Doa Buka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

doa buka puasa

Bulan Ramadhan yang dinanti-nantikan sebentar lagi tiba, nih. Selama bulan Ramadhan, semua umat Islam di seluruh dunia diperintahkan buat berpuasa. Bisa dibilang, berpuasa jadi amalan utama yang harus kamu lakukan selama bulan Ramadhan. Tapi, tahu nggak? Ternyata, berbuka puasa juga termasuk ke dalam amalan di dalam bulan suci ini lho! Berbuka puasa dengan doa dan adab yang benar bisa kasih kamu tambahan poin pahala. Nah, wajib banget nih kamu hafalkan doa buka puasa Ramadhan supaya ibadahmu di bulan suci nanti jadi makin maksimal.


Baca juga: 3 Pilihan Baju Koko Biar Kamu Semangat Ikutan Pengajian di Bulan Ramadhan

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

doa buka puasaTahu nggak, kalau ternyata ada 2 jenis doa berbuka puasa Ramadhan yang bisa kamu baca buat mengawali waktu berbuka. Doa berbuka puasa yang umum dibaca adalah: 

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin

Artinya: “”Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain doa di atas, ternyata ada versi doa berbuka puasa yang lain, lho! Yaitu:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.” (HR Abu Daud)

Nah, versi kesatu maupun yang terakhir sama-sama valid, ya. Jadi, kamu bisa pilih doa berbuka manapun yang paling sreg buat kamu. 

Adab Berbuka Puasa

Setelah baca doa buka puasa Ramadhan, pastinya kamu ingin segera melahap makanan dan minuman yang terhidang di atas meja. Eits, tunggu dulu! Kalau kamu asal makan atau minum, bisa bikin ususmu kaget lho. Apalagi, ususmu memang nggak mencerna makanan selama berjam-jam. Kalau kamu asal saja dalam makan makanan berbuka, bisa-bisa bikin perutmu sakit. Makanya, Blibli Friends wajib banget tahu adab berbuka puasa berikut ini:

  1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Sudah mulai dengar azan Maghrib? Taruh dulu gawaimu dan segerakan berbuka. Jangan ditunda-tunda, ya! Menunda berbuka puasa bisa bikin perutmu jadi perih. Rasulullah juga menyarankan kamu supaya nggak menunda-nunda buat berbuka puasa saat sudah tiba waktunya. Soalnya, ada banyak banget keberkahan yang bisa kamu raih saat berbuka puasa. Ini sesuai dengan hadis Bukhari – Muslim, yang berbunyi:

“Senantiasa manusia berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan puasa”.

Allah juga berfirman:

“Sesungguhnya hamba-hamba-Ku yang paling Kucintai ialah yang lebih menyegerakan berbuka puasa.” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

2. Berdoa Sebelum Buka Puasa

Kamu memang diminta buat menyegerakan berbuka puasa. Tapi, jangan sampai kamu asal lahap saja tanpa berdoa terlebih dulu, ya. Soalnya, waktu berbuka puasa termasuk ke dalam waktu dimana doa yang kamu ucapkan paling gampang terkabul. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam hadist:

“Sesungguhnya doa orang yang berpuasa pada waktu berbuka itu tidak ditolak.” (HR Ibnu Majah).

Membaca doa sebelum berbuka puasa juga bisa bikin puasamu selama seharian penuh jadi lebih barokah, lho. Doa buat berbuka puasa pun nggak terlalu panjang kok. Jadi, kamu bisa langsung berbuka puasa dengan hati tenang dan nggak tergesa-gesa.

3. Berbuka dengan Kurma dan Air Putih

Menu takjil atau hidangan pembuka puasa memang identik dengan yang manis-manis. Contohnya, seperti es kolak, es teh, dan lain sebagainya. Tapi, tahu nggak? Kamu sebenarnya nggak disarankan buat langsung konsumsi minuman dan makanan manis. Soalnya, itu bisa bikin lonjakan gula darah yang instan. 

Dan itu nggak bagus banget buat kesehatanmu. Makanya, Rasulullah menyarankan kamu buat berbuka puasa dengan meneguk air putih dan buah kurma. Air putih bisa bantu menghidrasi kembali tubuhmu yang nggak kemasukan cairan apapun selama berpuasa. Sedangkan, buah kurma punya kandungan gula alami yang lebih rendah dibandingkan buah-buah lainnya. Air putih dan kurma bisa kembali menyegarkan tubuhmu dan bikin kamu jadi lebih bertenaga tanpa bikin gula darahmu melonjak. Rasulullah bersabda: 

ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮ ﻝُ ﺍﻟﻠِّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪً ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳُﻔْﻄِﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺭُﻃَﺒَﺎﺕٍ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﺭُﻃَﺒَﺎ ﺕٌ ﻓَﻌَﻠَﻰ ﺗَﻤَﺮَﺍﺕٍ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢ ﺗَﻜُﻦْ ﺣَﺴَﺎ ﺣَﺴَﻮﺍﺕٍ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﺀٍ

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.” (HR Anas bin Malik RA)

Hikmah Ramadhan

Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Selain hafal doa buka puasa Ramadhan, Blibli Friends juga wajib waspadai hal-hal yang bikin puasamu batal sebelum waktunya. Selain makan dan minum, inilah hal-hal yang bikin puasamu jadi batal dan nggak sah:

  1. Muntah Secara Sengaja

Kalau kamu sedang dalam perjalanan dan nggak sengaja muntah, atau muntah gara-gara masuk angin, nggak perlu khawatir! Puasamu masih sah dan bisa lanjut deh hingga maghrib kalau memungkinkan. Yang dimaksud di sini adalah muntah yang timbul gara-gara kamu dengan sengaja memasukkan sesuatu (jari, misalnya) ke dalam tenggorokan sehingga mengakibatkan gag reflex dan muntah. 

2. Keluar Mani

Onani dan masturbasi sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Asalkan, jangan melakukannya selama kamu berpuasa. Soalnya, aktivitas self-pleasure yang berujung pada keluarnya mani bisa bikin puasamu batal. 

Kamu jadi harus mengganti puasamu di luar bulan Ramadhan. Kecuali, kalau mani keluar sebagai efek dari mimpi basah. Keluarnya mani akibat mimpi basah lewat kacamata agama termasuk ke dalam hal yang nggak disengaja dan di luar kontrolmu. Jadi, kamu nggak perlu khawatir puasamu batal gara-gara itu.

3. Menstruasi 

Buat Blibli Friends cewek yang akil baligh pastinya kedatangan tamu bulanan satu ini. Wanita yang menstruasi dilarang buat berpuasa. Gimana kalau menstruasi itu datang saat kamu sedang berpuasa? Wah, itu artinya puasamu jadi nggak sah dan harus dibatalkan. Sama seperti poin kedua di atas, kamu harus menggantinya dengan berpuasa di bulan Ramadhan.

4. Berhubungan Badan

Warning nih, buat Blibli Friends yang baru saja jadi pengantin baru. Selama bulan puasa, kamu dan pasangan harus bisa menahan diri buat nggak berhubungan badan mulai dari imsak hingga azan maghrib berkumandang. Soalnya, inti dari puasa memang nggak cuma menahan makan dan minum saja. 

Tapi, juga menahan hawa nafsu syahwat. Kalau kamu melanggar, kamu dan pasangan diwajibkan buat mengganti puasa. Kalau di negara-negara Arab, Blibli Friends juga diharuskan buat bayar denda, lho.

5. Nifas

Nifas adalah darah yang keluar selama 40 hari setelah proses persalinan. Nifas terjadi karena rahimmu sedang membersihkan sisa-sisa kehamilan. Nifas juga masa dimana otot rahim berusaha kembali ke keadaan semula. Nah, sama seperti masa haid, keluarnya nifas juga bisa membatalkan puasa. Jadi, buat Blibli Friends yang habis melahirkan jangan langsung berpuasa, ya. Paling nggak, tunggu hingga masa nifas selesai.

Rekomendasi Menu Takjil

Nah, Blibli Friends sudah tahu bacaan doa buka puasa Ramadhan. Kamu juga sudah tahu apa saja adab dan hal-hal yang membatalkan puasa. Nah, buat Blibli Friends yang lagi bingung cari hidangan lezat buat takjil, simak rekomendasi berikut ini, yuk.

  1. Es Pisang Ijo

buka puasa - es pisang ijo
<

Ingin menikmati takjil yang segar tapi bosan dengan menu kolak? Coba bikin es pisang ijo, yuk. Dari segi bahan utama, kolak pisang dan es pisang ijo sama-sama menggunakan pisang, santan, dan daun pandan. Biasanya, es pisang ijo dibuat dari bahan pisang ambon, pisang raja, dan pisang kepok yang sudah ranum. Tapi, menu takjil khas Sulawesi Selatan ini punya cara penyajian yang sedikit lebih unik daripada menu kolak pisang. 

Pisang yang sudah dikukus dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau. Selain itu, kuah santan dari es pisang ijo juga lebih kental dibandingkan kolak pisang. Fakta unik tentang hidangan satu ini adalah, es pisang ijo melambangkan sopan santun dan keanggunan. Warna hijaunya juga cocok banget kan dengan tema Ramadhan.

2. Es Kelapa Muda

doa buka puasa
Image Source: IDN Times

Es kelapa muda memang termasuk minuman takjil paling timeless. Kesegaran air kelapa bikin kamu jadi kembali bertenaga. Apalagi, dengan tambahan serutan kelapa muda yang renyah. Cari pedagang minuman yang jual es kelapa muda juga gampang banget, kok. Kamu juga bisa banget bikin es kelapa muda sendiri di rumah. 

Dengan bikin es kelapa muda sendiri, kamu bisa pilih buat kasih pemanis alami, seperti gula aren cair atau madu supaya lebih sehat. Jangan lupa, simpan di dalam kulkas dulu sebelum disajikan ya.

3. Es Shanghai

Image Source: Facebook / Es Shanghai Altar

Sekilas, es shanghai memang mirip banget dengan es campur. Tapi, keduanya beda ya, Blibli Friends. Biarpun sama-sama disajikan dengan bahan irisan buah-buahan, es shanghai menggunakan air kelapa murni yang bagus banget buat kamu yang sedang berpuasa. Tahu sendiri kan, air kelapa bisa bantu mengembalikan ion tubuh yang hilang selama kamu berpuasa. 

Rasa manis dari lelehan susu kental manis juga bikin es ini jadi terasa makin segar dan lezat. Biarpun dinamai Shanghai, tapi es krim ini nggak ada hubungannya dengan kota terkenal di negara China itu, ya. Alias, es buah ini benar-benar kreasi anak negeri. Yuk, bikin es krim shanghai versimu sendiri buat temani waktu berbuka.

4. Es Selendang Mayang

doa buka puasa
Image Source: Shutterstok

Buat kamu yang merantau dari ibukota pasti kangen deh dengan hidangan tradisional satu ini. Es selendang mayang adalah sajian es khas Betawi yang sering banget dihidangkan saat acara-acara pernikahan adat dan saat hari raya Idul Fitri. 

Para pedagang es ini biasanya pakai jenis tepung hunkwe yang lebih mudah dicari dan pastinya harganya pun lebih murah. Es selendang mayang juga cocok banget buat kamu yang nggak ingin kebablasan saat makan menu utama berbuka nanti. Soalnya, minuman satu ini memang punya efek yang mengenyangkan. 

5. Es Cendol

Ini nih satu lagi menu minuman yang ikonik banget buat ide takjil. Yup, es cendol memang nikmat banget saat disajikan dingin-dingin. Citarasa santan bercampur gula merah yang gurih dan manis terasa makin nagih dengan campuran irisan buah nangka dan cendol. Kalau Blibli Friends mau, bisa kok kamu ganti dengan jenis buah-buahan yang lain. Selain gampang ditemukan,es cendol juga bisa banget kamu bikin sendiri. 

6. Pudding Susu Oreo & Marie

doa buka puasa
Image Source: beautynesia

Nggak cuma minuman, kamu juga bisa hidangkan menu takjil dalam bentuk makanan. Pudding jadi salah satu menu takjil yang pas banget. Apalagi, kalau sebelumnya kamu simpan dulu di dalam kulkas. Puding ini juga gampang banget kamu modifikasi sesuai selera. Buat citarasa kekinian, kamu bisa padukan puding susu yang dicampur dengan biskuit Marie regal. 

Rasa manis khas biskuit Regal dan kegurihan puding susu bikin keluargamu jadi makin lahap menyantap takjil satu ini. Supaya kelihatan mewah, kamu bisa tambahkan hiasan berupa biskuit Oreo yang sudah dipotong atau dihancurkan. Mmmm, yummy!

7. Pancake Kurma

Image Source: Islamedia.com

Kurma termasuk ke dalam jenis makanan sunnah yang dimakan Rasulullah buat berbuka puasa. Kurma juga disarankan banget buat kamu makan sebagai takjil. Soalnya, kadar gula di dalam buah gurun ini lumayan ampuh buat kembalikan staminamu yang hilang setelah berpuasa seharian penuh. Nah, kalau kamu mulai bosan dengan makan kurma langsung, bisa nih kamu olah jadi hidangan pancake. 

Caranya, gampang banget kok. Kamu bisa pakai tepung pancake serbaguna kalau lagi mager. Jangan lupa tambahkan irisan-irisan buah kurma di dalamnya. Supaya makin mantap, pancake kurma ini bisa kamu sajikan dengan segelas susu atau kopi hangat.

8. Salad Buah

doa buka puasaCari ide takjil memang nggak perlu yang sulit-sulit. Buat kamu yang punya banyak banget buah di rumah, bisa nih buah-buahan tersebut kamu olah jadi salad buah. Jenis buah yang mau kamu olah juga bebas banget. 

Misalnya, kamu bisa campurkan buah-buah segar, seperti strawberry, melon, kiwi, anggur, dan lain sebagainya. Kamu bisa hidangkan salad buah ini begitu saja dengan cara diiris-iris. Atau, kamu juga bisa tambahkan minyak zaitun atau mayonnaise yang ditaburi dengan keju supaya makin nikmat. Sajikan dingin-dingin, ya!

9. Carang Gesing Pisang

Image Source: dictio community

Buat kamu yang tinggal di kawasan Jawa Timur pasti familier banget dengan menu satu ini. Carang gesing pisang memang termasuk ke dalam jenis cemilan tradisional khas Jawa. Snack tradisional ini biasanya menggunakan jenis pisang kepok yang sudah matang. Setelah itu, pisang tersebut diiris-iris dan dicampur dengan santan dan dikukus dengan pembungkus dari daun pisang. Rasanya, jangan tanya! Legit banget! Blibli Friends wajib coba, deh!

10. Mango Bingsoo

bu
Image Source: visit korea

Penggemar makanan Korea pasti familier dong dengan menu dessert satu ini. Bingsoo adalah jenis hidangan es serut khas Korea yang disajikan dengan topping buah-buahan, es krim, susu kental manis dan kuah susu UHT. Buat citarasa tropikal, bisa banget nih kamu bikin mango bingsoo. 

Otomatis, topping utama yang kamu pakai adalah irisan buah mangga yang sudah matang. Nah, baru deh kamu bisa kreasikan pilihan topping lainnya. Misalnya, dengan menambahkan nata de coco, boba, atau kacang merah. Ini bisa jadi menu takjil kekinian yang seru banget dinikmati bareng teman-teman sambil nonton drama Korea.


Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Ramadhan Meriah untuk Puasa Pertama Bersama Pasangan

Gimana, Blibli Friends? Terinspirasi buat bikin menu takjil di atas? Kamu bisa banget beli peralatan memasak di Blibli, supaya aktivitas memasakmu di bulan puasa jadi makin maksimal. Ada penawaran Promo Hikmah Ramadhan yang harus banget kamu ikuti. Jangan lupa, saat berbuka puasa tiba nanti, jangan lupa baca doa buka puasa Ramadhan, ya!

Dapatkan Berbagai Alat Masak Berkualitas Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY