Oleh-Oleh Anti Basi Khas Kota Medan dari Digidoy

digidoy

Mengenalkan budaya suatu daerah kepada masyarakat luas memang gampang-gampang-susah. Soalnya, kalau dikemas dengan tampilan monoton sudah pasti nggak ada yang mau melirik. Boro-boro sampai kenal, bisa PDKT juga sudah bersyukur banget. Padahal, kalau nggak dikenalin ke anak-anak zaman sekarang, budaya yang ada bisa-bisa cuma tinggal kenangan. Nggak mau berakhir sia-sia, Arif dan teman-temannya mulai mengenalkan budaya kota Medan melalui Digidoy.

Dimulai dari komik, Digidoy melangkah dengan pasti sejak tahun 2014 lalu. Sebagai bahan cerita komiknya, brand ini mengangkat keseharian masyarakat Medan yang menjadi bagian dari budaya. Mau tau lebih jauh tentang Digidoy yang menjadi salah satu finalis Top 20 Blibli Big Start Indonesia Season 4? Simak ceritanya di bawah ini!

INI DIA TOP 20 FINALIS BLIBLI BIG START INDONESIA SEASON 4!

Budaya Medan yang hampir dilupakan

digidoy

Kalau nggak terus-menerus dilakukan, suatu kebiasaan yang menjadi bagian dari budaya memang bisa dilupakan. Nggak mau berakhir seperti itu, Digidoy menjadikan keseharian masyarakat Medan sebagai bahan cerita komiknya. “Niatnya sih ngangkat budaya lokal supaya nggak kalah sama cerita komik (dari) luar (negeri),” jawab Arif singkat. Lebih spesifik, pemilik nama lengkap M. Arif Siregar ini mengangkat budaya kota Medan.

Bareng tiga komikus yang ada di timnya, laki-laki berusia 33 tahun ini meminjam beberapa istilah yang biasa dipakai orang Medan. Buat contoh gampangnya, seperti “alamak” buat ekspresi kaget, “kreak” yang jadi istilah buat orang yang sok jago, juga “raon-raon” alias jalan-jalan yang diplesetin langsung dari Bahasa Inggris, round-round.

Muncul di obrolan para karakternya, komik-komik Digidoy awalnya cuma di-upload di Facebook. Berhasil dapat banyak like dan komentar positif, Arif dan teman-teman merasa diapresiasi dan memutuskan untuk melangkah lebih serius.

YUK, INTIP PRODUK DARI TOP 20 FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4!

Berbagai pilihan produk Digidoy

digidoy

Berawal dari komik, saat ini Digidoy sudah membuat berbagai produk turunan lainnya. Beberapa karakter favorit dari komik Digidoy terlihat muncul di t-shirt, tote bag, pin, dan stiker. Walau baru membuat t-shirt, rencananya fashion item Digidoy akan dilengkapi dengan produk lain, seperti topi, kemeja, jaket, bahkan sepatu. Untuk merchandise, Arif dan teman-teman juga berencana membuat boneka dari para karakter favorit Digidoy, yaitu Digi, Doy, Dev, dan Coki.

Buat urusan packaging, brand ini memilih jadi produk berkesan yang nggak biasa. Bukan kantong kresek, Arif mengemas t-shirt brand-nya dalam toples plastik microwave-able. Nggak lupa, Digidoy juga menggulung t-shirt tersebut menyerupai bolu gulung khas Medan yang sudah terkenal. Alasannya sih, karena mau membuat “oleh-oleh anti basi” yang nggak terlupakan. “Dari Jogja ada Dagadu, kalau di Bali ada Joger. Nah, Medan ini punya Digidoy!”, ujar Arif sambil tertawa.

SIAPA SIH FINALIS FAVORITMU DI BBS INDONESIA SEASON 4?

Digidoy melancong ke Blibli Big Start Indonesia Season 4

digidoy

Melancong ke Jakarta, Digidoy resmi menjadi Top 20 Finalis Blibli Big Start Indonesia Season 4. “Ya, awalnya sih tau dari sosial media,” jawab Arif saat ditanya seputar kompetisi ini.

Dimulai dari coba-coba submit, Arif dan teman-teman sama sekali nggak menyangka bisa tembus ke 100 besar dan 20 besar. Sudah sampai di sini, Arif memiliki target buat menangin kompetisi. Kalau sampai menang nanti, pastinya nama kota Medan juga ikut harum semerbak bunga, dong!

Lebih lanjut, Arif dan teman-teman juga berencana membuat offline store mereka jadi lebih besar. Nggak sampai di situ, Digidoy juga ingin lebih dikenal masyarakat melalui kerja sama dengan berbagai produk makanan, minuman, dan oleh-oleh khas Medan lainnya. Ya, bisa dong kalau satu dua karakter Digidoy muncul di kemasan produk tersebut.

YANG MANA PRODUK FAVORITMU DARI TOP 20 FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4?


Habis ngobrol santai bareng M. Arif Siregar, makin penasaran nggak sih dengan finalis lainnya plus produk mereka? Yuk, cari tau lebih banyak di Blibli Big Start Season 4 di sini!

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN INFO TERBARU BLIBLI BIG START SEASON 4 DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY