Ada dua strategi yang digunakan produsen ponsel untuk menjawab keluhan konsumen mengenai daya tahan baterai ponsel saat digunakan secara intensif. Yang pertama, dengan memberikan baterai berkapasitas besar yang sayangnya sering membuat dimensi ponsel lebih tebal dari rata-rata. Kedua, dengan memberikan kemampuan mengisi daya secara cepat sehingga pengguna yang memiliki mobilitas tinggi tidak perlu menunggu lama untuk tetap dapat menggunakan ponselnya.

qualcomm-snapdragon

Nah, salah satu teknologi pengisi daya ekstra cepat itu telah diperkenalkan sejak beberapa tahun lalu oleh pembuat chipset ponsel Android yang populer seperti Qualcomm. Kini Qualcomm memperkenalkan Quick Charge 4.0, fitur pengisian daya berkecepatan tinggi terbarunya yang menjanjikan proses pengisian daya lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Menurut Qualcomm, Quick Charge 4.0 didesain untuk lebih efisien dengan suhu yang lebih dingin dibanding pendahulunya. Jika diadu dengan Quick Charge 3.0, generasi anyar ini diklaim 20 persen lebih cepat, 30 persen lebih efisien, dan 5 derajat Celcius lebih dingin untuk menghindari overheat atau panas berlebihan. Ini tentunya hal yang amat penting mengingat panas yang berlebih akan dapat berakibat fatal bagi ponsel.


BACA JUGA Qualcomm Perkenalkan Dua Chipset untuk IoT, Snapdragon 600E dan 410E


Dengan Quick Charge 4.0, Qualcomm mengklaim pengguna cukup mengisi baterainya selama  5 menit untuk dapat melakukan panggilan telpon hingga 5 jam. Bahkan untuk mencapai daya hingga 50 persen, Quick Charge 4.0 hanya butuh waktu sekitar 15 menit.

snapdragon_quickcharge4_5-for-5-feature

Qualcomm merancang Quick Charge 4.0 untuk mendukung interface USB Type-C dan USB-PD (Power Delivery). Beberapa fitur keamanan terbaru telah ditanamkan sekaligus memantau voltase dan suhu agar tidak berdampak negatif pada baterai.

Rencananya Qualcomm akan melepas fitur Quick Charge 4.0 secara komersial pada 2017 mendatang. Fitur ini kabarnya akan hadir pertama kali pada SoC terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 835. Belum ada kabar ponsel apa yang akan menggunakannya, tapi diperkirakan chipset ini akan digunakan deretan ponsel Android kelas atas.

Nah, buat kamu Friends yang sedang mencari baterai untuk handphonemu, kamu bisa cek di Blibli.com. Apalagi kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dan kualitasnya terjamin!

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY