me

 6 Ciri Ciri Mesin Cuci Rusak dari Komponen-Komponen di Dalamnya

Mar 28, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/user3251707
Perhatikan ciri-ciri mesin cuci rusak di bawah ini!

Cicilan 0% KAM

Kalau mesin cucimu mulai nggak berjalan optimal sebagaimana fungsinya, bisa jadi itu menandakan ciri-ciri mesin cuci rusak. Kerusakan apa saja yang terjadi pada mesin cuci? Apa yang bikin mesin cuci cepat rusak? Jawabannya adalah banyak komponen yang harus diperhatikan untuk melihat kerusakan apa yang terjadi. Penyebabnya pun banyak seperti pemakaian berlebihan dan nggak sesuai prosedur atau lainnya.

Berikut ini ada 6 ciri-ciri mesin cuci yang rusak jika dilihat dari komponen fungsi di dalamnya:

Baca juga :


Pulsator Nggak Berputar dan Berisik

Pulsator Nggak Berputar dan Berisik
freepik.com/author/dmytro-sidelnikov

Salah satu ciri mesin cuci rusak adalah kerusakan pada pulsatornya. Jika pulsator nggak berputar sama sekali atau berputar secara nggak normal, hal ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan mekanisme penggeraknya. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada motor atau sabuk penggerak.

Jika kamu mendengar bunyi berisik atau nggak wajar saat pulsator berputar, hal ini bisa menandakan adanya gesekan atau ketidakseimbangan pada komponen internal mesin cuci. Hal ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada bantalan pulsator atau masalah dengan sistem transmisi.

Jika mesin cuci nggak mencuci bersih atau meninggalkan sisa kotoran pada pakaian setelah proses pencucian, mungkin karena pulsator nggak berputar dengan cukup kuat atau efektif. Ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah, termasuk kerusakan pada motor atau pompa air, atau bahkan ketidakseimbangan beban dalam mesin.

Kalau kamu menemukan bagian pulsator mesin cucimu terlepas dari porosnya atau memiliki retakan pada permukaannya, ini jelas merupakan tanda bahwa pulsator mengalami kerusakan fisik. Hal ini dapat terjadi akibat pemakaian yang berlebihan atau pemakaian bahan kimia yang nggak sesuai selama proses pencucian.

Kapasitor Rusak

freepik.com/author/stokkete

Ini cara mengetahui kapasitor mesin cuci rusak. Ada beberapa ciri kapasitor mesin cuci yang rusak itu ditandai dengan mesin cuci nggak berputar. Salah satu tanda paling umum dari kapasitor rusak adalah ketika mesin cuci nggak berputar saat dinyalakan. Jika kapasitor rusak, motor nggak akan menerima cukup daya untuk memulai putarannya, dan mesin cuci akan terdiam.

Ketika kapasitor nggak berfungsi dengan baik, motor mungkin hanya bergetar atau berbunyi saat mencoba untuk memulai putarannya. Ini menandakan bahwa motor nggak menerima daya yang cukup untuk memulai dengan lancar, dan ini dapat menyebabkan keausan lebih lanjut pada motor jika nggak segera diperbaiki.

Kapasitor yang rusak juga dapat menyebabkan motor mesin cuci berputar secara nggak konsisten. Ini bisa berarti bahwa motor mulai dan berhenti secara acak selama siklus pencucian, atau bahwa kecepatan putarannya nggak konsisten. Hal ini dapat mengakibatkan masalah dengan kinerja pencucian dan mempengaruhi hasil cucian secara keseluruhan.

Pengering Bekerja Lambat

Pengering Bekerja Lambat
freepik.com/author/vgstockstudio

Salah satu tanda yang paling jelas dari mesin cuci yang rusak adalah mesin pengeringnya nggak bekerja optimal. Pengering nggak bekerja optimal ketika mesin nggak menghasilkan panas saat dioperasikan. Ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada elemen pemanas atau sensor suhu yang mengatur suhu dalam mesin. Tanpa panas yang cukup, pakaian nggak akan kering secara efektif.

Jika mesin cuci membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya untuk mengeringkan pakaian, hal ini mungkin menandakan adanya masalah dengan pengering. Hal ini bisa disebabkan oleh kegagalan elemen pemanas atau sensor suhu yang nggak berfungsi dengan baik, sehingga mesin cuci nggak dapat mencapai suhu yang tepat untuk mengeringkan pakaian dengan cepat.

Jika pakaian tetap basah setelah siklus pengering selesai, ini merupakan tanda yang jelas bahwa mesin cuci mengalami masalah. Hal ini bisa disebabkan oleh kegagalan elemen pemanas, sensor suhu yang nggak akurat, atau masalah lain yang mengganggu proses pengeringan.

Pengering yang rusak menghasilkan bunyi yang nggak biasa saat dioperasikan, seperti gemeretak, berdecit, atau berdesing. Bunyi-bunyi ini bisa menandakan adanya masalah dengan bagian-bagian mekanis dalam mesin, seperti sabuk yang aus atau rol yang rusak. Jika drum pengering nggak berputar saat mesin dihidupkan, ini menandakan masalah. Tanpa putaran drum, pakaian nggak akan terkeringkan.

Gearbox Bunyi Nggak Normal dan Nggak Optimal

Gearbox Bunyi Nggak Normal dan Nggak Optimal
freepik.com/author/4045

Ciri lain mesin cuci bisa dilihat dari kinerja gearbox nya. Gearbox yang rusak seringkali menghasilkan bunyi yang nggak biasa saat mesin cuci dioperasikan. Bunyi-bunyi tersebut bisa berupa gemeretak, berdecit, atau berdesing yang nggak lazim. Hal ini menandakan adanya gesekan atau keausan pada komponen gearbox.

Jika mesin cuci nggak mencuci pakaian dengan efisien seperti biasanya, gearbox yang rusak mungkin menjadi penyebabnya. Gangguan pada gearbox dapat mengakibatkan putaran drum yang nggak konsisten atau kehilangan kekuatan gerak yang diperlukan untuk mencuci pakaian dengan bersih.

Gearbox yang rusak dapat menyebabkan masalah pada berbagai siklus pencucian, seperti siklus pencucian yang terlalu cepat atau terlalu lambat, atau bahkan siklus yang terhenti di tengah jalan. Hal ini dapat mengganggu proses pencucian secara keseluruhan dan menghasilkan pakaian yang nggak bersih.

Dinamo Rusak

freepik.com/author/graystudiopro1

ciri ciri dinamo pengering mesin cuci rusak adalah bunyi yang nggak biasa. Dinamo yang rusak seringkali menghasilkan bunyi yang nggak biasa saat mesin cuci dioperasikan. Bunyi-bunyi tersebut bisa berupa gemeretak, berdecit, atau berdesing yang nggak lazim. Hal ini menandakan adanya gesekan atau keausan pada komponen dinamo.

Jika pakaian tetap basah atau lembab setelah proses pengeringan selesai, ini mungkin menandakan adanya masalah dengan dinamo pengering. Dinamo yang rusak nggak dapat menghasilkan putaran yang cukup kuat atau konsisten untuk mengeringkan pakaian dengan efisien.

Dinamo yang rusak juga dapat mengakibatkan penghasilan panas yang nggak optimal selama proses pengeringan. Hal ini dapat menyebabkan waktu pengeringan yang lebih lama dan meningkatkan risiko terbakarnya pakaian.

Kemudian, jika mesin cuci berhenti secara tiba-tiba selama siklus pengeringan atau nggak menyelesaikan siklus dengan baik, ini bisa menjadi indikasi bahwa terdapat masalah dengan dinamo pengering. Dinamo yang rusak mungkin gagal menghasilkan putaran yang konsisten selama proses pengeringan. Jika terdapat getaran yang berlebihan saat mesin cuci beroperasi, hal ini menandakan masalah dinamo pengering. 

Timer Pengeringan Mati

Timer Pengeringan Mati
freepik.com/author/macniakv

Gimana cara mengetahui timer pengering mati? Beberapa ciri-ciri timer pengering mesin cuci rusak antara lain siklus pengeringan nggak berjalan dengan benar. Salah satu tanda utama timer pengering yang rusak adalah siklus pengeringan yang nggak berjalan sesuai dengan pengaturan yang dipilih. Mesin cuci mungkin nggak mengubah siklus atau mengalami gangguan selama siklus pengeringan.

Timer yang rusak dapat menyebabkan mesin cuci nggak mati secara otomatis setelah siklus pengeringan selesai. Hal ini bisa mengakibatkan mesin terus beroperasi bahkan setelah pakaian sudah kering. Jika timer nggak merespons ketika kamu mencoba untuk mengatur atau mengubah pengaturan siklus pengeringan, ini bisa menandakan bahwa timer mengalami kerusakan. 

Timer yang rusak dapat menyebabkan siklus pengeringan berjalan terlalu lama atau terlalu singkat, terlepas dari pengaturan yang dipilih. Ini dapat mengakibatkan pakaian menjadi terlalu kering atau masih basah setelah siklus selesai.

Timer yang mati juga dapat menghasilkan bunyi atau gerakan yang nggak biasa saat mesin cuci dioperasikan. Ini bisa berupa bunyi berderit, berdesing, atau berdecit yang nggak lazim.


Baca juga :

Kalau mesin cuci mu sudah rusak, maka nggak ada salahnya beli baru. Semisal kamu belum ada uang tabungan untuk membelinya, kamu bisa beli lewat program Blibli Elektronik Cicilan 0% untuk bayar nanti pakai kartu kredit dengan bunga 0%! Ini good deal bukan? Yuk borong peralatan elektronik mu di Blibli sekarang juga!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya