Kalau dulu Moms yang suka nonton kartun di Minggu pagi, kini gantian si kecil yang menantikan berbagai serial kartun tiap harinya. Serunya, film kartun jaman sekarang lebih keren dengan teknologi animasi dan kisah yang lebih berkembang. Si kecil jadi punya pengalaman nonton yang lebih baik, belum lagi film-film ini lebih mudah diakses baik melalui Smart TV atau smartphone.

Tapi, Moms pernah sadar gak sih dengan berbagai pelajaran hidup yang bisa dipetik dari berbagai kartun yang ada? Kalau diperhatikan, kutipan, dialog, atau gestur tokoh kartun ini menyimpan pesan-pesan tertentu. Apa aja sih? Simak, yuk!

Cars (2006)

cars via collider
via collider.com

Siapa yang tak jatuh cinta dengan kisah Lightning McQueen dan kawan-kawannya di Radiator Springs? Walau tidak heroic, film ini mengajarkan kesabaran, usaha, dan kerjasama untuk mencapai kemenangan. Selain itu, kemenangan bukanlah tujuan akhir dari sebuah balapan, perjalanan mencapai perlombaan dan kesetiaan kawan-kawan lebih penting. Nilai ini bisa ditanamkan pada si kecil untuk menghargai persahabatan serta usaha keras yang harus diraih jika menginginkan sesuatu.

Frozen (2013)

via hdwallpaperbackground
via hdwallpaperbackground

Elsa dan Anna meledak sukses di pasaran. Bahkan, hingga tiga tahun sejak kemunculannya, lagu ‘Let It Go’ yang jadi original soundtrack masih disukai anak-anak. Nilai pertama yang bisa diambil adalah menerima keadaan diri sendiri dari konflik yang dialami Elsa. Elsa, puteri kerajaan yang tumbuh menjadi Snow Queen sempat tak mau menerima takdirnya sebagai pengontrol es. Ia kemudian lari agar adik dan keluarganya tidak terkena dampak bahaya dari kemampuannya.

Ia kemudian disadarkan oleh Anna, bahwa keluarga, apapun kondisinya, akan selalu menyayangi dirinya. Selain itu, penerimaan terhadap keunikan dan perbedaan diri sendiri akan membuahkan kepercayaan diri yang bisa menguatkan.

Alladin (1992)

via libertytyler.com
via libertytyler.com

Alladin dan jin botol yang bisa mengabulkan keinginan merupakan kisah klasik yang sudah dikenal sejak dulu. Ternyata, pelajaran hidup yang bisa dipetik dari film ini sederhana. “Berhenti berkhayal! Lakukan!” adalah poin penting dari kisah Alladin. Dunia ini bukanlah pabrik pewujud keinginan, semua khayalan tak akan jadi kenyataan jika tidak diusahakan. Si kecil bisa mempelajari pentingnya usaha untuk mendapatkan hal yang ia inginkan.

Spiderman (2014)

via youtube.com
via youtube.com

Super hero klasik ini pasti Moms kenal dengan baik. Hingga kini, kemunculannya sudah dijadikan berbagai versi mulai dari kartun animasi hingga live action. Walau hadir dalam kemasan yang berbeda, kisah Peter Parker masih sama. Ia digigit laba-laba percobaan sehingga punya kemampuan super dan menolong orang yang membutuhkan.

Spiderman mengajarkan kesopanan pada orangtua, keberanian, juga sikap yang ramah. Keluarga juga jadi prioritas untuknya. Peter Parker menghargai orang yang membesarkannya sebagai yang terpenting dalam hidupnya.

Tangled (2010)

via freesmf.com
via freesmf.com

Kisah Rapunzel sebenarnya sudah ada sejak tahun 1634, tapi kemudian muncul kembali dalam animasi Disney tahun 2010. Rapunzel, putri berambut super-panjang ini berani keluar dari zona nyamannya dengan meninggalkan tower. Ia juga sayang dengan teman-teman hewannya. Di akhir kisah, ia memotong rambutnya menjadi sangat pendek, tandanya ia berani berubah. Ya, Rapunzel adalah sosok yang mengajarkan keberanian bagi anak-anak perempuan.

Itu dia beberapa nilai positif yang bisa anak-anak resapi dan adaptasi. Selain menonton filmnya, si kecil juga bisa terinspirasi agar selalu ingat dengan nilai positif yang dimiliki karakter kartun ini dari berbagai benda yang dimiliki untuk menunjang kemudahan hidupnya. Benda itu bisa berupa alat tulis, buku, hingga ransel untuk membawa berbagai perlengkapannya baik untuk ke sekolah maupun bepergian.

Nah, jika Moms mencari ransel untuk si kecil dengan gambar karakter kartun yang ternyata punya nilai positif ini, American Tourister bisa jadi pilihan yang tepat. Beragam karakter kartun seperti yang disebutkan di atas tersedia di sini, mulai dari Rapunzel, Elsa dan Anna, hingga Spiderman yang berkualitas tinggi ada di sini. Manfaatkan fasilitas yang dimiliki Blibli.com seperti cicilan 0% dan gratis ongkos kirim untuk melengkapi koleksi karakter kartun si kecil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY