me

Doa Kedua Orang Tua untuk Meminta Pengampunan dan Keberkahan!

Jun 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/queenmoonlitestudio
Pahami makna doa kedua orang tua di bawah ini!

Blibli Affiliate

Mendoakan orang tua nggak terikat oleh kondisi apapun. Artinya, doa ini harus dilakukan baik ketika mereka masih hidup maupun setelah mereka meninggal. Bentuk bakti kepada orang tua sangat beragam. Seorang anak dapat menunjukkan baktinya dengan selalu membantu atau menyenangkan mereka.

Cara lain yang penting dalam berbakti kepada orang tua adalah dengan mendoakan ibu dan bapak. Bagaimana doa untuk kedua orang tua dan apa artinya? Mari kita sama-sama belajar di sini!

Baca juga:


Doa Kedua Orang Tua dan Artinya

Berikut adalah doa untuk kedua orang tua yang masih hidup:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Arab Latin: Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kamaa rabbayanii shaghiraa

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

Adapula bacaan doa untuk kedua orang tua dan saudara yang bisa kamu amalkan, yakni:

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa rabbayaanii shagiiraa Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati, wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa anta khairur raahimiina. Walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah kedua orang tuaku sebagaimana kedua orang tuaku megasihiku ketika aku masih kecil.

Sedangkan, untuk mendoakan orang tua yang sudah berpulang, bisa amalkan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya: Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ

Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘āfihim, wa’fu ‘anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā’ata ‘alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafaat bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

Tata Cara Membaca Doa Kedua Orang Tua

Tata Cara Membaca Doa Kedua Orang Tua
freepik.com/author/rawpixel-com

Berikut adalah tata cara membaca doa untuk kedua orang tua dalam Islam:

  • Mulai dengan Basmalah

Sebelum membaca doa, awali dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim” yang berarti “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”. Ini adalah cara memohon keberkahan dari Allah sebelum memulai doa.

  • Membaca Hamdalah

Ucapkan “Alhamdulillahirabbil ‘alamin”, yang berarti “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”. Ini sebagai ungkapan syukur dan pujian kepada Allah.

  • Mengirimkan Shalawat untuk Nabi Muhammad SAW

Lanjutkan dengan mengucapkan shalawat seperti “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”. Ini merupakan bentuk penghormatan dan doa untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya.

  • Menyebutkan Nama Kedua Orang Tua

Dalam doa, sebutkan nama kedua orang tuamu. Misalnya, “Ya Allah, ampunilah dosa kedua orang tua kami, [nama ayah] dan [nama ibu]”.

  • Memohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua

Ucapkan doa memohon ampunan seperti “Rabbighfirli wa liwalidayya warhamhuma kama rabbayani saghira”, yang berarti “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, serta rahmatilah mereka sebagaimana mereka merawatku di waktu kecil”.

  • Memohon Kesehatan dan Keselamatan

Minta kesehatan dan keselamatan untuk orang tuamu, misalnya “Ya Allah, berikanlah kesehatan, panjang umur, dan keberkahan kepada kedua orang tua kami”.

  • Memohon Rizki yang Berkah

Doakan agar Allah memberikan rizki yang berkah kepada orang tuamu. Contohnya, “Ya Allah, berikanlah rizki yang halal dan berkah kepada kedua orang tua kami”.

  • Mengakhiri dengan Shalawat dan Salam

Akhiri doa dengan kembali mengucapkan shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad SAW, seperti “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”.

  • Menutup dengan Amin

Tutup doa dengan mengucapkan “Amin”, yang berarti “Ya Allah, kabulkanlah”.

Setiap langkah ini nggak hanya memperkuat ikatan spiritual dengan orang tua, tetapi juga mengingatkan kita akan pentingnya menghormati dan mendoakan mereka setiap hari. Doa yang tulus dari hati seorang anak sangatlah berarti dan dapat membawa keberkahan dalam kehidupan kita dan orang tua kita.

Keutamaan Doa Kedua Orang Tua

Keutamaan Doa Kedua Orang Tua
freepik.com/author/pressmaster

Berikut adalah lima keutamaan dari doa untuk kedua orang tua:

Merupakan Bentuk Bakti yang Tinggi

Dalam Islam, berbakti kepada orang tua merupakan salah satu perintah yang sangat ditekankan. Doa untuk kedua orang tua adalah salah satu bentuk bakti yang paling mulia. Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk berbuat baik kepada orang tua dan mendoakan mereka sebagai wujud penghormatan dan kasih sayang. Hal ini menunjukkan kepatuhan dan penghargaan terhadap pengorbanan orang tua.

Mendapatkan Ridha Allah

Doa untuk orang tua bisa mendatangkan ridha Allah. Diriwayatkan bahwa ridha Allah tergantung pada ridha orang tua, dan murka Allah tergantung pada murka orang tua. Dengan mendoakan kedua orang tua, kita berusaha untuk mendapatkan keridhaan mereka, yang pada gilirannya, akan membawa ridha Allah dalam hidup kita.

Pembersihan Dosa dan Peningkatan Pahala

Mendoakan orang tua, terutama memohonkan ampunan bagi mereka, dapat membantu menghapus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan. Selain itu, doa ini juga akan meningkatkan pahala kita, karena berdoa untuk orang lain, termasuk orang tua, merupakan amal yang sangat dianjurkan dan mendapatkan balasan yang besar dari Allah SWT.

Membangun Keluarga yang Harmonis

Doa yang tulus untuk kedua orang tua dapat menciptakan keharmonisan dalam keluarga. Ketika anak-anak berdoa untuk kebaikan orang tua mereka, ini mencerminkan rasa cinta dan perhatian yang mendalam, yang pada gilirannya memperkuat ikatan keluarga. Doa yang konsisten juga bisa menjadi pengingat bagi anggota keluarga lain untuk selalu mengutamakan kebersamaan dan kerukunan.

Menjaga Silaturahmi dengan Orang Tua yang Telah Tiada

Bagi yang orang tuanya telah meninggal, doa menjadi cara utama untuk tetap berbakti dan menjaga hubungan dengan mereka. Doa yang dikirimkan kepada orang tua yang telah meninggal bisa menjadi sumber cahaya dan rahmat bagi mereka di alam kubur. 

Ini juga memberikan ketenangan hati bagi anak-anak, mengetahui bahwa mereka masih bisa berbuat baik kepada orang tua mereka meskipun mereka sudah nggak ada di dunia.


Baca juga

Mendoakan kedua orang tua merupakan salah satu amal yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik bagi orang tua maupun bagi anak yang mendoakannya. Keutamaan-keutamaan ini menunjukkan betapa pentingnya peran doa dalam kehidupan seorang Muslim, khususnya dalam menjaga dan menghormati hubungan dengan orang tua.

Tetap beribadah sambil mendoakan orang-orang yang kita sayangi agar mendapat perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Pastikan juga kamu terus memperhatikan tampilan saat beribadah, dengan mukenah yang bersih, sajadah, sarung, hingga peci. Beli fashion muslim berkualitas hanya di Blibli!