Sssst, Ini Syarat dan Cara Pindah Kewarganegaraan

Sumber: pexels.com

Syarat dan Cara Pindah Kewarganegaraan — Media sosial saat ini sedang diramaikan dengan cuitan protes netizen terhadap kebijakan pemerintah yang baru. Diantara banyaknya cuitan kekecewaan yang bermunculan, nggak sedikit dari masyarakat Indonesia yang terbesit keinginan untuk pindah kewarganegaraan. Bahkan, beberapa dari mereka sudah membuat daftar negara mana yang ingin mereka pilih saat pindah kewarganegaraan, lho.

Terlepas dari keseriusan cuitan tersebut, syarat dan cara pindah kewarganegaraan sudah diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2007. Blibli Friends penasaran bagaimana syarat dan caranya? Langsung saja, yuk simak ulasan berikut.

BACA JUGA: Ini Dia 70 Negara Bebas Visa!

______________________________________

Syarat Pindah Kewarganegaraan

Sebelum mencari tahu bagaimana tata cara pindah kewarganegaraan, terlebih dahulu lengkapi persyaratan dan dokumen pendukung apa saja yang diperlukan untuk memenuhi berkas permohonan.

  • Fotokopi akte kelahiran atau surat yang membuktikan kelahiran pemohon yang telah disahkan Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  • Fotokopi KTP yang telah disahkan Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  • Fotokopi akta perkawinan/ buku nikah/ akta perceraian/ akte kematian suami atau istri pemohon yang telah disahkan Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  • Surat keterangan dari perwakilan negara asing mengenai pemohon yang akan menjadi warga negara asing dan kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia.
  • Pas foto pemohon terbaru berukuran 4×6 berwarna, sebanyak enam lembar.

Cara Pindah Kewarganegaraan

Jika seluruh persyaratan di atas sudah kamu lengkapi, kini saatnya kamu mulai mengurus proses berpindahnya kewarganegaraan. Sebelum diputuskan oleh Presiden, pemohon harus melalui pejabat, Menteri Hukum, dan HAM terlebih dahulu.

  • Sebelum membuat surat permohonan pindah kewarganegaraan, kamu harus terlebih dahulu memiliki surat keterangan kepemilikan kewarganegaraan lain. Tanpa adanya surat keterangan ini, kamu nggak bisa gitu saja melepas status WNI.
  • Jika surat keterangan dari negara lain sudah kamu kantongi, kini saatnya kamu membuat sebuah surat permohonan. Surat permohonan kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia ini harus kamu buat dalam bahasa Indonesia pada kertas bermaterai. Secara tertulis, surat harus diajukan pemohon kepada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri. Pada surat permohonan tersebut, setidaknya memuat informasi mengenai nama lengkap, alamat tempat tinggal, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, pekerjaan, hingga alasan berpindah kewarganegaraan.
  • Surat permohonan beserta seluruh persyaratan bisa disampaikan pada perwakilan Republik Indonesia yang berada pada wilayah tempat tinggal pemohon.
  • Perwakilan Republik Indonesia tersebut kemudian akan melakukan pemeriksaan kelengkapan pemohon sebelum kemudian disampaikan kepada Menteri. Proses pemeriksaan berkas kurang lebih akan berlangsung selama 14 hari setelah berkas diterima.
  • Menteri akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap berkas pengajuan pemohon selama kurang lebih 14 hari.
  • Apabila berkas dirasa lengkap dan memenuhi syarat, barulah Presiden yang akan menetapkan keputusan mengenai siapa saja yang akan kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia.
  • Keputusan Presiden akan langsung disampaikan oleh Perwakilan Republik Indonesia kepada pemohon dan disiarkan dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Setelah seluruh proses di atas sudah kamu lalui, kamu pun nggak akan lagi disebut sebagai Warga Negara Indonesia. Selain mengajukan surat permohonan, ada beberapa faktor yang bisa membuatmu kehilangan status WNI secara otomatis, lho. Salah satunya yakni secara sukarela menyatakan sumpah dan janji pada negara asing.

______________________________________

BACA JUGA: Jangan Takut ke Luar Negeri! Ini 5 Negara yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagaimana, sudahkan kamu semakin yakin untuk pindah kewarganegaraan. Jika iya, negara mana yang akan Blibli Friends pilih untuk menggantikan Indonesia? Ingat, persoalan pindah kewarganegaraan ini bukan hal sepele yang bisa dianggap main-main, ya. Selagi kamu memutuskan pilihan, yuk intip ada promo spesial apa saja yang ada di promo harbolnas Blibli. Ssstttt, ada lelang mobil juga, lho!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY