Berencana Coba Diet Golongan Darah? Cocok Buatmu atau Nggak, ya?

diet golongan darah

Memiliki berat badan ideal sudah pasti jadi harapan semua orang. Berat badan yang ideal nggak hanya membuat seseorang tampil dengan lebih percaya diri, lho. Melainkan juga membuat tubuh jadi lebih sehat dan terasa bugar. Nah, ngomongin soal mendapatkan berat badan yang ideal dan tubuh tetap fit, dari sekian banyak pilihan, kamu bisa coba diet golongan darah.

Sudah tahu soal metode diet golongan darah belum? Apa aja yang cocok untuk golongan darahmu, ya? Nah, kalau belum tahu, kamu bisa baca lebih jelas di sini. Yuk, simak!

SIAP-SIAP BAHAN MAKANAN UNTUK MULAI DIET DI SINI

1. Sejarah singkat diet golongan darah

diet golongan darah
Via – I-Change Lifestyle

Bagi yang belum tahu, diet golongan darah ini digagas oleh beberapa dokter, salah satunya Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati. Dokter Peter meyakini bahwa golongan darah seseorang mempengaruhi sistem pencernaan. Dengan kata lain, setiap golongan darah dapat membentuk mekanisme pencernaan yang berbeda-beda pula.

Teori yang mendasari jenis diet yang satu ini adalah proses pencernaan lektin yang berbeda dari setiap golongan darah. Secara sederhana, lektin ini bisa diartikan sebagai sejenis protein. Nah, jika kandungan lektin dari makanan nggak sesuai dengan golongan darah, diduga akan memicu terjadinya perut kembung, peradangan, melambatnya metabolisme, dan penyakit lainnya.

BELI BAHAN MAKANAN SESUAI GOLONGAN DARAH DI SINI

2. Pantangan diet golongan darah O, A, B, dan AB

diet golongan darah
Via – My Remedy

Amel mengatakan bahwa diet golongan darah pada umumnya menitikberatkan pada pembagian makanan untuk golongan darah tertentu. Baik makanan yang disarankan, makanan yang netral, hingga makanan yang perlu dihindari.

Untuk golongan darah O, disarankan untuk melakukan diet protein tinggi, misalnya saja daging unggas. Kemudian, untuk golongan darah A, disarankan untuk melakukan diet pada daging. Golongan darah ini dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, buah, dan biji-bijian.

Selanjutnya, golongan darah B disarankan untuk mengurangi konsumsi ayam, jagung, tomat, gandum, dan wijen. Golongan darah B ini disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur hijau, telur, daging, dan produk olahan susu rendah lemak.

Terakhir, untuk golongan darah AB, disarankan untuk menghindari minuman keras, kafein, kacang merah, jagung, dan daging-daging olahan. Golongan darah AB disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan laut, produk olahan susu, dan sayuran hijau.

BIAR NGGAK REPOT BELANJA, BELI BAHAN MAKANAN DI SINI

3. Arahan olahraga yang dianjurkan untuk setiap golongan darah

diet golongan darah
Via – Herbal One

Diet golongan darah ini nggak hanya terbatas pada pilihan konsumsi makanan, lho, Friends. Namun juga terbagi atas saran dalam melakukan pilihan olahraga. Apa aja, ya?

Menurut Amel, golongan darah O membutuhkan ketahanan sehingga disarankan untuk memperbanyak lari. Kemudian, untuk golongan darah A, disarankan untuk berolahraga dengan penuh ketenangan, seperti golf atau yoga. Lalu, golongan darah B disarankan untuk berolahraga dengan intensitas sedang, seperti berjalan, mendaki, dan tenis. Terakhir, untuk golongan darah AB disarankan untuk melakukan kombinasi olahraga golongan darah A dan B, melakukan olahraga menenangkan sekaligus yang berintensitas menengah.

MAU MULAI YOGA? BELI PERALATANNYA DULU DI SINI

4. Diet golongan darah berisiko, nggak, ya?

diet golongan darah
Via – Onlife

Diet golongan darah ini nggak boleh diterapkan pada seseorang yang punya kondisi atau riwayat tertentu. Pasalnya, kondisi tubuh seseorang tentulah berbeda-beda. Tubuh kamu dan tubuh orang lain belum tentu memerlukan porsi nutrisi yang sama, bukan?

Diet golongan darah ini punya kemungkinan berhasil yang cukup tinggi karena seseorang membatasi pilihan makanannya. Jika kamu tertarik untuk mencoba diet golongan darah, jangan lupa untuk menghindari makanan tidak sehat dan berkonsultasilah ke ahli atau dokter gizi terdekat, ya. Soalnya, kalau kurang nutrisi, kamu bisa aja terkena anemia, merasa lemas, dan penyakit lainnya.

SETELAH TAHU DIET YANG TEPAT UNTUKMU, BELI BAHAN MAKANANNYA DI SINI


Pemaparan singkat dari Amel ini mampu menjawab rasa penasaran singkatmu, kan, Friends? Ingat, meskipun disarankan sesuai dengan golongan darahmu, kamu juga harus tetap mempertimbangkan kondisi tubuhmu, ya. Jangan sampai kamu malah kekurangan nutrisi dan merasa lemas sepanjang hari.

Setelah tahu jenis makanan yang tepat sesuai golongan darahmu, yuk #BlibliSekarang semua bahan makanan yang kamu perlu di Blibli.com!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY