Dari Appren Trip hingga Wisata Umroh, Ini Tren Wisata Global Tahun 2019 yang Perlu Kamu Tahu

tren wisata umroh

Saat ini, traveling sudah menjadi lifestyle yang digandrungi banyak orang. Berbagai destinasi wisata dari dalam hingga luar negeri pun disambangi. Melihat fenomena alam yang menakjubkan, mencicipi kuliner lezat, mengunjungi tempat bersejarah, belajar budaya baru, hingga menghibur diri menjadi sejumlah alasan banyak orang rela merogoh kocek untuk melakukan traveling.

Layaknya fashion, selalu ada tren wisata yang disukai masyarakat dunia. Dan walaupun tahun ini sudah masuk bulan keempat, nggak ada salahnya untuk tahu tren wisata apa yang akan booming tahun ini, kan? Maka dari itu, destinasi wisata seperti apa sih yang akan menjadi tujuan wisata global pada 2019?

1. The Appren Trip

tren wisata umroh - kyoto

Banyak orang yang menemukan esensi traveling lewat pelajaran dan wawasan baru yang mereka dapatkan dari tempat-tempat yang dikunjungi. Itulah mengapa traveling bisa jadi candu bagi sebagian orang yang menyebabkan mereka ingin melakukannya lagi dan lagi. Jenis wisata ini disebut juga dengan The Appren Trip, kegiatan wisata sambil menimba ilmu. Seru, bukan? Jika Friends termasuk orang-orang yang menyukai jenis wisata ini, berikut beberapa contoh destinasi yang bisa disambangi.

Destinasi The Appren Trip Dalam Negeri

  • Museum Gunungapi Merapi, Yogyakarta

Destinasi The Appren Trip Luar Negeri

  • Kyoto, Jepang

DESTINASI WISATA DI DEKAT MEKKAH UNTUK KAMU PERGI WISATA SETELAH UMROH

2. Wellness Retreats

tren wisata umroh - wellness retreats bali
source: https://lovindubai.com/

Bagi penduduk yang hidup di tengah hiruk pikuk ibu kota besar seperti Jakarta, merefresh tubuh serta pikiran menjadi hal yang diidam-idamkan. Wellness Retreats adalah salah satu jenis wisataa yang menawarkan berbagai aktivitas relaksasi yang dapat memulihkan dan meningkatkan kesehatan. Sebuah situs traveling mengungkapkan bahwa dari 5 wisatawan di tahun 2018, 1 di antaranya mencari lokasi liburan yang dapat memanjakan tubuh seperti hiking, berjalan kaki, spa, hingga perawatan relaksasi. Melihat fakta tersebut, tak heran jika jenis wisata ini akan menjadi tren pada tahun ini.

Destinasi Wellness Retreats dalam Negeri:

  • Ubud, Bali

Destinasi Wellness Retreats Luar Negeri:

  • Ananda in the Himalayas, India

3. Weekend Getaway

tren wisata umroh - trizara resort
source: http://www.noniq.co

Tidak sedikit orang yang memiliki waktu terbatas untuk melakukan perjalanan. Maka dari itu, jenis ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki rutinitas padat. Weekend Getaway atau juga disebut micro trip biasanya dilakukan pada akhir pekan dengan mengunjungi tempat yang tidak terlalu jauh. Selain waktu yang singkat, kelebihan dari jenis wisata ini adalah akses penyewaan transportasi dan akomodasi yang relatif lebih murah.

Destinasi Weekend Getaway:

  • Trizara Resort Lembang, Bandung
  • Berburu vitamin sea di Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Pulau Seribu, Jakarta
  • Ujung Kulon, Banten

4. Pop Culture Pilgrimage

https://thehoneycombers.com/

Kepopuleran sebuah film tak menutup kemungkinan dapat memengaruhi popularitas sebuah tempat. Seperti wisata ini, Pop Culture Pilgrimage merupakan jenis tren wisata yang lokasinya menjadi tempat syuting acara televisi ataupun film. Tahun ini, diperkirakan Pop Culture Pilgrimage akan menjadi tren yang digandrungi banyak orang dalam melakukan perjalanan, lho.

Destinasi Wisata Pop Culture Pilgrimage dalam Negeri

  • Gereja Ayam Yogyakarta (lokasi syuting AADC)
  • Pantai Tanjung Tinggi di Belitung (lokasi syuting Laskar Pelangi)

Destinasi Wisata Pop Culture Pilgrimage Luar Negeri

  • Nami Island di Korea Selatan (Lokasi syuting drama Korea Winter Sonata)
  • Trsteno Arboretum di Kroasia (lokasi syuting Game of Thrones)
  • Kaitoke Regional Park di Wellington (lokasi syuting film trilogy The Lord of The Rings)

5. Religious Tourism

tren wisata umroh

Terkadang, esensi dari perjalanan bisa ditemukan ketika perjalanan tersebut dapat mendekatkan kita dengan Sang Maha Pencipta. Sama halnya dengan jenis wisata ini. Religious Tourism atau wisata religi menjadi jenis wisata yang beberapa tahun belakang ini popularitasnya meningkat. Sebut saja Holyland Tour bagi umat Kristiani dan Ibadah/wisata Umroh untuk umat muslim. Meskipun berada jauh di ujung belahan dunia berbeda, destinasi religious tourism tetap memiliki peminat yang jumlahnya semakin lama semakin banyak. Paket Holyland Tour dan Paket Umroh selalu laris diburu.

SEDANG SIBUK PERSIAPAN UMROH? JANGAN LUPAKAN HAL INI, YA!

Itu dia sekilas tren wisata global tahun 2019. Jadi tahun ini kamu mau ke mana, Friends? Mau mengunjungi tempat-tempat yang hits dari film atau bahkan melakukan perjalanan religi seperti wisata umroh? Jika sudah ada rencana, jangan lupa segala persiapannya #BlibliSekarang, ya!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY