Cegah Cacar Monyet, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Cara Ini

Moms, sudah dengar tentang kabar kasus cacar monyet di Singapura? Beberapa waktu lalu, otoritas kesehatan Singapura mendapati seseorang yang baru saja berkunjung dari Nigeria terjangkit virus cacar monyet. Berita ini sempat menghebohkan masyarakat Indonesia juga lho. Pasalnya, penyakit cacar monyet yang awalnya hanya ditemukan di Afrika Barat, tapi kini sudah sampai ke negara tetangga yang sangat dekat dengan Tanah Air.

Mendengar kabar ini, Moms pasti bertanya-tanya dalam hati. Apa sih cacar monyet? Seberapa bahayanya penyakit ini sehingga bisa mengancam anak-anak kita? Berikut penjelasan singkatnya.

Penyakit Cacar Monyet

Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit yang disebabkan infeksi virusOrthopox. Monkeypox ditularkan dari hewan seperti monyet, tikus, dan tupai kepada manusia. Cara penularan cacar monyet kepada manusia melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau lesi dari binatang yang terinfeksi virus. Kita juga bisa terkena penyakit ini jika mengonsumsi daging hewan yang terkontaminasi, yang tidak dimasak dengan sempurna.

Orang yang terkena cacar monyet awalnya merasakan demam dengan suhu tubuh sekitar 38,5-40,5 derajat Celcius. Lalu, muncul ruam di wajah yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Ruam yang muncul awalnya berupa bintik merah, lalu berubah menjadi bintik berisi cairan bening, bernanah, dan akhirnya menjadi koreng. Selain itu, infeksi virus cacar monyet juga menyebabkan sakit kepala hebat, nyeri punggung, nyeri otot dan lemas, serta pembesaran kelenjar getah bening.

Meski gambaran cacar monyet cukup mengerikan, sebenarnya penyakit ini termasuk ringan yang bisa sembuh sendiri. Hanya saja, pengidap harus mengalami sakit yang berlangsung sekitar 2-4 pekan. Memang, hingga saat ini, belum ada antivirus untuk cacar monyet. Tetapi, Moms bisa melakukan upaya pencegahan agar keluarga terhindar dari virus cacar monyet.

BILA SI KECIL DEMAM, BERIKAN SANMOL FORTE SIRUP YANG BISA MENURUNKAN SUHU TUBUH PADA PENYAKIT INFEKSI

Mencegah Cacar Monyet dengan Gaya Hidup Bersih

null

Semua anak suka bermain. Si kecil akan bersemangat untuk mengeksplorasi setiap sudut ruangan rumah dan halaman bermainnya. Pada saat bermain, ia bisa saja menyentuh benda atau hewan yang sakit. Maka, Moms harus membiasakan anak mencuci tangan dengan sabun setelah bermain, sebelum dan sesudah makan, dan setelah buang air.

Moms bisa mengajarkan tujuh langkah cuci tangan yang benar sesuai dengan standar WHO. Moms bisa memulai dengan membahasi kedua tangannya dengan sabun, membimbingnya mengusap bagian luar dan dalam tangan, membersihkan sela jari dan kuku, menggosok sambil memutar, hingga membilas. Jika Moms kesulitan menemukan air bersih di tempat umum, bersihkan tangan anak dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol untuk pembunuh kuman.

HAND SANITIZER IKYUSAN YANG MUDAH DAN PRAKTIS UNTUK ANAK

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

null

Cacar monyet mudah menyerang manusia yang daya tahan tubuhnya sedang menurun. Jadi, Moms harus selalu menjaga si kecil agar memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Caranya dengan memberikan makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Contohnya wortel yang kaya vitamin A untuk menghadapi ancaman penyakit, yoghurt dengan probiotik yang baik buat kesehatan sistem pencernaan, dan daging yang mengandung zinc yang akan meningkatkan sel yang berfungsi melawan infeksi.

Di samping asupan nutrisi yang baik, Moms juga bisa menambahkan asupan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu, Moms juga bisa mengajak anak untuk aktif bergerak dengan berolahraga. Olahraga teratur ternyata bisa meningkatkan sel pembunuh kuman alami yang ada di dalam tubuh.

VITAMIN A, C, DAN E DALAM WELLNESS CALCIUM GUMMY INI BISA MEMBANTU MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK

Memang, sampai sekarang belum ada temuan kasus cacar monyet di Indonesia. Tetapi, Moms harus selalu menjaga si kecil agar terhindar dari penyakit tersebut. Moms bisa menemukan berbagai vitamin dan obat untuk perlindungan anak di Blibli.com.

Jika si kecil tiba-tiba mengeluh demam dan sakit, Moms bisa segera memesan obat di Blibli.com, yang menyediakan layanan fast delivery. Karena bagi Moms, kesehatan anak adalah hal yang utama. Sementara untuk Blibli.com, kepuasan pelanggan nomor #1.

KEHANGATAN CAPLANG GREEN TEA MINYAK EKALIPTUS AROMATHERAPY MELINDUNGI SI KECIL SAAT SEDANG BERMAIN

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY