengadakan agenda-agenda bermanfaat yang menambah ilmu, maupun ikut serta membersihkannya seperti mencuci sarung, mukena, dan sebagainya.

Selain menjaga kesucian dan kehormatan masjid dengan tidak mengotori sajadah yang terhampar, kamu juga bisa menghormati tempat ibadah tersebut dengan membaca doa setiap masuk dan keluar. Agar tak bingung dan salah membaca, simak doa masuk dan keluar masjid yang benar dan disunnahkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Doa Masuk Masjid

Memasuki masjid adalah hal yang baik karena biasanya seseorang akan ke masjid ketika akan beribadah yaitu sholat dengan memakai sarung maupun mukena atau melakukan berbagai bentuk kebaikan lainnya seperti bersedekah, bertilawah, dan sebagainya. Sama halnya dengan hal baik lainnya, sebaiknya awali melangkahkan kaki ke dalam masjid dengan membaca doa. Berikut doa masuk masjid beserta artinya:

بِسْمِ اللَّهِ وَالصَّلَاةِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillahi wassalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, Allahumma-ghfirli dzunubi waftah li abwaba rahmatik

Artinya: “Dengan nama Allah, shalawat dan salam kepada Rasulullah, Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Doa Keluar Masjid

Jika seseorang memasuki masjid dengan harapan akan diberi rahmat oleh Allah SWT ketika melakukan hal baik di dalamnya, maka sebaiknya meminta untuk selalu dibuka karunia oleh Allah SWT saat keluar dari rumah ibadah tersebut. Dengan harapan, akan ada kesempatan-kesempatan berikutnya untuk kembali beribadah atau berbuat amal saleh di dalam masjid. Simak doa keluar masjid dan artinya berikut:

بِسْمِ اللَّهِ وَالصَّلَاةِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Bismillahi wassalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, Allahumma-ghfirli dzunubi waftah li abwaba fadhlik

Artinya: “Dengan nama Allah, shalawat dan salam kepada Rasulullah, Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu karunia-Mu.”

Tata Cara Membaca Doa Masuk dan Keluar Masjid

Tata Cara Membaca Doa Masuk dan Keluar Masjid
freepik.com/author/EyeEm

Seorang Muslim atau orang yang menganut agama Islam senantiasa diajarkan untuk mendahulukan adab sebelum ilmu oleh Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW. Tentunya ini juga berlaku jika ingin masuk dan keluar dari masjid. Simak adab-adab atau tata cara membaca doa masuk dan keluar masjid agar berkesempatan mendapat pahala yang lebih di sini, yuk!

Tata Cara Masuk Masjid

Terdapat beberapa tata cara yang perlu diamalkan jika Blibli Friends ingin masuk ke dalam masjid, termasuk membaca doa masuk masjid. Tata cara tersebut disarikan berdasarkan adab dan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk diikuti oleh para umatnya. Berikut adalah tata cara dan adab masuk masjid secara lengkap:

  • Pastikan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum memasuki masjid, khususnya mulai dari bagian yang biasanya tertulis batas suci. Hal ini dimaksudkan karena kesucian merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat berada di tempat untuk beribadah.
  • Gunakan pakaian yang bersih dan sopan. Jangan lupa utamakan juga memakai pakaian yang menutup aurat sesuai dengan ajaran Islam. Blibli Friends yang berjenis kelamin pria bahkan bisa menambahkan peci agar semakin rapi.
  • Saat masuk masjid, dahulukan menggunakan kaki kanan. Ini merupakan adab yang perlu dilakukan saat memasuki masjid, ya.
  • Tentunya jangan lupa membaca doa masuk masjid sesuai yang dianjurkan.
  • Jika kamu bertemu dengan jamaah lainnya di dalam masjid, jangan lupa ucapkan salam sebagai tanda silaturahmi dan persaudaraan ya, Blibli Friends.
  • Kamu bisa melaksanakan sholat sunnah dua rakaat yang disebut dengan Sholat Tahiyatul Masjid sebagai bentuk penghormatan terhadap masjid.
  • Duduklah dengan tenang dan khusyuk. Kamu juga bisa sembari bertilawah alias membaca Al-Qur’an, berdzikir, maupun melakukan ibadah lainnya yang bermanfaat dan berpahala.
  • Jagalah ketenangan dan jangan mengganggu orang lain yang sedang beribadah di dalam masjid.
  • Pastikan juga untuk mematuhi tata tertib yang berlaku di masjid tersebut, misalnya menjaga kebersihan, dan sebagainya.

Tata Cara Keluar Masjid

Selain memasukinya, ada juga beberapa tata cara yang bisa kamu lakukan saat hendak keluar dari masjid ya, Blibli Friends. Hal ini bahkan termasuk sunnah karena dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW dan bisa berpahala jika dilakukan. Berikut beberapa tata cara keluar masjid yang sebaiknya dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia:

  • Sebelum melangkahkan kaki keluar masjid, jangan lupa membaca doa keluar masjid terlebih dahulu.
  • Ketika keluar dari masjid, dianjurkan untuk mendahulukan kaki kiri. Perkara ini adalah kebalikan dari saat memasuki masjid.
  • Jangan lupa untuk mengucapkan salam jika ada orang lain di dalam maupun sekitar masjid sebagai bentuk persatuan dan persaudaraan.
  • Tentunya keluar dari masjid secara sopan dan tertib, ya. Hindari untuk berdesak-desakan maupun membuat gaduh meski kondisi masjid sedang ramai.
  • Tetaplah berdzikir dan berdoa meskipun sudah keluar dari masjid agar segala amal ibadah yang telah dilakukan diterima dan diberkahi Allah SWT.
  • Pastikan untuk menjaga kebersihan rumah ibadah atau masjid dengan tak meninggalkan sampah. Kamu juga bisa memastikan apakah semua barang pribadi sudah dibawa dan tak ada yang tertinggal di dalam masjid.

Keutamaan Membaca Doa Masuk dan Keluar Masjid

Keutamaan Membaca Doa Masuk dan Keluar Masjid
freepik.com/author/EyeEm

Tentunya terdapat keutamaan-keutamaan membaca doa masuk dan keluar masjid. Selain agar mendapatkan rahmat Allah SWT, doa masuk masjid juga mengandung permohonan untuk menghapus doa, serta mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Dengan berdoa, kamu juga bisa lebih berkonsentrasi dalam beribadah.

Tak kalah penting, doa keluar dari masjid juga bertujuan untuk mendapat karunia Allah SWT berupa rezeki dan kebaikan. Kamu juga memohon perlindungan terhadap godaan dunia serta penghapusan dosa dalam doa tersebut. Keluar dari masjid dengan berdoa juga akan menjaga ketenangan hati dan bentuk adab kesopanan seorang Muslim.


Baca juga

Ternyata doa masuk dan keluar masjid sangat bermanfaat dan cukup mudah dihafalkan ya, Blibli Friends? Jangan lupa gunakan alat sholat dan pakaian terbaik saat ingin beribadah di masjid. Kamu bisa membeli perlengkapan sholat seperti sarung, mukena, hingga peci dengan beragam pilihan hanya di Blibli.