me

Destinasi Liburan Antimainstream di Indonesia Yang Bisa Kamu Datangi

Dec 21, 2023.By Raya
Bagikan

Kalau kamu bosan pergi ke tempat yang itu-itu saja, cobalah kunjungi destinasi liburan antimainstream yang ada di Indonesia. Selain fotonya bakal jadi sumber likes di Instagram, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru, lho. Apa saja tujuan yang jadi rekomendasinya? Inilah 10 destinasi liburan anti mainstream yang ada di Indonesia beserta rekomendasi perlengkapan yang wajib kamu bawa saat traveling.

Baca juga :


1. Danau Toba, Sumatera Utara

nationalgeographic.com

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi di Indonesia adalah danau Toba. Nah, danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia. Jadi, danau ini merupakan suatu keajaiban yang mengagumkan.

Kalau kemari, kamu bisa menikmati keindahan danaunya, tapi nggak cuma itu saja yang akan kamu jumpai di sini. Kamu juga akan menemukan berbagai spot menarik yang lainnya yang ada di sekitar danau. Kamu pun nggak akan cuma menikmati panorama danau aja.

Ada apa di sekitar danau Toba? Ada desa Paropo yang memiliki pemandangan menakjubkan, ada juga air terjun Situmurun, serta juga ada bukit Simarjunjung dan Siadtaratas yang memesona.

2. Tanjung Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung

ksmtour.com

Destinasi selanjutnya yang Mbak boleh kamu lewatkan adalah Tanjung Kelayang, lokasinya ada di sebelah utara Kepulauan Bangka Belitung. Pesan deh paket liburan kemari, kamu nggak akan nyesel.

Jadi, dulunya tempat ini adalah daerah terpencil. Lalu kini, daerah ini telah berubah menjadi kawasan resort terpadu sekaligus termasuk salah satu dari Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK di Indonesia. Nah, pemandangan di sini surga banget deh, dan kebanyakan masih tersembunyi.

Jadi, di tanjung ini terdapat Pulau Kepayang yang punya kehidupan bawah laut sangat indah. Ada juga pulau Batu Berlayar yang memiliki berbatuan eksotis. Lalu, ada pulau Lengkuas yang cantik dan ikonik.

3. Candi Borobudur, Jawa Tengah

lonelyplanet.com

Kalau destinasi yang ini pasti sudah sering kamu dengar namanya. Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha yang terbesar di dunia. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara suka kemari.

Di sini kamu dapat melihat bangunan candi yang megah yang dibangun di abad ke-9. Nggak cuma itu, kamu juga dapat melakukan aktivitas seru dan menyenangkan saat berkunjung di Candi Borobudur. Jadi, berangkatlah ketika subuh buat melihat pemandangan matahari terbit yang menawan.

Terus, saat kamu sudah puas menjelajahi seluruh candi, lanjut aja perjalanan ke museum yang ada di sekitar candi. Kamu bisa explore dan belajar budaya setempat di desa wisata Wanurejo.

4. Gunung Bromo, Jawa Timur

indonesiaexpat.id

Nah, Gunung Bromo merupakan destinasi wisata ikonik di Jawa Timur. Di sini adalah tempat bertemunya kawah dan padang pasir dan perbukitan, sehingga pemandangannya menakjubkan.

Buat anak gunung, kamu bisa melakukan aktivitas seru saat mampir Bromo. Jadi, kamu dapat menjelajah seluruh area gunung pakai mobil Jeep. Kamu juga bisa melihat matahari terbit di perbukitan. Pastikan juga kamu luangkan waktu di pasir berbisik yang eksotis.

Oh iya, jangan lupa juga kamu sempatkan untuk melihat keunikan tradisi adat yang dimiliki oleh Suku Tengger. Asyik banget kan di Bromo, karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini.

5. Likupang, Sulawesi Utara

indonesia.travel

Sulawesi Utara juga menyimpan keindahan yang nggak tertandingi, namanya Likupang yang benar-benar indah dan membuatmu betah dan nggak mau pulang.

Likupang adalah destinasi yang berada di ujung paling utara pulau Sulawesi. Kamu dapat menikmati pesona Bahari yang luar biasa di sini termasuk pantai-pantai yang cantik. Salah satunya yaitu pantai Likupang dengan jarak 48 km dari pusat kota Manado. Nggak hanya itu aja yang ada di Likupang.

Kamu juga bisa bermalam di hotel dan resort mewah yang tersedia. Terus, ada juga tempat-tempat wisata yang instagramable. Kamu juga dapat menikmati pantainya dengan pasir putih bersih, lautan luas dan jernih. Ada juga pulau-pulau di sekitarnya, jadi kamu bisa island hopping.

6. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

indonesia.travel

Masih di Sulawesi, tapi kita bergeser ke tenggara, yaitu tempatnya Wakatobi yang juga merupakan surga wisata bahari. Destinasi di pulau Sulawesi ini, juga menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

Saat jalan-jalan ke Wakatobi maka kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Nah, kamu dapat menyelam untuk menikmati kehidupan bawah laut yang seindah surga di Taman Nasional Wakatobi. Kamu juga bisa menyaksikan lumba-lumba yang ada di pulau Kapota.

Terus, kamu dapat mengeksplorasi sekitar dengan mampir ke desa Liya Togi untuk wisata sejarah. Oh iya, sempatkan juga mampir ke sabana Puncak Khayangan untuk menikmati keindahannya.

7. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

indonesia.travel

Setelah menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP 2022, nama Mandalika seketika naik daun. Bukan tanpa alasan Mandalika dipilih sebagai lokasi untuk kompetisi balapan tersebut.

Di destinasi ini terdapat banyak atraksi yang menarik wisatawan, terutama ada pantai-pantai cantik yang eksotis di sini. Buat yang suka ke pantai, maka kamu akan bisa menyaksikan Pantai Mawun yang memiliki hamparan pasir putih bersih. Masih ada juga pantai-pantai lainnya di Mandalika ini.

Ada pantai Semeti yang memiliki pemandangan memukau tebing batu yang terjal bertemu dengan air laut yang biru. Lalu, ada pantai Mawi yang menjadi tempat favorit bagi siapa aja yang hobi surfing.

8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

brief.id

Labuan Bajo terkenal sebagai gerbang yang menuju ke Taman Nasional Komodo. Sekarang Labuan Bajo juga menjadi destinasi wisata yang utama. Banyak wisatawan mancanegara mampir ke sini.

Nah, Labuan Bajo ini nggak hanya menawarkan pemandangan alam yang begitu indah, tapi juga ada banyak aktivitas seru, khususnya petualangan dengan melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Jadi, kamu bisa jalan-jalan ke Pink Beach yang memiliki pasir pink yang cantik.

Kamu juga bisa trekking ke pulau Padar, sambil menyaksikan panorama perbukitan dan pantai yang indah. Kamu pun bisa ke Goa Rangko yang menakjubkan, dan tentu jangan lewatkan melihat langsung komodo.

9. Morotai, Maluku Utara

indonesia.travel

Surga tersembunyi Morotai berada di Indonesia Timur. Kalau kamu ingin menikmati suasana berbeda di akhir tahun maka kamu bisa liburan ke Morotai. Kamu bakal dapetin pengalaman baru di surga tropis yang berada di Maluku Utara ini.

Di Morotai terdapat beraneka ragam spesies ikan dan juga terumbu karang. Ada juga pulau-pulau yang memiliki pantai eksotis untuk memberimu pengalaman lengkap di wisata bahari.

Ada spot menarik salah satunya pulau Dodola yang memungkinkan kamu buat “menyeberangi lautan” dengan berjalan kaki. Ada juga pulau Kokoya yang memiliki pasir putih, pepohonan hijau, dan lautan biru.

10. Raja Ampat, Papua Barat

indonesia.travel

Seperti namanya, Raja Ampat merupakan raja dari gugusan pulau-pulau yang keindahannya nggak ada lawan. Destinasi alam di Indonesia timur ini selalu diincar wisatawan lokal dan mancanegara.Di Raja Ampat terdapat gugusan empat pulau besar dengan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Kamu dapat dapat menikmati pemandangan indah, suasana tenang, dan perasaan damai di sini. Kamu juga bisa menginap di berbagai resort mewah di Raja Ampat untuk stay lebih lama.


Baca juga :

Nah, kalau mau liburan dan berwisata, pas banget, kamu bisa langsung mampir ke Blibli, lagi ada Promo Mengisi Liburan Akhir Tahun. Yuk, dapetin promonya untuk nikmati liburan seru bersama orang-orang terkasih.

Tag: