me

5 Cara Screenshot Samsung A50 Terlengkap dan Mudah

Feb 02, 2024.By Jarvis
Bagikan

appslova.com
5 Cara screenshot Samsung A50 tahun 2024

Cicilan 0% Handphone Tablet

Samsung A50 sudah rilis di Indonesia sejak bulan Maret 2019 yang lalu, di mana begitu dirilis peminatnya banyak banget nih. Nggak heran sih, karena spesifikasi software, hardware dan fitur-fiturnya lengkap dan menarik banget. 

Smartphone yang memakai sistem operasi Android 10 ini juga sudah memakai One UI 2.5 dan punya kapasitas baterai 4.000 mAh. Nah, selain fitur dan kecanggihan teknologi di dalamnya, beberapa orang juga penasaran soal cara screenshot di HP ini. Nah, di bawah ini ada penjelasan detail tentang cara screenshot Samsung A50. Simak yuk!

Baca juga :


Kombinasi Tombol

youtube.com/@WorldofTech

Cara pertama yang paling mudah dan sering dipakai yaitu menekan tombol power dan volume bagian bawah secara bersamaan. Kalau kamu menekan dua tombol ini, otomatis smartphone kamu bakal menangkap layar dan menyimpannya ke galeri. 

Ada sedikit tips nih buat kamu yang ingin screenshot layar chatting mulai dari awal sampai akhir. Istilah yang sering dipakai adalah screenshot panjang. Nah, untuk melakukan screenshot panjang kamu bisa memakai kombinasi tombol ini. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, tekan tombol power dan volume bawah di Samsung A50 kamu
  • Kemudian di bagian bawah bakal muncul Pop Up Window berwarna hitam yang menunjukkan beberapa pilihan
  • Klik pilihan Scroll Capture dengan logo tanda panah ke bawah, di sebelah kiri dekat icon gambar
  • Setelah itu scroll layar HP kamu ke bawah supaya bisa screenshot seluruh layar HP
  • Cek lebih dulu hasil screenshot, sudah sesuai yang diinginkan atau belum
  • Kalau sudah oke, pilih opsi Back supaya tangkapan layar tersimpan ke galeri kamu

Beberapa orang banyak yang penasaran, bagaimana cara screenshot dengan 3 jari? Sayangnya sampai saat ini Samsung masih belum memakai fitur ini. Samsung sendiri punya banyak fitur lain untuk menangkap layar, seperti Menu Asisten, kombinasi tombol, Palm Swipe dan memanfaatkan asisten virtual bernama Bixby.

Menu Asisten

youtube.com/@InsomniaProject

Selain memakai kombinasi tombol power dan volume, kamu juga bisa memakai menu asisten untuk melakukan screenshot di Samsung A50. Kamu perlu mengaktifkan dulu menu asisten ini sebelum bisa memakainya nih, Blibli Friends. 

Lalu, pertanyaan berikutnya dimana letak pengaturan screenshot di Samsung? Nah, untuk menu asisten ini bisa kamu temukan di Pengaturan. Cara untuk mengaktifkan menu asisten ini yaitu sebagai berikut :

  • pertama kamu masuk dulu ke “Pengaturan”
  • Setelah itu klik opsi “Aksesibilitas”
  • Kemudian pilih “Interaksi dan Kecekatan”
  • Aktifkan tombol geser yang terletak di sisi kanan Menu Asisten

Setelah melakukan langkah-langkah tadi, otomatis Menu Asisten kamu sudah aktif. Kalau sudah aktif, kamu bisa menemukan bola melayang di kanan layar HP Samsung A50 yang mirip seperti assistive touch di HP iPhone. Di bagian bola itu ada gambar kotak 4 biji yang terlihat seperti angka empat di dadu. 

Kalau kamu mau menangkap layar dengan Menu Asisten ini, kamu cukup klik atau sentuh bola melayang itu. Setelah itu pilih opsi Gambar Layar untuk screenshot layar. 

Palm Swipe to Capture

youtube.com/@InsomniaProject

Samsung A50 punya banyak banget pilihan screenshot yang bisa kamu pakai, salah satunya yaitu Palm Swipe to Capture. Nah, fitur ini cuma tersedia di HP Samsung dengan kelas menengah ke atas lho, termasuk tipe A50. 

Fitur ini harus diaktifkan lebih dulu sebelum bisa dipakai, seperti Menu Asisten. Cara mengaktifkannya seperti berikut :

  • Pertama, buka menu “Settings’ di HP Samsung A50 kamu
  • Kemudian pilih opsi “Advanced Features”
  • Setelah itu klik menu “Motion and Gesture”
  • Klik pilihan “Palm Swipe to Capture”. Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan

Setelah kamu mengaktifkan fitur ini, kamu bisa langsung mencobanya. Caranya nggak sulit kok, kamu cukup mengusap layar HP Samsung A50 kamu memakai sisi kanan telapak tangan. Usap layar dari kanan ke kiri. Pastikan keyboard sedang nggak dipakai atau muncul ya, karena Palm Swipe to Capture hanya bisa dipakai saat keyboard tidak muncul di layar. 

Game Launcher

youtube.com/@knowledgeinhindi7911

Siapa yang kaget melihat tulisan Game Launcher di sini? Nggak heran, karena banyak juga yang belum tahu kalau Game Launcher juga bisa dipakai untuk screenshot lho, Blibli Friends. Salah satu kekurangan tapi juga keunikan dari cara ini adalah, hanya bisa dipakai saat sedang membuka aplikasi game. Jadi, kamu bisa screenshot layar saat sedang main game. 

Nah, sama seperti fitur sebelumnya, kamu tetap perlu mengaktifkan dulu fitur ini sebelum bisa memakainya. Cara mengaktifkannya juga nggak sulit kok, yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, masuk ke menu “Pengaturan”
  • Kemudian pilih opsi “Fitur Lanjutan”
  • Setelah itu swipe tombol yang ada di samping opsi Game Launcher
  • Kalau sudah aktif, kamu bisa langsung membuka aplikasi game dan klik icon Game Launcher. Di dalamnya ada opsi Screenshot yang bisa kamu pakai

Nggak jarang kita sering pengen banget menyimpan progress game atau hasil permainan yang bagus. Nah, kamu nggak perlu bingung nih, karena bisa juga kok screenshot saat lagi main game dengan mengaktifkan fitur screenshot. Asal kamu memakai aplikasi game launcher yang dimiliki Samsung ya. 

Asisten Virtual

youtube.com/@AndroidBuddyy

Selain dengan Palm Swipe, kombinasi tombol, kamu juga bisa pakai suara untuk screenshot di Samsung A50 lho! Wah, canggih banget ya? Fitur ini mirip seperti Siri di iPhone sebagai asisten virtual. Di Samsung, asisten virtual ini bernama Bixby. 

Caranya juga nggak sulit kok, Blibli Friends. Sama seperti beberapa fitur screenshot sebelumnya, kamu juga harus mengaktifkan dulu asisten virtual ini supaya bisa menangkap layar dengan suara. Bagaimana cara mengaktifkan screenshot HP Samsung? Begini cara mengaktifkannya :

  • Pertama-tama masuk ke menu “Pengaturan”
  • Setelah masuk, pilih menu opsi “Pengaktifan Suara”
  • Kemudian aktifkan perintah dengan menyalakan pilihan “Hi, Bixby” 
  • Setelah itu aktifkan opsi “Tanggapi Suara Saya” supaya Bixby bisa mengenali suara kamu
  • Sistem kemudian bakal meminta kamu bersuara beberapa kali. Ini dilakukan supaya Bixby bisa mengenali suara kamu

Kalau kamu sudah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, kamu bisa langsung coba screenshot dengan suara. Caranya, ucapkan “Hi Bixby”. Ketika sudah ada respon dari Bixby pada suara kamu, ucapkan “Took a Screenshot”. 

Setelah perintah dari kamu, di mana suaranya sudah dikenali oleh Bixby kemudian tampilan layar yang sedang muncul bakal di screenshot. Hasil screenshot secara otomatis bakal masuk dan tersimpan di Galeri smartphone Samsung A50 kamu. Gimana, simple kan caranya?


Baca juga :

Nah, itu dia 5 cara mudah untuk screenshot di HP Samsung A50 kamu. Samsung punya banyak banget fitur untuk screenshot, mulai dari kombinasi tombol sampai dengan memakai suara. Buat kamu yang lagi cari handphone & tablet, pengen banget ganti yang baru, bisa buka Blibli nih. Di Blibli ada banyak banget promo dan produk terpercaya lho! Yuk, kunjungi Blibli sekarang juga!

Tag: