Sebagai malaikat di sisinya, salah satu tugas moms adalah memastikan kalau si kecil juga giat beraktivitas di luar rumah. Jika cuaca cerah, saatnya meletakkan gadget, keluar rumah menikmati sinar matahari dan merangsang produk vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan kulit!

Namun, masih banyak orang tua yang masih kurang sadar akan pentingnya asupan sinar matahari untuk si kecil. Menurut penelitian dari A National Health and Nutrition Examination, 50% dari anak berusia 1-5 tahun, dan 70% dari anak berusia 6-11 tahun, masih kekurangan vitamin D.

Oleh karena itu, moms jangan sampai salah langkah ya. Yuk, cobain hal-hal menyenangkan yang bisa moms lakukan dengan si kecil ketika cuaca cerah berikut ini!

1. Berenang (di kolam renang outdoor)berenang

Via Mom Junction

Cuaca yang cerah (namun panas) pasti membuat kepingin hal yang dingin-dingin. Ini kesempatan bagus untuk membawa si kecil nyemplung ke kolam berenang. Selain bisa mendapatkan asupan vitamin D yang baik, moms juga bisa sekalian mengajarkan si kecil cara berenang sejak dini.

Selain itu, berenang bisa meningkatkan kesehatan jantung serta paru-paru, memperbaiki postur tubuh, dan mencegah anak dari obesitas. Terakhir, tentu manfaat yang paling baik adalah si kecil bisa menghabiskan quality time dengan mama kesayangannya!

 2. Berkebunberkebun

Via windowbox.com

Berkebun juga merupakan salah satu aktivitas outdoor yang cukup edukatif. Nggak terlalu repot, mengajari si kecil berkebun hanya perlu tanah kosong di sebelah rumah atau pot kecil saja.

Moms bisa mulai dengan tanaman yang sederhana dan cepat tumbuh seperti kacang hijau atau bawang, agar si kecil nggak mudah bosan.

Berkebun juga sekaligus melatih kesabaran si kecil untuk menunggu tanaman tersebut bertumbuh sedikit demi sedikit dan mengajarkan ia untuk bertanggung jawab dengan menyiraminya secara rutin.

3. Membuat kerajinan tangan dari bahan alamimembuat-kerajinan

Via Stalking Education

Kerajinan tangan nggak harus selalu dilakukan di dalam rumah. Banyak hal yang bisa moms manfaatkan dari alam untuk dijadikan bahan seni karya si kecil.

Membuat kerajinan tangan bisa meningkatkan fungsi otak kanan, mengembangkan keterampilan motorik, dan membantu perkembangan emosional anak. Bisa juga mengajak teman atau moms lain untuk beraktivitas bersama.

Tantang si kecil berkreasi menggunakan bahan alami apapun yang mereka temukan untuk melatih kreativitasnya. Moms bisa ikut membantu mereka membuat karya yang sederhana seperti bingkai foto ataupun gelang.


BACA JUGA 5 Alasan Tepat Mengapa Ajak Anak Main ke Pantai adalah Hal yang Bermanfaat


4. Bermain layanganbermain-layangan

Via Imperfect Woman

Saat cuaca sedang cerah, saatnya bermain layangan di luar rumah! Bagi si kecil yang mungkin belum cakap berolahraga berat, bermain layangan merupakan aktivitas untuk berkeringat yang sehat.

Menatap ke langit biru saat melihat layangan juga ternyata bagus untuk mengatur otot mata dan saraf sehingga membantu meringankan kelelahan mata dan mencegah mata rabun!

Apalagi kalau moms mengizinkan si kecil mengajak temannya. Elemen have fun-lah yang sebenarnya lebih bermanfaat buat pertumbuhan kognitif dan afektif si kecil.

5. Jogging di tamanjogging

Via Premier Physical Medicine

Alternatif olahraga selain bermain layangan adalah jogging. Melakukan jogging secara teratur akan meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru si kecil semenjak kecil. Mulailah mengajak si kecil jogging secara bertahap untuk membentuk kebiasaan yang sehat.

Ketika jogging, moms haruslah membantunya mengatur pernapasan dan ikutilah batas kemampuan berlarinya.

Supaya lebih menyenangkan, moms bisa mengajak si kecil untuk jogging di taman. Semakin ramai orang, semakin bagus. Cuaca yang cerah akan menambah keindahan pemandangan alami untuk dinikmati si kecil. Lebih bagus lagi jika ada hewan peliharaan yang bisa diajak main dengan si kecil!

6. Piknik di alam terbuka

piknikVia The Village

Yang namanya piknik, pasti identik dengan tikar dan keranjang makanan. Duduk santai, mengobrol ringan, dan menyantap bekal akan menjadi family time yang sangat menyenangkan untuk moms dan buah hati.

Ajaklah si kecil untuk piknik di taman ataupun pantai pada saat cuaca cerah. Piknik sambil diiringi dengan suara-suara alam tersebut akan meningkatkan mood dan menenangkan pikiran moms serta si kecil.

Cukup duduk tenang di bawah pohon teduh dengan berbagai jenis makanan dari kotak piknik yang lucu, dan moms siap menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil dan keluarga!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY