me

Sinopsis Film Cruella: Tokoh Iconic Disney dalam Live Action

May 31, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Via : movies.disney.com

Siapa, nih, yang masa kecilnya suka sama film 101 Dalmatians? Film yang menceritakan kisah dua sejoli yang dipertemukan oleh hewan peliharaannya yaitu anjing Dalmatians. Nggak hanya pemiliknya aja, nih, yang berakhir dipelaminan, tapi kedua anjing Dalmatians mereka juga menikah dan memiliki 99 anak! Kehidupan yang hampir sempurna ini harus terganggu dengan hadirnya Cruella de Vil, desainer ternama yang sangat suka menggunakan bulu binatang asli untuk busananya. Melihat bulu Dalmatians yang cantik, Cruella pun tergoda untuk menggunakannya sebagai bahan koleksi busana terbarunya! Nah, kalau kamu gemas dengan tokoh Cruella de Vil yang jahat ini, kali ini kita akan menonton film dari sudut pandang si tokoh antagonis.


Baca juga: Rekomendasi Film Action Buat Nemenin Weekend Kamu!

Sinopsis Film Cruella

Film ini berkisah tentang Estella, seorang anak yang sangat kreatif. Estella terlahir mengidap poliosis, yaitu kekurangan melanin di area yang berbulu seperti rambut, alis, bulu mata, dan area lainnya. Ini menjadikan sebagian rambutnya berwarna putih. Estella sudah memperlihatkan bakat yang besar di bidang fashion sejak kecil. Tapi nggak hanya itu, ia juga sudah terlihat punya sisi gelap sejak dini. Karena itulah, ibu Estella yang bernama Catherine menjuluki putrinya sendiri dengan nama Cruella, yang merupakan gabungan dari kata cruel (jahat) dengan Estella. 

Karena sikap pemberontak Estella yang kian menjadi-jadi, ibunya pun mengeluarkannya dari sekolah swasta  dan membawanya pindah ke London. Dalam perjalanan ke London, mereka mampir ke pesta megah yang dibuat oleh Baronnes von Hellman. Ternyata ibu Estella berniat meminta dukungan finansial untuk kehidupan baru mereka di London. Tapi naas, Estella harus menyaksikan sang ibu jatuh dari bukit karena didorong oleh anjing Dalmatians milik Baronness von Hellman! Estella yang kini jadi yatim piatu, terpaksa melanjutkan perjalanannya ke London sendirian.

Ia berteman dengan 2 anak jalanan bernama Jasper dan Horace, yang mengadopsi Estella sebagai adik mereka. Agar nggak terlacak keberadaannya, nih, Estella pun mengecat rambutnya jadi merah. Sepuluh tahun kemudian, Estella didukung kedua kakaknya yang bekerja sebagai pencuri sekaligus penipu, merencanakan penyamaran yang rumit untuk mendapatkan perhatian Baronness vo Hellman, yang kini dikenal sebagai desainer haute couture terkemuka yang otoriter. 

Dengan berbagai cara, Estella akhirnya mendapatkan kepercayaan Baronness. Kemudian Estella sadar, si Baronness mengenakan kalung milik ibunya, Catherine! Dari sana, satu-persatu fakta mengenai kematian ibu Estella mulai terungkap. Siapa yang sebenarnya membunuh Catherine? Apakah benar hanya karena kesalahan anjing Dalmatians milik Baronness von Hellman atau ada fakta lain di baliknya? Apa tindakan yang dilakukan Cruella selanjutnya? Dan apa sebenarnya hubungan antara Estella dan Baronness von Hellman yang sangat dibencinya?

Daftar Pemain Film Cruella

Beberapa pemeran penting yang ada di film Cruella adalah:

  1. Emma Stone

Via : kompas.com

Stone memerankan Estella von Hellman atau Cruella de Vil. Tokoh ini sangat ambisius sekaligus fashion desainer yang sangat berbakat. Sejak kematian ibunya, Estella terobsesi dengan bulu anjing Dalmatians. Karena itu, ia terpaksa harus terlibat serangkaian tindak kriminal yang berbahaya. 

  1. Emma Thompson

Via : people.com

Thompson memerankan Baronness von Hellman. Kaya raya, Baronness menempati posisi yang prestisius sebagai pemilik rumah mode di Inggris. Ia adalah seorang fashion desainer ternama yang nantinya menjadi bos Estella di dunia fashion, sekaligus juga rivalnya. Ia memerankan peran penting dalam transformasi Estella.

  1. Emily Beecham

Via : comicbook.com

Berperan sebagai Catherine, ibu Estella, yang ternyata mengadopsi Estella sejak kecil. Ia bekerja sebagai tukang cuci baju dan dulunya bekerja sebagai pelayan di Hellman Hall. Ia mengadopsi Estella karena ibunya membuangnya demi mengembangkan karir.

  1. Joel Fry

Via : geektyrant.com

Fry memerankan tokoh Jasper Badun, seorang pencuri yang tumbuh besar dengan Estella setelah kematian Catherine. Untuk peran ini, Joel Fry nggak mengikuti peran Jasper yang ada di film 101 Dalmatians (1996). Melainkan, ia hanya mengikuti penampilan fisiknya.

  1. Paul Walter Hauser

Via : yardbarker.com

Berperan sebagai Horace Badun, saudara Jasper yang juga menemani Estella sejak ditinggal Catherine. Mereka kemudian bersama-sama menjadi partner dalam melakukan berbagai tindakan kriminal. 

Review Film Cruella

Via : movies.disney.com

Memutar balik naskah memang akan selalu jadi langkah yang berisiko. Tokoh antagonis dihadirkan dalam cerita, apa pun bentuknya, dengan tujuan untuk merusak suasana bahagia yang dibangun dalam film. Sering kali penonton ingin mendapatkan peran jahat yang nggak membutuhkan rasa simpati kamu sama sekali. 

Penonton nggak peduli kenapa dan bagaimana dia menjadi jahat, yang penting ia berperan sebagai orang yang nggak memiliki perasaan dan harus disalahkan atas segala kesalahan yang terjadi dalam film. Jadi, dengan memutar balik fakta tentang Cruella de Vil, sang desainer haute couture yang menakutkan nggak hanya bagi anak-anak tapi juga bagi hewan berbulu, menjadi tokoh yang harus kamu beri simpati dan pahami, tentu merupakan langkah yang berisiko. 

Tokoh Cruella de Vil juga aslinya merupakan tokoh animasi. Jadi ini merupakan tantangan yang sangat besar bagi Emma Stone. Meski begitu, secara keseluruhan Emma Stone sukses memerankan Cruella. Kehadiran Emma Stone di sini memang nggak membuat penonton kesal seperti saat menonton Baronness von Hellman, tapi ekspresi masamnya cukup membuat tokoh Cruella “hidup”. 

Selain itu, Emma Stone juga berhasil menggunakan aksen British dengan akurat, ini sangat mengejutkan dan patut diacungi jempol karena sama sekali nggak mudah! Emma Thompson yang di sini berperan sebagai tokoh antagonis, benar-benar sukses membuat penonton geregetan dengan setiap gerak-geriknya! 

Thompson yang jauh lebih senior dari Stone dan telah membintangi berbagai film sukses dari berbagai genre, memang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ia berhasil menghidupkan tokoh yang jauh lebih jahat dari Cruelle de Vil. Namun di sisi lain, para kritikus justru mempertanyakan hal ini. Cruella yang selama ini kamu kenal sebagai tokoh jahat di film ini, nggak terlalu terlihat sisi kelamnya. Bahkan menurut beberapa kritikus, alasan Cruella berubah menjadi jahat terasa kurang kuat. 

Namun, nggak ada yang meragukan tampilan film ini. Secara visual, Cruella sangat mengesankan. Penonton pun sangat menikmati Cruella secara keseluruhan. Di Rotten Tomatoes, film berdurasi 2 jam 14 menit ini mendapat skor 97% dari penonton. Sementara dari kritikus film, Cruella mendapat skor 73%. Hampir sama dengan Rotten Tomatoes, Cruella mendapat skor 7.3 dari 10 bintang di IMDb. Dari Cineverse, Cruelle mendapat skor 3.4 dari 5. 

10 Fakta Menarik Film Cruella

Via : kompas.com

Ada beberapa hal menarik yang perlu kamu tahu tentang film Cruella dan para pemerannya, ini. 

  1. Cruella Merupakan Prequel dari Franchise Film 101 Dalmatians

Bagi yang belum tahu, Cruella merupakan film ketiga dari franchise 101 Dalmatians yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1996. Franchise keduanya yang berjudul 102 Dalmatians diluncurkan pada tahun 2002. Ketiganya merupakan live action yang diadaptasi dari novel karya Dodie Smith berjudul The Hundred and One Dalmatians, yang terbit pada tahun 1956. Di tahun 1961, Walt Disney membuat versi film animasinya dengan judul 101 Dalmatians. Baik versi animasi dan live actionnya mendapat tanggapan yang sangat baik dari pecinta film karena jalan ceritanya yang unik. 

  1. Emma Stone Mengikuti Karakter Cruella yang Sebelumnya Diperankan Glenn Close

Untuk memerankan tokoh Estella atau Cruella de Vil, Emma Stone menjadikan tokoh Cruella de vil yang diperankan Glenn Close di 101 Dalmatians sebagai acuan. Karena itu, penonton bisa melihat beberapa kemiripan saat menonton keduanya. Kemiripan tersebut dapat terlihat melalui cara berpakaiannya yang nyentrik khas Cruella, cara tertawa, hingga gerak geriknya. 

  1. Seperti Maleficent, Tokoh Utamanya Adalah Antagonis

Walt Disney sebelumnya sudah pernah meraih kesuksesan memproduksi film serupa di tahun 2014, yaitu Maleficent, yang merupakan tokoh antagonis dari Putri Salju atau Snow White di Sleeping Beauty. Cruella juga diproduksi serupa dengan Maleficent, yaitu mengajak penonton untuk melihat cerita dari sudut pandang tokoh antagonis. Dengan begitu, penonton akan lebih mengerti, apa alasan ia menjadi jahat, apa yang memicunya, dan seterusnya. Apakah penonton akan bersimpati dengan tokoh antagonis? Ini kembali pada persepsi masing-masing penonton. 

  1. Tema Pakaiannya Adalah Punk Rock di Tahun 1970-an

Uniknya, Cruella dibuat dengan setting kota London di tahun 1970-an. Saat itu, gaya punk rock di Inggris sedang populer. Gaya inilah yang bisa kita lihat di sepanjang film. Menjadikannya unik secara visual, karena gaya punk rock digabungkan dengan haute couture yang jauh berbeda. 

  1. Pembuatan Film Cruella Sudah Diumumkan Sejak Tahun 2013

Walt Disney Pictures sudah mengumumkan pengembangan film Cruella sejak tahun 2013, dengan Andrew Gunn bertindak sebagai produser. Jadi film ini telah mengalami proses yang panjang sebelum akhirnya dilakukan proses casting dan pengambilan gambar. 

  1. Emma Stone Sudah Dipilih Menjadi Cruella Sejak 2016

Sudah direncanakan sejak lama, Emma Stone bahkan sudah dipilih sebagai Cruella sejak tahun 2016. Informasi ini sudah tersebar melalui Ace Showbiz, Kamis (7/1/2016), yang mengatakan bahwa Emma terpilih untuk memerankan tokoh antagonis dari film 101 Dalmatians ini loh. Wow kabar tersebut akhirnya terwujud di akhir bulan Mei 2021 dalam Live Action disney ini. 

  1. Emma Stone dan Glenn Close Menjadi Executive Producer

Kemudian, Emma Stone menjadi executive producer Cruella. Bukan hanya Stone, Glenn Close yang sukses memerankan Cruella di 101 Dalmatians dan 102 Dalmatians juga ikut menjadi executive producer. Glenn Close adalah aktris yang ikonik dengan perannya sebagai Cruella de Vil dalam film live-action 101 Dalmatians (1996) dan 102 Dalmatians (2000).

  1. Premier Cruella Merupakan Acara Red Carpet Besar Pertama Setelah Pandemi COVID-19

Premier Cruella dilangsungkan di Los Angeles pada tanggal 18 Mei 2021. Ini merupakan acara red carpet besar pertama sejak pandemi. Acara premier Cruella sendiri berlangsung di Teater El Capitan, Los Angeles, Selasa (18/5) lalu. Tampilnya Emma di red carpet ini merupakan penampilan pertamanya setelah melahirkan.

  1. Desain Kostum dan Soundtrack Dapat Tanggapan Positif

Selain performa Emma Stone, Emma Thompson, dan Paul Walter Hauser yang mendapat tanggapan positif, kostum dan soundtrack Cruella juga menjadi poin plus Cruella yang layak ditunggu. Salah satu soundtrack Cruella yang mendapat tanggapan positif adalah “Call Me Cruella” yang dibawakan oleh Florence + the Machine. Lagunya yang bernuansa dark sangat cocok menggambarkan keseluruhan cerita Cruella. Kamu sudah mendengarkan lagu ini belum?

  1. Cruella Hadir di Bioskop dan Disney+

Setelah dirilis, Cruella nggak hanya bisa ditonton di bioskop saja, tapi juga di Disney+ yang bisa diakses secara premium pada tanggal 28 Mei. Wah, ini pastinya menjadi kabar menggembirakan banget buat kamu yang sudah berlangganan Disney+. Buat kamu yang belum berlangganan disney+ Hotstar, yuk mulai berlangganan dengan membeli paket premiumnya hanya di Blibli. 


Baca juga: Versi Baru Film Godzilla vs Kong Ngasih Tau Siapa Pemenang Mutlak

Film yang digarap oleh rumah produksi kelas dunia, Walt Disney Pictures, ini emang nggak mengecewakan penggemar Cruella yang telah menanti cukup lama. Bagi penggemar setia Disney, bukan hanya filmnya yang selalu dinanti kehadirannya, tapi juga berbagai aksesoris yang berhubungan dengan beragam judul filmnya. Kini mendapatkan aksesoris Disney udah nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri lagi. Blibli menyediakan berbagai aksesoris Disney mulai dari masker, mainan, sampai langganan Disney Hotstar Premium. Dengan begitu, para penggemar Disney bisa selalu update dengan film keluaran terbarunya. Yuk, cek sekarang juga koleksi Disney di Blibli. 

Lengkapi Koleksi Barang Disney Kamu Hanya di Sini!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya