me

Ayat tentang Doa Agar Dikabulkan dan Tata Cara Berdoa yang Baik pada Allah SWT 

Jun 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com
Ini dia penjelasan tentang cara agar doa yang dikabulkan pada Allah SWT untukmu!

Blibli Affiliate

Kamu ada keinginan penting untuk diadukan pada Allah? Nyatanya ketika berdoa kita nggak boleh asal-asalan dan ada adab tertentu yang harus diperhatikan. Islam sendiri juga menjelaskan bahwa ketika berdoa ada tata cara tertentu biar doa kita bisa terkabulkan. Kamu pengen doa agar dikabulkan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga:


Ayat tentang Doa yang Dikabulkan 

Ayat tentang Doa yang Dikabulkan
freepik.com

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Ghafir: 60).

Kamu perlu tahu kalau sejatinya Allah sangat suka hambanya yang mengutarakan keinginan dalam bentuk doa. Hanya saja Allah memang nggak langsung mengabulkan doa untuk melihat kesungguhan dan menguji ketangguhan hambanya dalam meminta. Allah SWT punya cara tersendiri dalam mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh hambanya. 

Pertama Allah akan segera mengabulkan doanya. Kedua Allah akan menyimpan baginya di akhirat nanti dan terakhir Allah akan menghindarkannya dari kejelekan yang semisal. Jadi kita harus banyak berprasangka baik pada Allah atas doa-doa yang kita panjatkan. 

Tata Cara Membaca Doa Agar Dikabulkan 

freepik.com

Bagaimana cara agat doa agar dikabulkan segala hajat? Untukmu yang pengen doa agar dikabulkan dalam waktu cepat bisa lihat adab dan langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Pastikan dalam Kondisi yang Suci 

Berdoa adalah salah satu cara ibadah dan mendekatkan diri pada Allah sehingga kita juga harus dalam kondisi siap dan bersih salah satu caranya adalah dengan bersuci. Cara agar doa terkabul adalah bersuci dengan mengambil wudhu layaknya kita hendak melakukan shalat dan ibadah lainnya. Berdoa memang bisa di mana saja namun alangkah baiknya tetap mengutamakan kesucian. 

Dengan mengambil air wudhu kita bisa lebih bersih dan terhindar dari najis maupun kotoran yang menempel. Saat sudah bersuci kita menjadi lebih tenang dan nyaman dalam menghadap Allah SWT untuk mengutarakan semua keinginan. 

  • Awali dengan Memuji Allah SWT 

Setelah bersuci kamu bisa memuji Allah SWT dengan cara banyak dzikir dan memanjatkan istighfar. Allah adalah tempat kita meminta jadi dialah yang memutuskan segala sesuatunya. Memuji dan memintalah hanya kepada Allah SWT kemudian akhiri dengan membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW. 

Jangan lupa untuk melakukan semuanya secara ikhlas semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT sehingga semua urusan doa bakalan dikabulkan dan dipermudah segalanya. 

  • Berdoa dengan Menghadap Kiblat 

Adab selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah berdoa dengan menghadap ke arah kiblat. Berdoalah dengan mengangkat kedua tangan untuk menundukkan diri dan meminta pada sang maha pencipta. Kamu tahu nggak sih kalau tata cara ini sesuai dengan hadis Rasulullah yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah SWT Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak dikabulkan).”

  • Pelankan Suara dan Jangan Tergesa-gesa 

Tata cara selanjutnya adalah jangan lupa untuk memelankan suara dan jangan tergesa-gesa dalam mengutarakan apa yang kamu inginkan. Dengan memelankan suara maka doa yang dipanjatkan bisa lebih khusyuk dan bisa mendapatkan ketentraman lebih baik saat berdoa pada Allah SWT. Kamu harus tahu sejatinya Allah juga nggak suka orang yang buru-buru. 

Kegiatan yang dilakukan secara terburu-buru bakalan mendapatkan hasil nggak bagus termasuk juga saat berdoa pada Allah SWT. 

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ ۖوَوَهَبْنَا لَهٗ يَحْيٰى وَاَصْلَحْنَا لَهٗ زَوْجَهٗۗ اِنَّهُمْ كَانُوْا يُسٰرِعُوْنَ فِى الْخَيْرٰتِ وَيَدْعُوْنَنَا رَغَبًا وَّرَهَبًاۗ وَكَانُوْا لَنَا خٰشِعِيْنَ

Fastajabnā lahụ wa wahabnā lahụ yaḥyā wa aṣlaḥnā lahụ zaujah, innahum kānụ yusāri’ụna fil-khairāti wa yad’ụnanā ragabaw wa rahabā, wa kānụ lanā khāsyi’īn

Artinya: “Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) segala kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.” (QS Al-Anbiya’ : 90).

  • Berdoalah dengan Penuh Keyakinan dan Harapan 

Ucapan doamu dengan sepenuh hati dan keyakinan karena Allah hanya menerima doa dan harapan yang asalnya dari hati. Mintalah dengan penuh harap kita memang nggak boleh berharap dengan manusia namun kita sangat boleh berharap pada Allah atas apa-apa yang kita perjuangkan. Selain penuh harap kamu juga harus penuh dengan keyakinan. 

Jangan berdoa setengah-setengah atau bahkan berdoa untuk sesuatu yang kamu nggak yakin. Allah akan mengabulkan hal-hal yang kamu yakini termasuk doa yang dipanjatkan. 

  • Bersungguh-sungguh dan Tawakal 

Selanjutnya kamu harus bersungguh-sungguh dalam merayu Allah karena Allah suka kesungguhan dari hambanya. Allah SWT pasti akan mengabulkan siapapun yang berdoa padanya dengan sungguh-sungguh tanpa terkecuali. 

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Wa lā tufsidụ fil-arḍi ba’da iṣlāḥihā wad’ụhu khaufaw wa ṭama’ā, inna raḥmatallāhi qarībum minal-muḥsinīn

Artinya: “Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-A’raf: 56)

Selain itu jangan lupa tetap bertawakal berserah diri pada Allah atas apa yang sudah kita doakan dan usahakan. Semua hasilnya hanya Allah yang boleh menentukan sementara manusia cukup berdoa dan berusaha. 


Baca juga

Sudah siap untuk menerapkan doa agar dikabulkan? Jangan lupa kenakan pakaian bersih dan outfit ibadah yang mendukung saat bertemu Allah dalam berdoa. Dapatkan banyak pilihan peci, sarung, mukena dan sajadah terbaik hanya di Blibli saja!