me

6 Cara Screenshot Samsung A52 Terlengkap dan Mudah

Feb 02, 2024.By Jarvis
Bagikan

naldotech.com
6 cara screenshot Samsung A52 terlengkap 2024

Cicilan 0% Handphone Tablet

Samsung Galaxy A Series jadi salah satu andalan merk asal Korea Selatan ini. Harganya terjangkau tapi punya spesifikasi hardware yang ciamik. Nah, salah satu produk yang banyak diminati yaitu Samsung A52. 

Series Galaxy A ini nggak cuma punya hardware yang ciamik, fitur dan softwarenya juga nggak kalah bagus lho. Nah buat kamu yang penasaran sama HP ini, wajib banget simak penjelasan lengkap tentang cara screenshot Samsung A52 di bawah ini.

Baca juga :


Kombinasi Tombol Fisik

youtube.com/@TANSAFTECH

Screenshot Samsung tekan apa? Salah satu cara yang paling sering dipakai dan cukup mudah untuk screenshot tampilan layar Samsung A52 yaitu dengan menekan tombol power dan volume bawah bersama-sama. Kamu bisa tekan kedua tombol tersebut sekaligus. Otomatis nantinya HP kamu bakal menangkap layar yang sedang tampil dan menyimpan fotonya di Galeri. 

Screenshot ini juga bisa dibuat lebih panjang dari normal lho, Blibli Friends. Ada sedikit tips dan trik nih buat tangkapan layar yang lebih panjang. Caranya nggak sulit kok, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, tekan bersama-sama tombol volume bagian bawah dan power di Samsung A52 kamu
  • Setelah itu, akan muncul Pop Up Window berwarna hitam yang ada di bawah layar HP kamu 
  • Di dalam Pop Up Window ada beberapa pilihan, klik icon panah ke bawah (scroll capture) yang ada di sisi kiri
  • Kemudian scroll layar HP kamu, sesuai tampilan mana yang ingin kamu screenshot
  • Kalau sudah ok, klik opsi Back lalu gambar akan tersimpan otomatis di Galeri HP kamu

Memakai tombol fisik untuk screenshot memang simple dan nggak perlu mengubah pengaturan di HP kamu. Tetapi, sebaiknya ini jangan terlalu sering dilakukan ya, Blibli Friends. Tombol fisik bisa jadi cepat rusak. Jadi, sebaiknya saat kamu ingin screenshot pakai fitur lainnya yang disediakan oleh Samsung. 

Gesture

youtube.com/@TANSAFTECH

Selain memakai kombinasi tombol fisik, kamu juga bisa pakai gesture untuk screenshot di Samsung A52 nih. Fitur ini kabarnya cuma tersedia di HP Samsung Series menengah ke atas lho, seperti tipe A52 ini. Fitur ini harus kamu aktifkan lebih dulu sebelum memakainya. Berikut ini cara mengaktifkannya :

  • Masuk ke dalam menu “Settings” di HP Samsung A52 kamu
  • Klik opsi “Advanced Features”
  • Kemudian pilih opsi “Motion and Gesture”
  • Pilih opsi “Palm Swipe to Capture” dengan menggeser tombol yang ada di sampingnya ke kanan sampai warnanya berubah ke biru

Kamu bisa langsung coba memakainya setelah menyelesaikan langkah-langkah tadi. Kamu bisa mengusap layar ponsel memakai telapak tangan di sisi kanan saja. Bentuknya seperti ingin memotong dengan tangan. Usap dari kanan ke kiri. Sebagai tambahan, fitur ini hanya bisa kamu pakai saat keyboard sedang tidak muncul di layar. 

Assistant Menu

youtube.com/@captrongnam

Selain dengan Palm Swipe atau Gesture, untuk screenshot di HP Samsung kamu juga bisa memakai Assistant Menu. Menu asisten ini perlu kamu aktifkan lebih dulu sebelum dipakai, sama seperti dengan memakai gesture. 

Dimana pengaturan screenshot di HP Samsung? Nah, untuk mengaktifkan fitur screenshot ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah :

  • Buka menu “Settings” di HP Samsung kamu
  • Pilih opsi “Accessibility”
  • Klik pilihan “Interaction and Dexterity”
  • Setelah itu aktifkan opsi “Assistant Menu”
  • Setelah kamu aktifkan, di layar HP nantinya ada bulatan yang melayang

Kamu bisa klik bulatan yang melayang tersebut kalau ingin screenshot tampilan layar yang sedang muncul. Setelah klik bulatan, pilih opsi Screenshot. Otomatis layar akan dicapture dan hasil foto akan langsung masuk ke Galeri HP Samsung A52 kamu. 

Panel Edge

youtube.com/@Tech2touch

Selain Gesture dan Menu Asisten, fitur screenshot tanpa memakai tombol fisik lainnya di HP Samsung A52 yaitu Panel Edge. Panel Edge jadi salah satu cara screenshot yang mudah banget, di mana kamu cukup swipe layar dari salah satu sisi ke tengah. Nah, fitur ini juga harus kamu aktifkan dulu. Berikut ini cara mengaktifkan Panel Edge :

  • Pertama, buka menu “Settings”
  • Pilih opsi “Tampilan”
  • Arahkan lalu aktifkan “Panel Edge”
  • Kemudian Panel Edge yang sudah aktif bakal muncul di sisi layar

Nah, setelah Panel Edge muncul, kamu tinggal swipe panel memakai jari untuk melakukan screenshot. Klik “Ambil Gambar” untuk screenshot tampilan layar di HP kamu.

Kalau icon ambil gambar layar di menu Panel Edge nggak muncul, kamu bisa menambahkan dengan klik ikon Pengaturan di Panel Edge. Setelah itu pilih opsi Cerdas dan Tugas.

Game Launcher

sammobile.com

Game launcher juga bisa kamu manfaatkan untuk mengambil screenshot lho. Nggak jarang banyak orang yang pengen banget screenshot tampilan layar saat sedang main game. Nah, kamu bisa pakai opsi di menu Game Launcher.

Sama seperti beberapa fitur screenshot sebelumnya, kamu harus mengaktifkan dulu sebelum memakainya. Nggak susah kok, berikut ini cara mengaktifkannya :

  • Masuk ke “Pengaturan” di HP kamu
  • Klik opsi “Fitur Lanjutan”
  • Kemudian swipe tombol di sisi pilihan Game Launcher
  • Saat fitur sudah aktif, kamu bisa menemukan opsi Screenshot di dalam Game Launcher

Asisten Virtual

youtube.com/@ESTechno

Selain dengan tombol fisik dan Palm Swipe, kamu juga bisa ambil screenshot dengan suara lho! Kalau di iPhone ada Siri, di Samsung kamu bisa menemukan asisten virtual bernama Bixby. 

Sama seperti fitur screenshot tanpa tombol fisik, kamu harus aktifkan dulu di Pengaturan sebelum bisa memakai Bixby. Nah, bagaimana cara mengaktifkannya? Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke menu “Pengaturan”
  • Kemudian pilih opsi “Pengaktifan Suara”
  • Aktifkan perintah dengan menyalakan opsi “Hi, Bixby”
  • Kemudian aktifkan “Tanggapi Suara Saya” agar suara kamu bisa dikenali oleh Bixby
  • Sistem bakal minta kamu bersuara beberapa kali agar suara bisa dikenali dengan baik

Nah, setelah langkah-langkah tadi selesai dilakukan, kamu bisa langsung coba menangkap layar yang diinginkan dengan suara. Cara screenshotnya nggak sulit kook. Pertama, ucapkan “Hi, Bixby” lalu tunggu sampai Bixby merespon suara kamu. Setelah itu ucapkan “Took a Screenshot”. 

Ketika suara kamu sudah dikenali oleh Bixby, setelah perintah “Took a Screenshot”, otomatis layar akan di capture lalu gambar akan tersimpan otomatis di Galeri HP Samsung A52 kamu.


Baca juga :

Itu dia 6 cara untuk screenshot di HP Samsung A52 kamu, simple dan banyak banget. Kamu nggak perlu sering-sering screenshot dengan tombol fisik supaya nggak cepat rusak. Nah, kalau kamu sekarang lagi cari handphone & tablet, coba buka Blibli deh. Di Blibli ada banyak banget lho pilihan gadget terbaru di toko terpercaya. Yuk, buka Blibli sekarang juga!

Tag: