Cegah Diabetes Sejak Dini, Terapkan Kebiasaan Ini

Ketika produksi insulin dalam tubuh terganggu, maka terjadilah kadar gula di atas normal yang biasa disebut dengan diabetes. Saat ini, diabetes dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan yang banyak dialami oleh orang Indonesia. Terutama, akibat pengaruh gaya hidup yang dimiliki sebagian masyarakat.

Sebenarnya, penyakit yang satu ini bisa dicegah sejak dini dengan mengontrol pola makan, olahraga, dan gaya hidup yang teratur. Cara memulainya? Tentu dengan mengikuti tips-tips di bawah ini:

Perhatikan asupan makanan

Banyak diabetes yang dimulai dari kebiasaan makan sembarangan, yang berimbas pada obesitas. Ya, obesitas dan diabetes memang cukup erat hubungannya. Karenanya, sejak dini cobalah atur pola makan alias dietmu dengan baik. Seimbangkan konsumsi karbohidrat, lemak, dan protein. Hindari makanan cepat saji atau yang processed.

BELANJA GROSIRAN MURAH DAN CEPAT HANYA DI BLIBLIMART

Paling mudah jika kamu mau meal prep sendiri. Kualitas makanan lebih terjamin, pengeluaran pun lebih terkontrol. Malas ribet? Bisa kok belanja online, contohnya seperti di BlibliMart yang gratis ongkir dan bisa dikirim di hari yang sama.

Di Blibli kamu juga bisa memanfaatkan FreshBox, yang menyediakan produk sayur dan bahan makanan harian lainnya dengan harga serba 5 ribu rupiah. Segar dan murah, kenapa tidak? Pas nih untukmu yang ingin memulai menyiapkan makanan sehat sendiri setiap hari.

BELI BAHAN MAKANAN SERBA 5 RIBU, TERJAMIN DARI BLIBLI FRESHBOX

Batasi minuman manis

Boba memang nikmat dirasa, namun kalorinya yang tinggi bisa jadi berbahaya. Apalagi jika kamu tidak membatasi konsumsinya. Ketika ingin minuman manis, beralihlah ke jus segar yang memiliki rasa manis alami. Kopi dan teh sesekali tidak apa, namun gunakan pemanis nol kalori seperti stevia, misalnya, yang saat ini juga sudah mulai ramai dibicarakan khasiatnya.

BELI PEMANIS ALAMI NOL KALORI, COCOK UNTUK DIET DAN DIABETES

Jangan lupakan aktivitas fisik

Olahraga secara rutin, apapun bentuknya, cenderung baik untuk meningkatkan kerja insulin pada tubuh. Insulin ini berperan membantu tubuh dalam menyerap dan mengubah glukosa jadi energi. Cobalah bergabung ke komunitas olahraga supaya kamu bisa mendapatkan support system yang tepat. Mau olahraga sendiri? Boleh, tinggal sesuaikan waktu dan kemampuanmu. Tak perlu yang berat-berat, asalkan cukup dilakukan secara rutin.

BENTUK OTOT TUBUH DENGAN ELASTIC TUBE UNTUK FITNESS DI RUMAH

Rutin cek gula darah

Dianjurkan untuk secara rutin mengecek kadar gula darah dalam tubuh. Apalagi jika memang di keluarga ada sejarah diabetes, atau kamu memiliki catatan kadar gula yang tinggi. Terlebih, sekarang kita bisa mengecek sendiri dengan bantuan alat cek gula darah yang tersedia di pasaran.

BELI ALAT CEK GULA DARAH, HASIL AKURAT

Biasanya kadar gula tubuh dianggap normal jika berada di angka 70-130 mg/dL (sebelum makan), atau kurang dari 180 mg/dL (sekitar 2 jam setelah makan). Catat hasil pemeriksaanmu, agar bisa jadi bahan pertimbangan ketika berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Istirahat cukup itu penting

Terakhir, jangan lupakan istirahat yang cukup. Terlebih jika kamu memiliki kegiatan yang cukup banyak, dengan tekanan stres tinggi. Sesekali tak ada salahnya juga lho untuk self pamper, misal dengan melakukan spa atau juga short getaway.

Diabetes memang mengerikan, namun bukan berarti tak bisa diantisipasi. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu untuk memulai gaya hidup yang lebih baik ya!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY