me

6 Doa Agar Cepat Sembuh dari Sakit

Jun 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/odua
Simak doa agar cepat sembuh dari sakit ini sebelum mulai memanjatkan doa!

Blibli Affiliate

Saat ada yang sedang sakit, entah itu diri sendiri, keluarga, sahabat, dan masih banyak lagi, yang bisa kita lakukan selain berusaha ke dokter dan minum obat adalah memohon kepada Allah SWT. Ada beberapa doa agar cepat sembuh dari sakit yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat dan bisa kita terapkan saat ini. 

Seperti apa doa agar cepat sembuh dari sakit menurut sunnah? Dan seperti apa doa agar cepat sembuh dari sakit yang parah? Di bawah ini kita bakal membahas beragam doa cepat sembuh yang bisa kita sesuaikan dengan situasi dan kondisi. 

Baca juga:


Doa Agar Cepat Sembuh dari Sakit dan Artinya

freepik.com/author/rawpixel-com

Berikut ini doa agar cepat sembuh yang dapat kita panjatkan kepada Allah SWT:

1. Doa Agar Cepat Sembuh dari Nabi Muhammad SAW untuk Keluarganya

Doa yang pertama ini diriwayatkan dalam HR Bukhari dan Muslim, serta dikisahkan oleh Aisya r.a. Dalam riwayatnya, Nabi Muhammad membaca doa ini untuk keluarganya yang sedang sakit. Doa selengkapnya adalah:

لَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

“Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.”

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri.”

2. Doa Memohon Kesembuhan untuk Orang Sakit yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW  

Doa yang kedua ini pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk mendoakan orang lain yang sedang sakit. Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah mengajarkan untuk membaca doa di bawah ini sebanyak 7 kali, sebisa mungkin langsung di hadapan orang yang sedang sakit. 

Berikut ini doa selengkapnya: 

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ   

“As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.”

Artinya : “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

3. Doa Nabi Muhammad SAW Saat Melakukan Ruqiyah pada Sahabat

Untuk doa yang ketiga juga masih dari Nabi Muhammad SAW. Suatu saat dikisahkan Rasulullah SAW melakukan ruqiyah pada sahabatnya. Saat itu, beliau membaca doa berikut ini:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

“Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.”

Artinya: “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”

4. Doa Nabi Muhammad SAW untuk Kesembuhan Orang Sakit dengan Nama

Ketika Rasulullah SAW menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash, beliau memanjatkan doa di bawah ini. Kita dapat mengganti nama Sa’ad dengan nama orang lain yang sedang sakit:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا   

“Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.”

Artinya: “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad.”

5. Doa Memohon Pengampunan Dosa untuk yang Sedang Sakit dari Nabi Muhammad SAW

Dikisahkan oleh Imam An-Nawawi, Nabi Muhammad SAW juga pernah mengajarkan doa yang berikutnya ini pada para sahabat. Saat ada orang yang sedang sakit, selain mendoakan kesembuhan mereka, penting juga untuk menyertakan doa memohon pengampunan dosa dan perlindungan agama. Kita nggak pernah tahu usia seseorang, karena itu perlu mendoakan mereka dengan bacaan di bawah ini:

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

“Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.”

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

6. Doa Agar Cepat Sembuh dari Berbagai Penyakit

Selain kelima doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW di atas, Blibli Friends juga bisa membaca doa di bawah ini untuk meminta kesembuhan dari berbagai macam penyakit:

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

“Bismillaahil kabiiri na’uudzu billaahil’adhiim min syarri irqin na’aarin wa min syarri harrin naar.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Mahabesar, aku berlindung dengan Allah dari keburukan otot-otot yang sobek dan dari panasnya api neraka.”


Baca juga

Ada banyak cara untuk memanjatkan doa agar cepat sembuh dari sakit. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saja cukup beragam yang bisa kita pilih. Ada doa yang dianjurkan untuk langsung dibaca di depan orang yang sedang sakit, ada juga yang bisa kita panjatkan setelah selesai shalat. Nah, pastikan dulu kamu menyiapkan selalu alat shalat yang berkualitas dimulai dari sajadah.

Selain itu, kamu bisa menemukan alat shalat lainnya seperti peci, sarung, dan pastinya mukena di Blibli. Pilihannya beragam, kualitasnya juga terjamin. Yuk, kunjungi sekarang juga untuk mendapatkan promo gratis ongkir yang bikin belanja lebih hemat!