Moms sudah tahu belum program reality show KBS, The Return of Superman? Di acara ini, para ayah artis Korea, diminta menjaga anak selama 48 jam non-stop tanpa sang ibu! Nonton lucu, seru, dan sedihnya para ayah bersama anak mereka udah menjadi kesukaan masyarakat internasional.

Nggak jarang, tips dan trik yang dipraktikan para ayah itu menginspirasi para penontonnya. Apa sih inspirasi mengasuh yang bisa kita petik dari papa-papa Korea ini?

1. Teether andalan para bayi Tim O. G. G.

teehther-ogg

Via – 1080.plus

Tiga ayah artis O. G. G., atau Oh Ji Hyo, In Gyo Jin, dan Yang Dong Geun adalah para ayah yang sama-sama memiliki batita. Nah, para batita ini lagi hobi banget gigit-gigit barang!

Alasannya? Karena gigi mereka lagi mau tumbuh, tuh. Jadi gusinya sering terasa gatal. Biar nggak bahaya, moms dan dads perlu kasih teether. Tapi harus yang lucu dan pas di mulut loh, biar si kecil nggak mencari yang lain buat di gigit!

2. Gendongan bayi modern ala Song Il Gook; ada tempat duduknya!

gendongan-bayi

Via – KBS World TV

Moms masih pakai kain untuk menggendong bagi? Hati-hati loh moms, kalau nggak tersimpul dengan benar, si kecil bisa jatuh. Selain itu, posisi duduk yang nggak benar bisa membuatnya pertumbuhan tulangnya terganggu. Yang gendong juga pegal.

Sebaiknya moms pakai gendongan yang lebih modern dan canggih kayak punya Song Il Gook. Si kecil bisa duduk dengan nyaman dengan posisi yang benar. Nggak bikin pegel, tapi bikin makin gaya! Mau? Cek aja di sini.

3. Mengontrol kesehatan anak dan diri sendiri seperti Lee Hwi Jae dan si kembar

mengontrol-kesehatan-anak

Via – The Hurong

Check-up ke dokter itu penting banget loh, moms! Perkembangan si kecil perlu kita awasi luar dan dalam. Tapi, terkadang si kecil bisa enggan ketemu dokter karena takut.

Biar si kecil berani, moms nggak hanya harus menemani mereka, namun juga perlu mengakrabkan mereka ke dokter anak. Moms juga bisa kasih contoh. Ini yang dilakukan Lee Hwi Jae pada 2 putra kembarnya, Seo Jun dan Seo Eon. Hasilnya? Anak mereka berani bertemu dokter.

4. Menjaga kebersihan gigi anak bayi, Ki Tae Young aja berani!

menjaga-kesehatan-gigi

Via – Monolonely

Yuk, kenalan dengan si pemberani, Ki Tae Young alias ayah Rohee. Kalau banyak orangtua yang kewalahan mengurus kebersihan mulut si kecil, Tae Young justru nggak mau melepaskannya.

Dari makanan hingga kehigienisan Rohee selalu menjadi perhatiannya. Ia bisa membersihkan gigi Rohee yang masih kecil dan belum semua tumbuh. Caranya? Pakai sikat gigi sekaligus teether! Praktis banget! Moms bisa menemukannya di Blibli.com, loh!

5. Sibuk dengan hal lain, Lee Dong Gook “simpan” Daebak di walker

walker

Via – KBS World TV

Walaupun belum lama bergabung di acara (kalau dibandingkan dengan Seo Jun dan Seo Eon), Lee Sian alias Lee Daebak berhasil mendapat banyak perhatian penonton setia. Selain tingkahnya yang lucu, penonton sering memperhatikan sikap ayahnya, pemain bola Lee Dong Gook, yang sering abai terhadap Daebak.

Wajar aja, karena ia masih harus mengurus 4 anak lainnya! Ketika sibuk, solusi Lee Dong Gook adalah “menyimpan” Daebak di walker, sekaligus melatih si kecil berjalan. Blibli.com juga punya, loh yang serupa!

6. Sahabat Lee Da Eul yang lucu dan lembut, Epe

sahabat-lee-da-eul

Via – Dreamers ID

Anak kecil memang paling suka hal-hal yang bertekstur lembut dan menggemaskan. Misalnya anak aktor Lee Beom Soo, Daeul yang nggak bisa lepas dari boneka kesayangannya, Epe.

Asal ada Epe, dia bisa tidur pulas di mana pun. Sayangnya, Epe jadi kotor banget. Lee Beom Soo pun harus “menculik” Epe di tengah malam untuk mencucinya diam-diam. Anak moms sudah punya boneka kesayangannya belum?

7. Belajar melepaskan dot dan beralih ke sedotan

dari-dot-ke-sedotan

Via – Sarang Fan Tumblr

Minum menggunakan dot itu nggak baik kalau sudah menginjak usia balita. Namun, minum dari gelas juga nggak mudah! Jadi, Moms perlu latih mereka secara bertahap.

Pelan-pelan, coba alihkan dot ke sedotan, kemudian gelas anak kecil. Choo Sung Hoon berhasil menerapkannya ke anaknya, Sarang, kok! Moms mulai saja dulu dengan botol bersedotan!

8. Makan dengan peralatan makan dan bangku khusus anak-anak

peralatan-dan-bangku-anak

Via – Netizen Buzz

Kenapa Song Il Gook selalu membuat Daehan-Mingook-Manse makan rapi di atas bangku mereka? Song Il Gook terkenal sebagai ayah yang terorganisir dan sigap. Mungkin ini salah satu caranya menunjukkan kalau segala sesuatu punya tempatnya sendiri. Jadi Si Kembar 3 bisa belajar menjadi rapi dan teratur.

9. Semua ayah setuju kalau main di atas matras lebih aman

main-di-atas-matras

Via – Soompi

Namanya juga anak kecil, pasti buah hati sangat aktif! Entah merangkak, meloncat-loncat, atau lainnya. Sementara lantai keras, matras akan membuat alas bermain mereka jadi lebih lembut. Moms and Dads jadi nggak perlu khawatir si kecil akan memar terbentur lantai atau terpeleset di lantai yang licin. Aman, deh!

Ternyata mengasuh anak bisa lebih mudah, kalau moms dan dads bersabar dan ingin belajar. Semoga trik-trik dari para ayah The Return of Superman bermanfaat ya! Buat moms dan dads yang lagi nyari perlengkapan makan, tidur, dan minum anak, Blibli.com punya segudang koleksi dari Agabang lucu-lucu buat mom dan dads berikan untuk si kecil! Tenang aja, ada tawaran cicilan 0% dan multi-payment, kok. Gratis ongkir lagi!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY