Cek Kecepatan Internet Akurat dengan Langkah Berikut

Sumber: pixabay.com

Kebanyakan dari kita tentunya sangat familiar dengan layanan cek kecepatan internet yang disediakan oleh web-web luar negeri. Ada pula sekarang ini yang dapat menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis atau juga berbayar di Google Play Store atau Apple App Store. Namun, kebanyakan web atau aplikasi yang digunakan hanya memberikan penilaian tentang kecepatan internet yang kamu pakai secara rata-rata saja, bukan dalam nilai yang sebenarnya.

Yuk, cek langkah-langkah cek kecepatan internet untuk hasil yang akurat berikut ini!

Baca Juga: Kenali Paket Internet yang Bisa Kamu Beli di Blibli

_______________________________

Cara Cek Kecepatan Internet

Restart Modem dan Router

Modem dan router merupakan perangkat penting terkait dengan koneksi internet. Perangkat ini bisa ditemukan di tempat kerja atau rumahmu. Untuk cek kecepatan internet, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan me-restart modem dan router yang kamu gunakan. Hal ini wajib dilakukan agar mendapatkan akurasi pengecekan yang optimal. Ketika router dan modem di-restart, maka keduanya akan akan kembali ke titik nol atau sebelum digunakan.

Jangan Gunakan Internet untuk Keperluan Lain

Ketika kamu ingin cek kecepatan internet secara akurat dan optimal, maka setelah me-restart modem dan router, jangan gunakan internet untuk keperluan yang lain terlebih dahulu. Apabila memungkinkan, semua perangkat yang terhubung, seperti smartphone atau Smart TV wajib kamu non-aktifkan sejenak.

Restart Perangkat

Setelah me-restart modem dan router, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan hal yang sama ke perangkat yang ingin kamu gunakan untuk cek kecepatan internet. Apabila kamu gunakan PC, maka restart komputer atau laptop tersebut. Hal itu berlaku pula apabila kamu menggunakan smartphone sebagai media pengecekannya.

Bersihkan Cache

Sebelum melakukan pengecekan atau uji kecepatan internet, kamu harus menghapus semua cache di perangkat yang kamu gunakan, baik itu PC ataupun smartphone. Fungsinya adalah agar pengujian tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal dan akurat tanpa terganggu dengan koneksitas perangkat dengan web lainnya.

Pastikan Paket Data Tercukupi

Langkah satu ini adalah hanya dilakukan untuk kamu yang memakai perangkat mobile atau bukan yang berbasis Wi-Fi sebagai media pengujian. Dikarenakan membutuhkan koneksi yang stabil dan relatif kencang, maka pastikan terlebih dahulu paketan data yang kamu miliki cukup untuk digunakan melakukan pengujian itu. Menjadi hal yang sia-sia, ketika sedang melakukan cek kecepatan internet dan tiba-tiba paket data yang kamu miliki habis.

Menggunakan Aplikasi atau Layanan Web

Bagi yang menggunakan smartphone sebagai media, maka dapat mengunduh aplikasi uji kecepatan internet di Google Play Store ataupun Apple App Store. Ada banyak aplikasi sejenis yang tersedia dan siap diunduh. Hanya saja, tidak semuanya berstatus bebas pakai. Dan bagi kamu yang menggunakan desktop atau juga laptop, maka dapat memanfaatkan layanan yang disediakan banyak situs penguji kecepatan internet.

Beli Paket Internet XL Murah di Sini

_______________________________

Baca Juga: 7 Cara Tetap Tersambung Internet dengan Murah di Luar Negeri

Satu hal yang patut diingat adalah walaupun kamu sudah melakukan tips-tips cek kecepatan internet tersebut, bukan berarti hasil ujinya merupakan nilai yang sebenarnya. Disebut begitu karena ada banyak faktor di luar kemampuanmu yang membuat penilaian tidak sempurna, salah satunya adalah kecepatan koneksi dari pusat atau provider ke perangkatmu terkadang juga terganggu karena cuaca. Makanya, pastikan isi paket data terbaik di Blibli yang jelas lebih hemat dan praktis!

Dapatkan Paket Internet Murah hanya di Sini!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY