Demi Keamanan, Ini Panduan Memilih Car Seat yang Tepat

Moms, keselamatan anak adalah segalanya. Sebab itu memilih car seat yang tepat bukanlah keputusan yang bisa dianggap mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Car seat memiliki fungsi yang sangat penting bagi keselamatan si kecil, khususnya dalam perjalanan. Dengan bantalan pelindung dan sabuk yang menjaga posisi bayi di dalamnya, kursi mobil ini dapat melindungi bayi dari cedera bahkan kematian saat terjadi tabrakan.

Agar fungsi car seat sebagai pelindung optimal, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat membeli car seat.

1. Tentukan jenis car seat yang sesuai

null
Photo by Instagram – @doonainfantcarseat

Sebelum memutuskan untuk membeli, harus diketahui bahwacar seat memiliki beragam tipe dengan bentuk dan fungsi masing-masing.

Infant Car eat

Jenis car seat ini diperuntukan bagi usia anak newborn hingga 1 tahun dengan bobot maksimal hingga 12 kg. Car seat ini memiliki model khas yakni dengan tangkai melengkung di bagian atas kepala yang berfungsi sebagai pegangan saat dijinjing dan memiliki canopi sebagai penghalau panas saat car seat tersebut dipindahkan ke stroller.

Convertible car seat

Model ini untuk newborn hingga 4 tahun dengan berat hingga mencapai 18 kg. Car seat ini memiliki kursi yang lebih besar dan tinggi. Terbilang sangat ekonomis karena memiliki masa pakai yang lebih panjang. Dengan segala keunggulannya, car seat ini memiliki kekurangan yang terletak pada modelnya yang terkesan bulky dan tidak bisa dipindahkan ke stroller maupun dijinjing.

Booster Seat

Booster seat memiliki bentuk menyerupai kursi besar disertai harness. Jenis kursi ini hanya dapat digunakan bagi anak usia 4 tahun ke atas karena tidak memiliki sandaran.

CAR SEAT SEKALIGUS STROLLER PRAKTIS UNTUK DIBAWA BEPERGIAN

2. Pastikan jumlah harness yang dimiliki

null
Photo by Instagram – @doonainfantcarseat

Saat membeli car seat ataupun stroller, pastikan terdapat 5 harness atau tali pengikat yang bisa dikencangkan. Harnesstersebut terdiri dari 2 tali bahu, 2 tali di pinggang, serta 1 tali di antara sela kaki. Selain itu, jangan lupa pastikan kembali agar car seat tersebut dilengkapi dengan bantalan pada bagian kanan dan kiri yang dapat meredam benturan pada area kepala. Jadi, keselamatan si kecil pun akan terlindungi secara maksimal.

AKSESORI MENGGEMASKAN AGAR SI KECIL BETAH DUDUK DI CAR SEAT

3. Ajak sang anak saat membeli car seat

null
Photo by Instagram – @doonainfantcarseat

Ya, sebisa mungkin ajak sang buah hati saat membeli car seat. Coba satu per satu agar terlihat mana car seat yang sesuai dan paling nyaman buat si kecil. Lihat dengan teliti posisi dudukan kepalanya, badannya, dan bagaimana posisi keseluruhan anak saat duduk di car seat tersebut. Dengan cara ini, maka tak ada lagi alasan salah membeli car seat.

PILIHAN CAR SEAT SERU DENGAN MOTIF ANIMAL PRINT

4. Sesuaikan dengan budget

null
Photo by Instagram – @doonainfantcarseat

Budget juga harus disesuaikan ya Moms. Pastikan Moms membeli car seat dengan ragam fitur yang diperlukan namun harganya tetap pas di kantong. Dengan cara ini, car seat pun tak akan membebani keuanganmu. Jangan lupa, car seat adalah inventori jangka panjang. Jadi, tak ada salahnya untuk berinvestasi pada car seat.

TAMBAHKAN BODY SUPPORT INI UNTUK MEMBUAT CAR SEAT SEMAKIN NYAMAN

5. Sesuaikan dengan tipe mobil

null

Agar car seat dapat berfungsi maksimal, maka jangan lupa harus menyesuaikannya dengan tipe mobil yang Moms miliki. Jangan sampai memilih car seat yang terlalu besar sehingga pada akhirnya justru membuat ruang dalam mobil terasa sesak.

Untuk Moms yang sedang mencari pilihan car seat, Blibli.com menghadirkan penawaran menarik yaitu Pre-Order Doona 2-In-1 Stroller & Infant Car Seat. Car seat ini sangat  praktis karena dapat sekaligus digunakan sebagai stroller sehingga tak perlu repot lagi untuk membawa stroller saat bepergian.

Dalam promo ini, Moms akan mendapatkan banyak benefit lainnya yakni harga yang lebih hemat dan Jujube Diaper Bag gratis! Berbelanja di Blibli.com memang sangat menguntungkan. Selain hemat waktu, produk yang dijual pun sangat berkualitas. Cek di sini untuk ikutan Pre Order Doona 2-In-1 Stroller & Infant Car Seat, ya!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY