Semakin canggihnya teknologi masa kini semakin membuat kehidupan lebih mudah. Salah satunya adalah cara kita menjaga kebersihan. Banyak bermunculan inovasi yang membuat bersih bersih rumah hingga lingkungan lebih mudah dan higienis.

Bisa-bisa, dalam 10 tahun mendatang menyapu dan mengepel sudah ketinggalan zaman!

Mau tahu apa saja teknologi paling mutakhir untuk bersih-bersih yang sudah hadir di dunia? Yuk langsung saja lihat 6 teknologi yang ada untuk menjaga kebersihan diri sendiri sampai kebersihan lingkungan sekitar!

1. Glare Smile

glare-smile

Menurut para dokter gigi, kamu harus menyikat seluruh permukaan gigimu seenggaknya selama 2 menit jika mau terjamin kebersihannya.

Padahal 2 menit itu sangat berharga saat kamu sedang terlambat, apalagi bila harus pergi ketemu pacar yang sudah menunggu. Kalau buru-buru menyikat, nanti jigongnya ketinggalan. Malu dong di hadapan pacar?

Sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi dengan semua itu karena sekelompok tim dokter gigi sudah menciptakan sikat gigi otomatis dengan 3 bulu sikat bernama Glare Smile. Katanya, Glare Smile ini bisa membersihkan seluruh permukaan gigimu hanya dalam waktu 10 detik lho!

Kamu hanya perlu menaruh Glare Smile pada gigimu dan menggerakannya ke kiri kanan. Ketiga sikat pun akan langsung membersihkan seluruh area gigimu (depan, bawah dan tengah) tanpa cela. Sikat gigi jadi terasa praktis (dan cepat) banget deh.

2. Oto Tip

oto-tip

Via Tech Crunch

Membersihkan telinga seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi orang-orang. Pasalnya setiap kali membersihkan telinga, kamu akan menghadapi resiko mengalami gangguan pendengaran bila secara nggak sengaja melukai gendang telingamu yang halus.

Kamu pun jadi serba salah. Kalau kamu nggak membersihkan sampai ke dalam, kotoran telinga bisa aja masih tersisa dan menghambat jalur pendengaran. Tapi di lain sisi, kamu harus menjaga supaya pembersih telinga itu nggak mendekati gendang telinga.

Masalah ini pun akhirnya bisa diselesaikan dengan teknologi bernama Oto Tip. Oto Tip sendiri merupakan mesin pembersih kuping otomatis yang memiliki ujung berbentuk spiral yang bisa berputar untuk mengeluarkan kotoran dari kuping tanpa perlu digerakkan kesana sini.

Alat ini juga memiliki plastik karet pembatas yang dapat mencegahmu menggerakan alat terlalu dalam sehingga gendang telingamu pasti akan aman. Jadi, cukup dengan menaruh Oto Tip di telinga dan menekan tombol, telingamu pun bisa langsung dibersihkan dengan mudah.

3. Dyson 360 Eyedyson-360-eye

Via Montecristo Magazine

Bagi kamu yang nggak punya waktu untuk bebersih rumah, kini perusahaan terkenal Dyson sudah memiliki robot vacuum yang bisa menjadi solusi bagimu, yaitu Dyson 360 Eye. Berbeda dengan robot vacuum lain, Dyson 360 Eye menggunakan roda seperti tank sehingga ia bisa berjalan di permukaan apapun, bahkan karpet berbulu.

Selain itu, robot vacuum ini juga memiliki sensor yang mencegahnya untuk menabrak perabotan ataupun jatuh dari tangga. Ia pun tahu area rumah mana saja yang sudah dilewatinya jadi ia nggak sembarangan pergi berkeliling rumah tanpa arah.

Nah, yang paling keren adalah kamu bisa ‘memerintah’ Dyson 360 Eye untuk bersih-bersih rumah setiap hari hanya melalui aplikasi di smartphone-mu lho! Cukup menyetel jadwal waktu bebersihnya, ia pun akan langsung membersihkan seluruh area di rumahmu. Kamu juga bisa memantau daerah mana saja yang sudah dibersihkan melalui aplikasinya.

Di saat baterainya hampir habis,robot vacuum ini pun secara otomatis akan kembali ke tempat pengecasannya sendiri tanpa perlu kamu yang menggerakkannya. Mandiri banget deh robot pembersih satu ini!


BACA JUGA Inilah 10 Tempat yang Paling Bikin Sebel dan Sulit Untuk Dibersihkan!


4. Dyson V6 Cordlessdyson-v6-cordless

Via Gear Hungry

Mobil yang selama ini selalu kamu bawa pergi saat beraktivitas luar ruangan pastinya akan menampung banyak sekali debu dan kotoran dari luar. Kamu pun wajib untuk membersihkan area dalam mobilmu secara rutin.

Akan tetapi, membersihkan debu dari mobil tentu saja bukanlah suatu hal yang mudah. Bagi kamu yang sering membersihkan interior mobil yang memiliki banyak lekukan pasti setuju kalau mobil adalah salah satu tempat yang sulit dibersihkan.

Eits, meskipun sulit, kamu nggak boleh menjadikannya alasan untuk malas membersihkan mobilmu. Sekarang, kamu bisa memanfaatkan teknologi dari Dyson yang bernama Dyson V6 Cordless.

Sesuai dengan namanya, Dyson V6 nggak memiliki kabel sehingga kamu bisa dengan mudah membawanya kemanapun kamu mau. Jadi, nggak hanya membersihkan area rumah, kamu bisa banget menggunakannya untuk membersihkan setiap sela di mobilmu.

Tersedianya berbagai jenis kepala vacuum juga bisa membantumu untuk membersihkan mobil dengan lebih mudah dan menyeluruh.

5. Billboard organik

bilboard-organik

Via Vimeo

Berbeda dengan teknologi lain, saat ini teknologi yang sudah diterapkan untuk membersihkan sungai Pasig di Filipina menggunakan teknologi yang berasal dari alam, yaitu menggunakan rumput Vetiver.

Berdasarkan hasil riset, rumput Vetiver memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan mikroorganisme yang ada dalam air untuk mengubah zat-zat berbahaya seperti fosfat, nitrat, bahan metal, kolera dan juga bakteri E. Coli.

Melihat kemampuannya ini, perusahaan kosmetik Jepang bernama Shokubutsu Hana pun bekerjasama dengan panitia rehabilitasi sungai Pasig, perkebunan tanaman Vetiver di Filipina dan juga TBWA\Santiago Mangada Puno untuk membuat billboard organik dengan menggunakan Vetiver.

Billboard organik ini dibuat untuk membantu menyadarkan warga Filipina bahwa sungai Pasig bukanlah selokan maupun tempat sampah. Sungai Pasig adalah sebuah ekosistem air yang penting untuk diselamatkan dari sampah dan polusi.

Jadi, nggak hanya untuk meningkatkan kesadaran warga Filipina, billboard organik bertuliskan “Clean River Soon” ini juga bisa membantu membersihkan sungai Pasig dari polutan berbahaya yang ada di dalamnya. Kira-kira billboard organik ini bisa digunakan di Indonesia juga nggak ya?

6. Seabinseabin

Via Psu

Apakah kamu pernah melihat foto ikan dan juga penyu yang dalam perutnya banyak dipenuhi dengan sampah plastik dan makanan manusia? Foto tersebut sangatlah memilukan karena kondisi mereka bisa menjadi seperti itu disebabkan karena ulah kita, manusia.

Menurut hasil ekspedisi yang dilakukan oleh perusahaan Dumpark, jumlah sampah yang ada di habitat para ikan saat ini sudah mencapai berapa 269.000 ton melihat hal tersebut, dua orang peselancar dari Australia bernama Andrew Turton & Pete Ceglinski pun berusaha menciptakan teknologi bernama Seabin. Fungsinya berguna membantu menyaring sampah plastik dan juga oli yang ada pelabuhan.

Seabin memiliki bentuk seperti ember besar yang bisa menyedot sampah di pelabuhan dengan bantuan pompa. Setiap sampah yang disaring bisa dengan mudah diambil dan dibersihkan dari tempat penampungan Seabin.

Mereka pun sudah merencanakan bahwa akan menggunakan plastik yang didapatkan setiap hari pada Seabin untuk diolah sebagai bahan dasar unit Seabin yang baru.

Meskipun tong sampah laut ini hanya bisa digunakan untuk membersihkan sampah dari area pelabuhan, seenggaknya teknologi yang mereka ciptakan ini merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengembalikan keaadaan laut seperti semula.

Berkembangnya teknologi-teknologi pembersih seperti di atas semakin menyadarkan kita bahwa kebersihan, baik dari mulut sampai ke kendaraan hingga ke lautan itu penting. Banyaknya ide-ide keren tersebut menandakan bahwa kita semakin dekat dengan masa depan yang bersih dan asri.

Namun apa gunanya alat di atas diciptakan, kalau kita tetap nggak menggunakan atau rajin bersih-bersih dengannya. Yuk, mari kita bersama-sama menjaga kebersihan!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY