me

Cara Pasang Set Top Box Ke TV LED Praktis, Nggak Butuh Waktu Lama

Jun 07, 2023.By Jarvis
Bagikan

teknologi.bisnis.com
Ini dia cara pasang set top box ke TV LED untukmu!

Cicilan 0% KAM

Dewasa ini, sudah ada banyak orang yang menggunakan set top box untuk dihubungkan dengan TV LED miliknya. Hal ini bisa dilakukan kalau TV LED yang digunakan masih berjenis analog. Pasalnya, set top box merupakan perangkat yang akan mengubah siaran analog menjadi digital. Kalau kamu juga memiliki TV LED serupa, pastikan untuk menghubungkannya dengan set top box, ya!

Kamu mau menghubungkan TV LCD/LED dengan set top box? Ini dia cara pasang set top box ke TV LED yang bisa kamu lakukan.

Baca juga:


Siapkan TV LED analog, set top box, dan remote

Siapkan TV LED analog, set top box, dan remote
blibli.com

Set top box memiliki kinerja seperti converter yang bisa mengubah sinyal digital supaya bisa dibaca oleh TV analog. Untuk itu, pemakaiannya pun sudah banyak dilakukan pada masa kini. Salah satu set top box yang paling banyak diandalkan oleh berbagai kalangan adalah set top box Matrix. Pasalnya, merk set top box yang satu ini sudah dijual secara bebas dengan banyak varian.

Salah satu keunggulan set top box Matrix adalah perangkat ini sudah dilengkapi oleh port khusus yang akan menambahkan dongle Wi-Fi. Untuk itu, resolusi yang dihasilkan pun bisa menjadi full HD dan sinyalnya pun kuat. Oleh karena itu, nggak heran bila set top box ini sudah banyak digunakan dan kamu juga bisa memakainya juga.

Sejumla varian set top box Matrix telah dilengkapi dengan aplikasi bernama Mirroring Meecast. Aplikasi ini akan membantu memungkinkan pengguna menampilkan layar tanpa kabel. Di samping itu, harga set top box ini juga ramah di kantong. Oleh karena itu, pertimbangan untuk menjadikannya sebagai andalan pun bukan menjadi hal yang sulit untuk siapa saja.

Kalau kamu sudah memiliki set top box matrix, pastikan untuk menghubungkannya dengan tepat pada TV LED digital yang disediakan. Cara pasang set top box ke TV LED adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu semua perangkatnya. Kamu bisa menyiapkan TV LED analog, set top box, dan juga remote TV. Pastikan set top box dalam keadaan off meskipun sudah dihubungkan ke sumber listrik.

Sediakan peralatan tambahan

Sediakan peralatan tambahan
freepik.com/author/splitov27

Selain TV LED analog, set top box, dan juga remote TV, kamu juga perlu menyiapkan beberapa peralatan tambahan. Kamu bisa menemukannya pada set top box, bawaan TV, atau membelinya. Beberapa peralatan tambahan tersebut adalah kabel RCA, kabel HDMI, serta antena UHF atau VHV biasa maupun antena digital. 

For your information, kalau kamu ingin mendapatkan jaringan internet, jangan lupa juga untuk menyiapkan dongle Wi-Fi. Hal yang satu ini penting, sehingga dalam pemasangannya kamu juga bisa langsung melakukannya. Oleh karena itu, pastikan semua peralatan yang dibutuhkan sudah disiapkan secara tepat.

Hubungkan kabel antena ke set top box

Hubungkan kabel antena ke set top box
blibli.com

Cara memasang set top box Matrix pada TV LED berikutnya adalah tarik kabel antena atau jack. Setelah itu, kamu bisa memasukkannya ke port ‘Ant-In’ yang posisinya ada di bagian belakang set top box Matrix. Kamu bisa melakukan hal yang ini dengan hati-hati. Pastikan juga pemasangannya sesuai dan nggak longgar. Dengan demikian, pemakaiannya pun akan semakin maksimal.

Hubungkan set top box dengan TV LED

Hubungkan set top box dengan TV LED
ukur.com

Kamu bisa menghubungkan set top box Matrix dengan LED. Caranya adalah dengan memakai kabel RCA. Pada umumnya, kamu akan menemukan 3 warna kabel RCA, yaitu merah, kuning, dan juga putih. Kalau sudah menemukannya, kamu dapat menghubungkan kabel RCA ke TV LED sesuai dengan warna yang dihadirkan.

Masukkanlah kabel RCA ke port yang sesuai. Pastikan pemasangannya nggak longgar untuk mendukung fungsi dan kinerja set top box yang dihubungkan ke TV LED milikmu. Jadi, cek lagi kerapatannya sebelum kamu mengikuti langkah berikutnya.

Nyalakan TV LED

Nyalakan TV LED
pontianak.tribunnews.com

Setelah semua cara menghubungkan set top box Matrix pada TV LED di atas sudah kamu lakukan, maka menyalakan TV LED. Kamu bisa menggunakan remote TV LED sesuai dengan merknya. Setelah layar TV menyala, alihkanlah menjadi mode AV. Setelah itu, tekan tombol ‘Power’ pada set top box Matrix. Kalau sudah, pilih tombol ‘Menu’ dan kemudian pilih ‘Pencarian Saluran’.

Lakukan pencarian saluran

Lakukan pencarian saluran
berita.99.co

Kalau kamu sudah memilih ‘Pencarian Saluran’, maka pilih tombol ‘Pencarian Otomatis’. Setelah itu tunggu selama beberapa menit. Pada proses ini, layar TV akan mulai menampilkan berbagai channel yang sudah berhasil ditangkap oleh set top box. Kamu bisa menunggunya sampai terkumpul banyak. Sambil menunggu, coba cek seperti apa hasil tampilan channel yang didapatkan.

Biasanya kamu juga akan menemukan jumlah channel yang berbeda-beda di setiap daerah. Maka dari itu, kamu bisa mencari tahu berapa banyak channel yang akan didapatkan di daerah tempat tinggalmu. Kalau channel yang didapatkan belum lengkap, kamu bisa mengulangi proses pencariannya untuk hasil yang lebih maksimal.

Setelah kamu berhasil memindai dan mendapatkan channel yang sesuai keinginan, maka simpan saluran tersebut. Hal ini akan membantu kamu lebih mudah untuk menyaksikannya setiap saat. Pastikan juga untuk mendapatkan gambar yang sesuai dengan keinginan supaya menyaksikan berbagai tayangan terasa semakin memuaskan.

Atur posisi set top box rapikan kabel

Atur posisi set top box rapikan kabel
berita.99.co

Jika semua proses di atas sudah selesai, kamu bisa melakukan langkah terakhir. Pastikan untuk mengatur posisi set top box agar lebih enak dilihat dan tentunya terlihat rapi. Pada umumnya set top box akan diletakkan nggak jauh dari TV LED. Hal ini dilakukan supaya kinerjanya tetap maksimal dan kabel-kabelnya bisa terhubung dengan baik. Jadi, jangan terlalu jauh untuk meletakkannya.

Setelah mengatur posisi set top box, jangan lupa merapikan kabelnya. Kabel yang dihubungkan dari set top box Matrix ke TV LED bisa kamu atur supaya nggak membuatnya terlihat kurang rapi. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan hal ini supaya kabel nggak tersenggol atau tertarik, yang membuat set top box milikmu terjatuh.

Langkah terakhir yang satu ini nggak membutuhkan waktu lama. Tapi, pastikan kamu teliti dan cermat dalam melakukannya. Dengan begitu, peletakannya akan rapi dan enak dilihat.


Baca juga:

Blibli Friends sudah tahu cara pasang set top box ke TV LED. Kamu juga bisa membeli produk yang satu ini melalui Blibli. Di sini sudah ada juga beraneka pilihan produk kategori Peralatan Elektronik yang bisa kamu beli. Prosesnya singkat dan nggak membutuhkan waktu lama. Di sini juga tersedia gratis ongkir dan pengiriman cepat, sehingga kamu pun akan semakin puas berbelanja.