Ciri-Ciri kalau Aki Mobil Kamu Mesti Ganti yang Baru

Mobil kamu enggak mau start? Kamu bingung di mana yang salah? Sebenarnya penyebab mesin mobil enggak mau nyala itu bermacam-macam, loh. Kebanyakan sih karena ada masalah di rangkaian part-part yang dipakai buat start. Bisa alternator, dinamo starter, atau baterai alias aki.

Penjelasannya begini. Alternator atau suka disebut “dinamo ampere” adalah dinamo yang digerakkan dari putaran mesin menggunakan sabuk atau belt. Jadi kalau mesin bergerak, dinamo itu manfaatin putaran jadi sumber listrik.

Terus, aliran listrik dari alternator itu disimpan di aki. Salah satu fungsi aliran listrik itu buat dinamo starter yang punya fungsi memutar mesin. So, semuaya saling berhubungan.

Nah, kalau aki mulai soak, artinya dia enggak bisa simpan dan ngasih suplai listrik ke dinamo starter. Bukan cuma itu. Aliran listrik di mobil-mobil modern juga dibutuhkan sama komputer mobil alias engine control unit (ECU). Padahal, ECU-lah yang ngatur-ngatur segala kerja mobil, termasuk misalnya menyuplai listrik untuk aliran bahan bakar ke injektor.

Jadi, kalau aki kamu soak, artinya enggak ada suplai listrik ke ECU dan akhirnya dia enggak bisa kasih perintah ke injektor, begitu juga urusan sensor-sensor lainnya. Aduh, bikin pusing memang kalau aki soak. Efeknya bisa ke mana-mana.

Tapi sebelum kamu curiga, cari tahu dulu ciri-ciri aki mobil soak. Seenggaknya ada tiga gejala yang bisa kasih tahu kalau benda satu itu sudah mesti diganti yang baru.

1. Ada suara starter, tetapi mesin enggak jalan

Mesin mobil bunyi waktu di-start, tetapi enggak nyala. Misalnya, bunyinya kayak cuma “tret”. Kalau kondisinya begini, Axleaddict.com bilang bahwa 94 persen masalahnya adalah aki soak.

Kalau kamu punya alat pengukur arus, coba cek. Aki biasanya punya ukuran 12,6 volt atau lebih. Tapi waktu mesin sedang berjalan, muatannya harus di rentang 13,7 sampai 14,7 volt. Kalau di bawah itu, nah aki mobil kamu sudah terhitung soak.

Solusi jumper aki atau copot aki dan bawa ke tukang setrum aki biasanya cuma berefek sebentar. Kenapa? Aki bisa soak karena elemen di dalamnya sudah lemah. Jadi, listrik tidak akan tersimpan sesempurna waktu elemennya masih bagus. Intinya, kamu harus cari aki baru. Pilih yang sama kayak yang terpasang di mobil kamu biar enggak salah.

CARI AKI YANG SESUAI SAMA MOBIL KAMU DI SINI

2. Lampu dan klakson tidak berfungsi

Indikasi lainnya adalah lampu, lampu sein, dan klakson yang redup atau tidak berfungsi. Perlu sama-sama tahu, suplai listrik dari aki bukan hanya ke dinamo starter untuk memutar mesin mobil. Fungsi lainnya adalah mengalirkan listrik ke lampu dan klakson.

Jadi kalau mesin mobil tidak mau start sama sekali, ditambah lampu dan klakson tidak berfungsi waktu tombol ditekan, berarti listrik tidak mengalir dari aki ke semua perangkat itu tadi.

Aki biasanya bisa dipakai dua atau tiga tahun. Tapi ada juga produsen yang bilang akinya bertahan lebih lama dari itu. Berpegang saja pada ukuran standar, ya. Mending beli aki sesuai budget, tapi baru. Daripada mobil malah mati di tengah jalan karena usia aki tinggal sisa-sisanya.

PILIHAN AKI SESUAI BUDGET KAMU DI SINI

3. Air aki keruh, bodinya menggembung


Buat kamu yang masih pakai aki basah alias ada tutup-tutup untuk isi air aki, coba buka tutupnya atau cukup sorot senter ke bodi aki. Kalau airnya keruh, ini tandanya aki sudah mesti diganti.

Aki juga bisa menggembung loh. Mirip kayak baterai ponsel. Kenapa? Pasti ada yang rusak di elemen pengisian dayanya. Akibatnya, aliran listrik dari alternator tertahan dan berlebihan. Efeknya bikin panas. Makanya aki jadi menggembung, dan ini bahaya loh.

Kalau misalnya kamu bingung, coba cari aki yang sudah berikut antar dan pasang. Jadi kamu enggak usah repot.

GRATIS JASA ANTAR DAN PASANG AKI MOBIL, KLIK DI SINI

Sudah punya gambaran kalau aki mobil kamu sudah soak? Silakan cermati gejala-gejala di atas ya. Selanjutnya kamu bisa pilih aki yang cocok untuk mobil kamu di Blibli.com. Ada layanan gratis antar dan pasang juga loh di Blibli.com. Yuk, cari yang kamu mau di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY