me

8 Cara Setting Kamera iPhone 13, Foto dan Video Jadi Makin Ciamik

Jun 24, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com
8 cara setting kamera iPhone 13, foto dan video semakin oke

Cicilan 0% Gadget

Blibli Friends, ngaku, deh, sejak pakai sampai sekarang sudah tahu gimana cara setting kamera iPhone 13 belum, nih? Well, sebagai salah satu seri terbaik saat ini, iPhone 13 memang dikenal jago di sektor kamera. Tapi sayangnya, cukup banyak pengguna nggak paham triknya agar foto dan video berkualitas. So, bagaimana cara mengatur kamera di iPhone 13 saya?

Tapi sebelum itu, intip dulu iPhone 13 menggunakan kamera apa? Spesifikasi kamera iPhone seri 13 disebut-sebut termasuk jempolan untuk keluaran tahun 2021, tepatnya pada tanggal 14 September lalu. Gimana nggak, kamera utamanya dibekali resolusi 12 MP wide-angle dengan aperture f/1.6. Sementara camera Ultra Wide memiliki resolusi 12 MP dengan aperture f/2.4.

Lalu beralih ke kamera depan, ada lensa 12 MP TrueDepth dengan aperture f/2.2. Nah, sudah yakin, kan, kalau berbekal spesifikasi tersebut iPhone 13 sanggup mengambil gambar dan video berkualitas tinggi? Namun cuma karena speknya mantap, bukan berarti kamu tinggal cekrek-cekrek cantik doang. Yuk, cek panduannya agar foto dan video makin ciamik pakai iPhone 13!

Baca juga : 


Aktifkan Grid di Layar

Aktifkan Grid di Layar
pexels.com

Emang, sih, sekilas tampak gampang dilakukan, tapi nyatanya memposisikan obyek foto di kamera cukup tricky, lho. Solusinya simple, nyalakan saja fitur Grid di HP, sehingga layar terpotong jadi 9 bagian, sehingga kamu nggak kesulitan lagi untuk memposisikan orang atau benda yang akan difoto agar komposisinya tampak sempurna memanfaatkan Rule of Thirds.

Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi kamera bawaan iPhone terlebih dahulu. Jangan pernah tergoda pakai aplikasi pihak ketiga, ya. Kemudian setelah itu ketuk ikon Setting atau Pengaturan. Gulir layar hingga kamu menemukan opsi untuk mengaktifkan fitur Grid. Bagaimana iPhone 13 yang menghasilkan gambar terbaik? Salah satu caranya dengan trik ini.

Gunakan Mirror Front Camera

Gunakan Mirror Front Camera
freepik.com

Hasil foto selfie yang tersimpan di memori HP iPhone seri 13 akan berbeda karena terbalik dari yang kamu lihat di layar kamera. Tahu nggak, sih, kalau ternyata hal ini bukannya nggak sengaja, lho. Dan tujuannya adalah agar ketika ada tulisan yang ikut terpotret maka bisa terbaca seperti aslinya tanpa ada efek terbalik.

So, jika ingin objek di foto sama seperti yang terlihat di preview kamera, kamu bisa mengaktifkan fitur Mirror Front Camera, Blibli Friends. Cara menyalakan fitur ini di kamera ponsel besutan Apple sangat mudah. Kamu bisa mengganti pengaturan kamera dengan masuk ke menu Camera App dan pilih opsi Composition Selection.

Wide Angle Panorama

Wide Angle Panorama
freepik.com

Opsi Panorama hadir untuk memotret dengan kamera utama iPhone. Cobalah beralih ke Wide Angle pada mode Panorama untuk mendapatkan foto panorama dengan tampilan yang lebih luas. Eits, tapi bukan cuma itu saja kegunaannya. Masih ada hal menarik lain untuk kamu praktekkan agar bisa dapatkan foto yang terlihat lebih berkualitas.

Pengaturan yang sama dapat kamu gunakan untuk mengambil foto selfie Panorama Sudut Lebar. Caranya, buka aplikasi kamera, lalu pilih Panorama Mode dan beralihlah ke lensa Wide Angle. Ambil foto selfie dengan tombol Volume sambil mengarahkan kamera belakang ke arahmu, kemudian putar untuk menyempurnakan bidikan.

Pilih Mode Portrait

Pilih Mode Portrait
freepik.com/wirestock

Portrait Mode yang ada pada kamera iPhone 13 disarankan untuk kamu jika ingin mengambil foto bokeh suatu objek. Alasan yang paling sering kenapa mode ini diaktifkan adalah untuk memberikan tampilan lebih menarik dan estetik pada hasil akhir foto pada memotret objek benda kesayangan, seperti manusia atau hewan peliharan.

Untuk mengaktifkan Portrait Mode di kamera nggak ribet, kok. Kamu tinggal masuk ke aplikasi kamera bawaan di ponsel, kemudian pilih ikon mode Portrait yang muncul di layar. Kemudian ambillah foto dari sudut terbaik agar terlihat lebih estetik dengan nuansa bokeh di bagian latar dari objek. Kamu bisa berlatih memotret objek dengan mode ini sesering mungkin.

Setting Macro Control

Setting Macro Control
freepik.com

Kamera pada handphone besutan Apple dari seri iPhone 13 ke atas biasanya dibekali fitur Macro otomatis. Dengan begitu pengguna jadi nggak perlu ribet-ribet lagi mengatur settingan kamera saat ingin memotret objek dalam jarak sangat dekat untuk mengambil detail yang tajam. Tapi nggak jarang pengaturan ini kurang disukai pengguna.

Bahkan nggak sedikit yang merasa terganggu dengan adanya settingan Macro secara otomatis. Tapi untungnya, kamu bisa mengatur dan mengubah pilihan Macro Control pada aplikasi kamera menjadi manual. Dan setiap kamu memerlukannya, tinggal disesuaikan pengaturannya dengan masuk ke menu kamera iPhone.

Buat GIF

Buat GIF
freepik.com

Cara setting kamera iPhone 13 selanjutnya nggak kalah seru untuk dicoba, nih, Blibli Friends. Yaitu dengan membuat GIF dari foto yang kamu ambil pakai kamera perangkat besutan Apple. Gimana panduan mengambil foto beruntun dan buatlah jadi GIF? Mulailah dengan masuk ke aplikasi kamera, lalu pilih tombol rana, gulir ke kiri tanpa melepasnya.

Ambil Foto Burst sejumlah bidikan yang diperbolehkan dan jangan lupa cek bagaimana cara agar kamera iPhone 13 saya fokus? Tutup kamera, lalu buka aplikasi Pintasan. Cari pilihan Konversi Burst ke GIF. Tambahkan pintasan. Buka tab Pintasan, klik Konversi Burst ke GIF, jangan lupa pilih foto burst untuk dibuat GIF. Lalu terakhir, simpanlah hasilnya di perangkat.

Ubah Resolusi Video

Ubah Resolusi Video
freepik.com

Ketika akan merekam video, pastikan kamu nggak lupa untuk menyesuaikan resolusi agar hasilnya terlihat lebih keren. Sesuaikan resolusi dengan tujuanmu mengambil video. Sebagai contoh, resolusi terbaik untuk video gerakan lambat adalah 1080 piksel dengan 240 fps. Pengaturan ini akan membuat hasil video slow motion-mu tampak berkualitas, lho.

Jika kamu penasaran, apakah iPhone 13 sudah ada fitur Cinematic? Yes, resolusi 4k di pengaturan Cinematic Video bisa kamu aktifkan jika ingin merekam gambar dengan nuansa yang terkesan epik sekaligus glamor. Ada banyak pilihan resolusi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan di Handphone & Tablet.

File Disimpan dalam Format ProRAW dan ProRes

File Disimpan dalam Format ProRAW dan ProRes
makeuseof.com

Dipopulerkan oleh iPhone 12 dan dilanjutkan oleh seri terbaru, kamu kini bisa menyimpan file foto dalam format RAW yang merupakan format awal foto tanpa melalui proses perubahan sedikit pun, berbeda dengan format JPEG, JPG atau lainnya. Menyimpan file dalam format ini akan memudahkan mengedit hasil foto di perangkat.

Nggak lupa, selain menyematkan mode Pro, Apple juga memberikan pilihan kepada penggunanya agar bisa menyimpan file rekaman video dalam format ProRes. Sedikit bocoran, nih, Blibli Friends, video yang di-save dalam format ini memiliki kualitas resolusi yang paling maksimal, karena nggak mengalami reduksi piksel.


Baca juga : 

Itulah 8 cara setting kamera iPhone 13 yang perlu kamu praktikkan agar bisa memotret dan merekam video dengan tampilan lebih ciamik untuk dibagikan ke media sosialmu. Dan buat yang belum kesampaian memiliki smartphone kece besutan Apple untuk mempraktekkan tios bagaimana cara mengaktifkan mode Pro di iPhone 13 saya? Cuss langsung ke Blibli.

Buruan ambil penawaran Blibli Gadget Cicilan 0%, Blibli Friends. So, memiliki ponsel impian nggak sekedar mimpi lagi. Udah nggak perlu lagi mikir kapan tabungan cukup atau pusing menghitung bunga setiap bayar cicilan. Karena di Blibli, kamu nggak butuh syarat serba ribet untuk beli smartphone dengan kredit. Kapan lagi dapat promo menarik jelang Lebaran, ya, kan?