me

Cara Perhitungan Kredit Elektronik di Toko Online

Mar 01, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/stockernumber2
Cek dulu cara perhitungan kredit elektronik di toko online sebelum check out!

Cicilan 0% KAM

Berniat membeli barang elektronik online tapi belum tahu cara menghitung cicilannya? Nggak perlu khawatir, karena cara perhitungan kredit elektronik itu nggak sulit, kok. Kamu bisa menghitungnya dulu sebelum mengajukan kredit, jadi tahu betul berapa cicilan yang harus kamu bayar tiap bulannya. 

Membeli barang elektronik secara kredit via online kini semakin jadi pilihan yang favorit karena praktis banget. Kita nggak perlu keluar rumah, tapi produk elektronik langsung dikirim ke alamat tujuan dan pembayarannya pun nggak bikin kantong kempes. Nah, kalau kamu tertarik, simak cara menghitungnya dulu, yuk. 

Baca juga :


Cara Menghitung Kredit Barang Elektronik 

Saat alat elektronik di rumah rusak tapi belum ada dana tunai untuk membelinya, sekarang kita dimudahkan dengan fasilitas kredit elektronik yang gampang banget didapat. Meski mudah, tapi banyak yang ragu karena khawatir bunganya bakal tinggi dan cicilan per bulannya jadi melambung tinggi. Benar begitu nggak, sih? Nggak juga, kok, asalkan Blibli Friends memilih platform penyedia kredit yang kredibel.

Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cek dulu apakah penyedia kredit tersebut sudah terdaftar dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau berada di bawah pengawasan OJK, maka nggak mungkin penggunanya dikenai bunga yang melebihi aturan OJK, jadi aman deh. Jangan lupa cek ulasan dari pengguna sebelumnya supaya semakin yakin dengan pilihanmu, ya. 

Selain itu, masa tenor juga berpengaruh banget terhadap perhitungan kredit barang elektronik online. Semakin pendek masa tenornya, maka jumlah cicilan per bulan akan semakin besar, tapi kalau ditotal sebenarnya lebih hemat. Sedangkan semakin panjang masa tenornya, maka jumlah cicilan per bulan lebih rendah, tapi kalau ditotal memang lebih besar biaya yang dikeluarkan. 

Hal lain yang perlu diperhitungkan adalah bunga cicilan. Penyedia kredit mungkin memberlakukan bunga cicilan per bulannya. Tenang saja, kalau memilih platform yang terpercaya, bunganya nggak mungkin berlebihan kok. Selain itu, cek juga apakah ada biaya layanan atau biaya administrasi yang berlaku. Biaya admin mungkin nggak seberapa, tapi mempengaruhi ke total cicilan juga, lho. 

Kalau semua sudah dicek, saatnya dihitung. Cara menghitungnya bisa dengan dua cara, yaitu menghitung sendiri atau menghitung dengan fitur simulasi cicilan. Ini dia cara selengkapnya:

1. Menghitung Kredit Barang Elektronik Manual

Menghitung Kredit Barang Elektronik Manual
freepik.com/author/pressfoto

Kalau kamu menghitung dengan manual, maka bagi harga barang dengan masa tenor yang dipilih, misalnya 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Setelah itu, tambahkan dengan bunga cicilan per bulan. Jangan lupa tambahkan juga dengan biaya layanan atau biaya admin, jika ada. 

Pada umumnya, kredit barang elektronik bersifat flat, jadi jumlahnya cenderung tetap setiap bulannya. Tapi supaya lebih jelas, Blibli Friends bisa cek dulu di Syarat & Ketentuan yang diberlakukan penyedia kredit tersebut.

2. Menghitung Kredit Barang Elektronik dengan Simulasi Cicilan

Menghitung Kredit Barang Elektronik dengan Simulasi Cicilan
freepik.com/author/tirachardz

Cara yang kedua ini jauh lebih mudah. Biasanya penyedia kredit sudah menghadirkan fitur simulasi cicilan. Jadi, kita cukup memilih produk yang akan dibeli, lalu pilih masa tenornya, dan fitur ini akan menghitung secara otomatis untuk kita. Hasilnya sudah lengkap dengan semua biaya, jadi kita tahu berapa yang harus dibayar per bulan sampai lunas. Praktis, kan?

Cara Perhitungan Kredit Elektronik di Blibli

Cara Perhitungan Kredit Elektronik di Blibli
liputan6.com

Salah satu rekomnendasi kredit barang elektronik yang jelas kualitasnya, kredibel, dan terpercaya adalah Blibli. Apalagi khusus untuk gadget dan elektronik, sedang ada program 0% Bebas Biaya Cicilan 0% Hingga 24 Bulan dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit. Lebih menguntungkan, karena nggak perlu bayar biaya layanan lagi. 

Cara menghitung kredit elektronik di Blilbi dengan menggunakan kartu kredit hampir sama dengan cara di atas. Kamu bisa pilih tenornya, antara 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 18 bulan, dan paling lama 24 bulan. Jangan lupa hitung bunganya yang jumlahnya berbeda-beda dari setiap bank penerbit kartu kredit. Sementara itu, untuk biaya layanan alias biaya administrasi sudah pasti 0%, jadi nggak perlu dihitung.

Berikut ini detail tenor cicilan kartu kredit yang tersedia di Blibli berdasarkan bank penerbitnya:

Cicilan 0%3 Bulan6 Bulan9 Bulan12 Bulan18 Bulan24 Bulan
BCA
BNI
BJB
BSI
BTPN
Bukopin
CIMB NIAGA
Danamon
DBS
HSBC
Mandiri
Mayapada 
Maybank
MEGA
MNC
OCBC
PANIN
PERMATA
Sinarmas
UOB

Selain dengan menghitung kredit secara manual, Blibli juga sudah menyediakan simulator cicilan yang cara menghitungnya lebih mudah. Kalau sudah menghitung dengan pasti berapa cicilan kamu, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan kartu kredit untuk pembelian barang elektronik di Blibli. Ini dia cara selengkapnya:

  • Masuk ke situs/aplikasi Blibli
  • Klik widget Cicilan 0%
  • Pilih salah satu produk yang ada di segmen Peralatan Elektronik
  • Jika sudah yakin, lanjutkan ke pembayaran
  • Di kolom Pilih Metode Pembayaran, klik tombol biru di kanan bawah bertuliskan Bayar Sekarang
  • Pilih pembayaran dengan kartu kredit
  • Masukkan detail kartu kredit kamu seperti nomor kartu, masa berlaku, dan CCV
  • Pilih bayar penuh atau cicilan dan pilih masa tenor yang sesuai dengan kenyamananmu
  • Klik tombol Bayar yang ada di kanan bawah
  • Situs/aplikasi Blibli akan meminta OTP yang dikirimkan bank penerbit kartu kreditmu 
  • Setelah menerima SMS kode OTP, masukkan kodenya (ingatlah bahwa kode OTP nggak boleh diberikan kepada siapa pun juga)
  • Jangan tutup halaman situs/aplikasi Blibli sampai seluruh proses transaksinya selesai, untuk meyakinkan prosesnya sudah benar-benar tuntas.

Baca juga :

Nah, itu dia cara perhitungan kredit elektronik secara manual dan menggunakan simulator cicilan. Kalau ingin kredit yang terjamin kredibilitasnya, yuk ajukan kredit peralatan elektronik di Blibli! Sedang ada program 0% Bebas Biaya Cicilan 0% Hingga 24 Bulan, jadi lebih hemat!