Dear Bubu, Konsumsi Ini untuk Memperlancar ASI

Via sehatq.com

Bagi ibu menyusui, momen saat memberikan ASI menjadi hal yang sangat membahagiakan. Air Susu Ibu (ASI) menjadi nutrisi andalan yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Seringkali para ibu menyusui menjadi khawatir, makanan apa saja ya yang harus dikonsumsi agar produksi ASI dapat meningkat?

Berikut adalah beberapa tips agar produksi ASI ibu dapat meningkat:

  1. Ibu menyusui harus makan dalam jumlah yang cukup

Hal ini penting untuk dilakukan, agar jumlah kalori dalam sehari dapat terpenuhi. Bagi ibu menyusui, dianjurkan untuk menambahkan sebanyak 500 kkal/hari dari porsi makanan yang biasa dikonsumsi. Tambahan 500 kkal/hari ini dapat diperoleh dari makanan seperti 2 lembar roti gandum dengan 1 sendok makan selai kacang + 1 potong buah (misal: apel, pisang, pepaya) + susu 1 gelas 200 ml.

  1. Konsumsi makanan dengan menu seimbang

Penting bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terutama beberapa hal berikut:

  • Makanan dengan sumber protein – Baik protein hewani maupun nabati, seperti telur, daging, ikan, susu, kacang-kacangan, seafood.
  • Sayuran dan buah-buahan – Penting untuk menjamin kecukupan vitamin dan mineral bagi sang ibu dan bayi.
  • Perbanyak konsumsi makanan sumber zat besi – Seperti daging, hati, telur, kacang-kacangan dan sayuran yang berwarna hijau (daun katuk, bayam, caisim, kangkong, selada, dsb).
  • Makanan kaya kalsium – Seperti susu, produk olahan susu, sayuran hijau, kedelai, dsb.
  • Makanan kaya vitamin D – Banyak terkandung dalam susu maupun produk olahannya, ikan, kuning telur, jamur, ataupun makanan lain yang sudah difortifikasi dengan vitamin D seperti cereal, biskuit, dan jus buah tanpa gula.
  • Memiliki cairan yang cukup – Paling baik untuk mendapatkan cairan dari air putih atau sari buah murni. Dianjurkan untuk mengkonsumsi air sekitar 8 gelas per hari. Batasi minuman berkafein dan bergula tinggi karena dapat memberikan efek yang kurang baik bagi bayi, seperti terjadinya kegelisahan dan gangguan tidur.
  1. Bahan makanan galaktogogue atau laktogenik

Ada beberapa jenis bahan makanan yang bersifat galaktogogue atau laktogenik (makanan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI) seperti bit, wortel, talas, ubi, sayuran berdaun hijau (misal: katuk, bayam), kurma, buah fig, pepaya, barley, kacang-kacangan, jahe, bawang putih, dsb. Namun, bahan-bahan makanan yang laktogenik ini ternyata belum semuanya memiliki dasar penelitian yang sahih. Hanya beberapa saja yang sudah dibuktikan secara ilmiah memang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI, seperti daun katuk dan barley.

Nah, dengan membaca tips diatas, kini Bubu menyusui nggak perlu khawatir lagi mengenai makanan yang dikonsumsi. Yang terpenting adalah makan dengan porsi cukup dan bernutrisi seimbang. Kini, Bubu juga nggak perlu repot untuk belanja buah dan sayur segar, dapatkan semuanya di Bliblimart. Tinggal klik, pesanan siap diantar 😊

*Sumber artikel dari Dr Ida Gunawan, MS SpGK (K)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY