me

Cara Reset MacBook, Mudah dan Cepat!

Jun 10, 2024.By Jarvis
Bagikan

pexels.com

Blibli Friends tentunya sudah nggak asing dengan istilah reset dimana jika ditinjau dari pengertiannya adalah mengembalikan ke keadaan awal. Reset ini banyak macam dan cara yang perlu dilakukan sesuai dengan tipe laptop maupun Hp. Kamu yang pengguna Macbook wajib banget tahu cara reset MacBook.

Baca juga: Rekomendasi Produk Lenovo Terbaik


 

Cara Reset Macbook

Bagaimana cara untuk reset MacBook biar bisa berfungsi dengan baik kembali? Biar nggak penasaran kamu bisa langsung cek penjelasannya di bawah ini:

Cara reset dengan factory reset

Cara reset pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan factory reset. Perlu dipahami kalau cara ini memang merupakan cara krusial dimana tingkat kerusakan atau cara-cara yang digunakan biasanya sudah nggak berfungsi lagi. Hanya saja sebagai konsekuensinya data-data yang ada di dalamnya bakalan hilang.

Sehingga direkomendasikan untuk melakukan backup atau mencadangkan semua data yang ada biar nantinya tetap bisa diakses meskipun sudah direset. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Jika MacBook dalam keadaan mati kamu perlu menyalakannya dengan menekan tombol R dan CMD secara bersamaan.
  • Selanjutnya pilih “Recovery HD”
  • Pilih “Disk Utility”
  • Tekan tombol “Erase” untuk melakukan penghapusan. Jika sudah kamu bisa menutup kembali disk utility tersebut.
  • Lakukan proses install ulang sampai semua prosesnya selesai dilakukan.

Lama nggaknya proses ini juga beragam tergantung banyaknya data yang perlu dihapus. Semakin banyak yang dihapus maka proses resetnya membutuhkan waktu lebih lama.

Cara reset bagian baterai

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk reset adalah melalui bagian baterainya. Cara ini cocok banget digunakan untuk Macbook yang tiba-tiba lelet atau macet sehingga ketika ditekan tombol apapun nggak akan ngaruh. Namun kamu nggak perlu khawatir karena bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini:

  • Jangan lupa untuk cek terlebih dahulu tipe MacBook yang kamu miliki, apakah baterai yang digunakan tertanam atau bisa dilepas pasang. Jika ternyata baterainya lepas pasang makan kamu bisa melanjutkan cara-caranya.
  • Cobalah untuk melepas baterainya sekitar 5 menitan kemudian pasang kembali dengan benar nanti.
  • Masuk ke bagian Management Control atau SMC untuk membuat pengaturan pada power dan kipas. Dalam hal ini kamu perlu melakukan riset biar nggak sampai salah dalam memperbaiki kesalahan atau kerusakan yang ada di dalam baterainya.
  • Kembali ke tombol power dimana kamu perlu menekannya selama 5 detik dan lepaskan listrik yang masih menyala.
  • Lakukan pemasangan ulang baterai yang telah dilepas dengan benar. Untuk pemasangannya ini jangan sampai salah atau longgar karena bisa membuat Macbook milikmu nggak bisa menyala.

Cara reset dengan sistem pengaturan RAM (PRAM)

Cara ketiga yang bisa kamu pertimbangkan untuk reset MacBook adalah dengan menggunakan sistem pengaturan RAM atau PRAM. Cara ini dianggap cukup ringan apalagi untuk MacBook yang memang kapasitas RAM yang dimilikinya cenderung kecil. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Matikan MacBook milikmu jika keadaannya memang masih menyala. Cara mematikannya bisa menggunakan menu Apple namun bisa juga langsung menekan bagian power dan tahan selama sepuluh detik. Hanya saja untuk tombol power ini lebih baik digunakan jika Macbook dalam keadaan macet.
  • Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat Macbook ini mati adalah dengan menekan beberapa formula untuk paduan power dengan tombol seperti Cmd, Opt, P dan R secara bersamaan.
  • Tekan kembali keempat tombolnya sambil terdengar suara pertanda Macbook menyala
  • Selanjutnya kamu bisa masuk ke dalam pengaturan MacBook dan atur RAM serta penyimpanan biar Macbook milikmu menjadi lebih enteng.

Cara reset dengan keluar akun

Seperti yang dipahami bahwa penggunaan MacBook memang identik dengan adanya pengadaan akun di dalamnya sebagai bukti bahwa kamu adalah pemiliknya. Sehingga ketika akan berpindah tangan atau dijual kembali tentu kamu harus menghapus akun sehingga semua data yang kamu miliki nggak akan disalahgunakan.

Adapun beberapa langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke dalam MacBook kemudian buka salah satu aplikasi yang terpasang.
  • Masuklah ke bagian “Akun” pilih “Otorisasi dan Batalkan Otorisasi Komputer”.
  • Masukkan Apple ID dan kata sandi ke dalamnya jangan sampai salah dan klik “Deauthorize.”
  • Kemudian matikan juga fitur “Cari Mac saya” dengan masuk ke bagian panel kiri dan buka “Preferensi Sistem” pilih “ID Apple” dan pilih “iCloud” dan hapus centang “Temukan Mac saya”.
  • Matikan pemberitahuan pesan dengan masuk ke bagian “buka pesan” pilih “Preferensi” dan klik tab “iMessage” dan pilih “Keluar”

Cara reset sambungan dan NVRAM

Cara reset kelima yang bisa kamu lakukan adalah menghapus sambungan dan NVRAM. Adapun beberapa langkahnya bisa dilihat sebagai berikut:

Masuk ke “System Preference” dan pilih “Bluetooth” arahkan kursor menuju akses pemasangannya dan putuskan. Caranya adalah dengan menekan tanda “X” lalu pilih “Remove”.

Kemudian matikan MacBook milikmu kemudian pilih tombol “Option, Command, P dan R” secara bersamaan dan lepas setelah 20 detikan. Cara ini bakalan membersihkan atau mereset NVRAM milikmu sehingga menjadi lebih kencang dan longgar ketika digunakan.


Baca juga: Spesifikasi Lenovo Ideapad Slim 3, Yuk Cek di Sini!

Blibli Friends bisa langsung mencoba salah satu cara reset dari MacBook yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan masalahmu. Dapatkan banyak rekomendasi MacBook terbaik tentunya hanya di Blibli saja. Yuks cek semuanya sekarang juga!