me

Cara Penggunaan Vitamin B1 untuk Tanaman

Feb 20, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Via : pexels.com

Blibli Friends suka merawat tanaman atau sedang bekerja di bidang yang berkaitan dengan perawatan tanaman? Salah satu cara untuk membuat tanaman sehat dan tumbuh subur adalah dengan memberikannya tambahan vitamin. Seperti halnya dengan cara penggunaan Vitamin B1 untuk tanaman yang tepat.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Pupuk Bunga, Cek Yuk!

BBF HOM Gardening


Promo 2 Jam Sampai

Cara Penggunaan Vitamin B1 untuk Tanaman yang Baik dan Benar

Kamu tentunya tahu bahwa penggunaan vitamin yang salah meskipun tujuannya bagus nyatanya bisa membuat pengaruh buruk pada tanaman. Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tanaman adalah vitamin B1. Kebanyakan vitamin ini digunakan untuk membuat tanaman hias menjadi lebih sehat dan subur.

Vitamin B1 dipilih untuk memperlancar proses metabolisme yang terjadi pada tanaman. Seperti contohnya penggunaannya dalam beberapa jenis tanaman hias seperti Kamboja, Keladi Hias dan Aglaonema yang bisa tumbuh lebih segar dan indah ketika diberi tambahan vitamin untuk perkembangannya. Hal ini tentu sama saja dengan yang terjadi pada hewan dan manusia.

Hanya saja banyak orang yang masih belum paham bagaimana cara penggunaan vitamin ini dengan tepat. Pertama, kamu perlu mempersiapkan air, vitamin dan sendok untuk takaran yang lebih mudah. Kedua, aturan yang dibutuhkan untuk satu liter air adalah bisa dicampurkan dengan 1 sendok vitamin B1. Hal ini berlaku untuk kebutuhan yang berkelipatan dari vitaminnya.

Namun perlu dipahami juga dengan berbagai kondisi atau kebutuhan vitamin yang nggak begitu banyak dalam sebuah tanaman biasanya menggunakan takaran air yang lebih banyak. Ada yang menggunakan satu sendok vitamin dengan campuran air sebanyak 5 liter untuk seluruh tanamannya. Tentu saja hal ini juga menjadi suatu hal yang wajar untuk digunakan.

Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman

Setelah mengetahui cara penggunaan yang tepat kamu perlu tahu juga beberapa manfaat yang diberikan dari vitamin B1 untuk tanaman. Ternyata fungsinya cukup krusial untuk dirasakan pada pertumbuhan tanaman. Adapun beberapa manfaat penggunaan vitamin B1 untuk tanaman bisa dilihat sebagai berikut:

  • Pertumbuhan Jaringan Lebih Cepat

Manfaat pertama yang didapatkan ketika memberikan vitamin B1 untuk tanaman dengan takaran yang tepat adalah mampu menunjang proses pertumbuhan jaringan yang lebih cepat. Vitamin ini cocok banget ditambahkan untuk tanamanmu yang lumayan lambat pertumbuhannya biar merangsangnya lebih normal seperti lainnya.

Tentu saja kejadian jaringan sebuah tanaman nggak selamanya bisa tumbuh secara normal hal ini berkaitan dengan nilai asupan gizi dan juga cuaca yang mempengaruhi proses pertumbuhannya. Dengan menggunakan vitamin B1 yang tepat untuk tanaman maka jaringannya bisa tumbuh dengan baik.

  • Penyerapan Unsur Hara Yang Baik

Manfaat kedua yang diberikan ketika memberikan vitamin B1 yang benar untuk tanaman adalah bisa membuat penyerapan unsur hara yang lebih baik. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Tentu saja bisa, kondisi tanaman yang nggak stabil membuat beberapa bagian tanaman kesulitan untuk melakukan fungsinya.

Namun kamu jangan khawatir karena dengan penambahan vitamin B1 pada tanaman maka bagian-bagian tanaman akan bisa lebih maksimal dalam memberikan fungsinya. Seperti contohnya untuk bagian akar yang membantu penyerapan unsur hara yang lebih baik begitu juga bagian batang untuk menyalurkan unsur hara ke semua bagian tanaman.

  • Pertumbuhan Akar Lebih Cepat

Mengalami masalah dengan akar tanaman yang sulit untuk berkembang? Kamu jangan khawatir hal ini disebabkan kurangnya nutrisi terutama untuk menunjang perkembangan pada bagian akar tanaman. Salah satu cara yang baik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menambahkan vitamin B1 dalam perawatan.

Blibli Friends tentunya tahu bahwa akar merupakan bagian tanaman yang cukup krusial kontribusinya dalam pertumbuhan tanaman. Sehingga jika akarnya nggak bisa tumbuh dengan baik tentu akan membuat tanaman kurang maksimal pertumbuhannya. Bisa menjadi salah satu faktor penyebab tanaman menjadi kerdil.

Pertumbuhan akar yang nggak sehat akan memberikan dampak krusial seperti yang disinggung pada poin sebelumnya. Yakni proses penyerapan unsur hara yang nggak maksimal sehingga tanaman susah untuk tumbuh segar dan cantik. Apalagi jika didukung dengan kondisi cuaca yang nggak baik juga tentunya.

  • Tanaman Menjadi Lebih Sehat

Image Source : farmersalmanac.com

Manfaat keempat yang nggak kalah bagus diberikan dari penambahan vitamin B1 untuk tanaman ini adalah untuk membuat tanaman tumbuh dengan sehat. Banyak digunakan juga untuk tanaman yang mengalami proses pemindahan media tanam atau pemindahan tempat dari wadah kecil ke tempat yang lebih besar untuk berkembang.

Tentunya kamu pernah mendengar istilah yang satu ini biasanya penanaman bibit akan dilakukan pada sebuah tempat untuk menunggu mereka tumbuh secara bersamaan. Namun ketika sudah mulai tumbuh maka proses pemindahan tanaman ini memang dibutuhkan untuk membuat mereka bisa lebih leluasa tumbuh dan segar.

Hanya saja ketika dipindahkan biasanya tanaman memerlukan proses adaptasi baru dengan tempat barunya bahkan ada yang tumbuh dengan gizi yang nggak seimbang. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu menambahkan vitamin B1 untuk membuat tanaman tetap sehat walaupun sering dipindah-pindahkan medianya.

  • Membuat Mereka Bisa Bertahan Dengan Baik

Ketika menanam sebuah tanaman tentu kita nggak bisa memperkirakan cuaca dan kondisi apa yang akan terjadi dan menimpa tanaman tersebut. Sehingga daya tahan tanaman juga harus didukung dengan perawatan yang baik seperti halnya penambahan vitamin B1 yang bagus untuk mendukung pertumbuhannya.

Seperti contohnya ketika sedang menanam tanaman hias ternyata sedang ada musim kemarau padahal tanaman tersebut nggak bisa bertahan dengan baik di lingkungan yang sangat kering. Selain memberikan intensitas penyiraman yang lebih sering nyatanya kamu juga perlu menambahkan vitamin B1 untuk mendukung daya tahannya menjadi baik.

Vitamin B1 mampu memberikan ketahanan tubuh yang lebih baik pada tanaman. Tanaman bisa tumbuh tanpa ada gangguan dan membuatnya tetap indah untuk dipandang. Apalagi jik bentuknya memang merupakan tanaman hias.

  • Mengurangi Stres Pada Tanaman

Manfaat keenam yang diberikan dari penggunaan vitamin B1 ini adalah membantu mengurangi stres pada tanaman. Memangnya tanaman bisa stres? Tentu saja bisa hal ini diakibatkan adanya tekanan yang terlalu banyak seperti halnya faktor cuaca dan lokasi yang nggak mendukung pertumbuhannya.

Apalagi jika kamu baru membeli bibitnya dari tempat lain. Tentu saja bakalan banyak proses adaptasi yang dilakukan oleh tanamannya mulai dari bentuk tanah dan unsur hara yang berbeda di dalamnya sehingga mereka bisa stres. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu memberikan tambahan vitamin B1 untuk mengurangi tingkat stres di dalamnya.

Berikan vitamin B1 dengan takaran yang dibutuhkan untuk menunjang proses pertumbuhan tanamannya menjadi lebih baik.


Baca Juga : 7 Rekomendasi Pupuk Tanaman untuk Kebun di Rumah

Blibli Friends sudah tahu kan pentingnya penggunaan vitamin untuk tanaman? Nah buat kamu yang membutuhkan vitamin yang tepat untuk tanaman supaya taman di rumah-mu makin terlihat segar, kamu bisa langsung beli di Blibli saja. Ada banyak penawaran menarik mulai dari gratis ongkir dan cashback yang menunggu kapanpun diinginkan.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya