me

Cara Pakai Detick Obat Kutu Kucing, Simak Yuk!

Dec 21, 2021.By Raya
Bagikan

Image Source : thesprucepets.com

Cara Pakai Detick Obat Kutu Kucing – Detick adalah obat untuk mengatasi kutu dan tungau pada hewan peliharaan khususnya kucing dan anjing. Obat satu ini mengklaim bisa mengobati kutu pinjal anjing selama dua bulan sementara untuk kucing membutuhkan waktu selama 5 minggu. Buat kamu yang punya kucing atau anjing pastinya butuh obat satu ini untuk jaga-jaga saja kalau ternyata hewan peliharaanmu berkutu.

Untuk mendapatkan obat kutu ini sangatlah mudah, kamu bisa membelinya baik di toko online maupun offline. Nah, bagi yang belum tahu bagaimana cara penggunaannya, langsung saja berikut cara pakai Detick obat kutu kucing maupun informasi lain terkait Detick.

Baca Juga: Daftar Vaksin Kucing, Jadwal, dan Harga yang Cat Owner Harus Tahu


Cara Menggunakan Detick Obat Kutu Kucing dengan Tepat

Cara Pakai Detick Obat Kutu Kucing
Image Source: neaterpets.com
  1. Sesuaikan Dosis Pemberian dengan Berat Badannya

Bagi yang belum bagaimana cara pakai Detick obat kutu kucing yang pertama adalah pastikan dosisnya adalah 1 ml per 10 kg berat kucing atau anjing. Obat ini bisa dipakai untuk kucing maupun anjing di atas umur 8 minggu.

Detick bekerja dengan cara meresap ke dalam kulit melalui tengkuk anjing atau kucing. Alasan mengapa bagian tubuh yang dipilih adalah tengkuk karena bagian ini nggak bisa dijilat ataupun digaruk oleh anjing atau kucingmu. Dengan begini pemberian obat ini akan lebih aman.

  1. Mandikan Kucing atau Anjingmu Sebelum Diobati

Cara yang kedua, sebelum memberikannya pada hewan peliharaanmu pastikan untuk memandikan kucing atau anjingmu sehari atau dua hari sebelumnya. Nah, setelah 48 jam pemakaian kamu baru bisa memandikan atau membiarkan hewan peliharaanmu berenang karena obat ini bersifat tahan air.

Kalau kamu memilih obat ini, terdapat dua pilihan ukuran yaitu Detick 1 ml dan 2 ml dimana perbedaannya hanya pada isinya saja. Dilihat dari kemasannya kedua jenis obat ini sama dan yang membedakan hanya bagian label tulisan di botolnya.

  1. Belah bulu di bagian tengkuknya

Selanjutnya belah bulu kucing di bagian tengkuknya menjadi dua bagian sampai kulitnya terlihat. Teteskan Detick obat kutu kucing di bagian yang mana nggak bisa dijilat oleh hewan peliharaanmu. Kalau kamu memelihara kucing, jangan menggunakan obat kutu yang dibuat untuk anjing karena racikan obatnya sudah pasti berbeda.

Bahkan kalau kamu tetap menggunakannya bisa berakibat fatal untuk kucingmu. Jenis obat kutu semprot atau bedak bisa jadi pilihan tepat untuk perlindungan pada hewan peliharaanmu secara menyeluruh.

  1. Teteskan obatnya sedikit demi sedikit

Cara pakai Detick obat kutu kucing selanjutnya adalah meneteskan sedikit demi sedikit. Teteskan obat pada area bisa diberikan agak ke bagian belakang segaris atau sejajar dengan ekor hewan. Tapi jangan melebihi batas setengah badan dimana mereka nggak bisa menjilat obat ini.

Walaupun sudah memberikan tenaga ekstra untuk mencegah kucingmu terkena kutu, sebenarnya kesempatan untuk terkena kutu juga masih tetap ada. Karena itu, penting buat para pemilik anjing dan kucing untuk memperhatikan tanda-tanda kucing yang terkena kutu. Untuk pengecekan ada kutu atau nggak, kamu bisa mengecek bulunya secara berkala.

  1. Pakai pipet atau suntikan tanpa jarum

Untuk cara menggunakan  Detick obat kutu kucing ini kamu bisa memakai pipet atau suntikan tanpa jarum untuk meneteskannya di tubuh kucing. Kalau kamu ingin memberikan obat ini secara berulang, berikan jeda waktu selama empat minggu.

Selain memandikan kucing, menyisir bulu kucing juga perlu dilakukan secara rutin. Dengan melakukan penyisiran pada bulu kucing, kamu bisa mengentaskan sisa-sisa kutu kucing yang masih ada di tubuh kucing. Sebaiknya menyisir kucing dilakukan secara rutin agar kucing makin bersih.

Do and don’t dari Pemakaian Obat Kutu Kucing Detick

Cara Pakai Detick Obat Kutu Kucing
Image Source: myanimals.com

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan pastikan untuk membaca petunjuk pemakaian Detick ini. Dan pastikan juga untuk memperhatikan beberapa hal yang boleh dilakukan dan nggak boleh dilakukan saat menggunakan obat ini.

Do pada Detick obat kutu kucing

  1. Mandikan Terlebih Dahulu

Perawatan – pada hewan peliharaan sebaiknya dilakukan secara rutin setiap bulan. Nah, kalau kamu tipikal orang yang sibuk, konsultasi dengan dokter secara online adalah cara yang tepat. Dengan melakukan konsultasi seperti ini nantinya kamu akan direkomendasikan obat kutu kucing yang cocok dengan kondisi kucingmu.

  1. Teteskan Detick pada Tengkuknya

Bahan aktif fipronil yang ada di dalam obat ini mudah larut ke dalam minyak alami kulit dan bulunya. Kemudian akan menyebar ke seluruh permukaan tubuh dalam kurun waktu satu hari dan akan terkonsentrasi di bagian kelenjar minyak kulit untuk membentuk waduk.

  1. Berikan Obat ini Sebulan Sekali Selama Tiga Bulan Berturut-Turut.

Dikarenakan ada dua jenis ukuran yaitu Detick untuk 0-10 kg dan 10-20 kg. Dimana untuk 0 sampai 10 kg digunakan untuk kucing dengan tiap berat 10 kg dan 10 sampai 20 kg untuk tiap 20 kg berat kucing. Misalnya berat kucing 4kg dan pakai 0-10 kg maka dosisnya 0.4 ml.

Don’t pada Detick obat kutu kucing

Pastikan kamu menghindari hal-hal ini saat menggunakan Detick:

  1. Pastikan nggak sampai terjilat oleh anjing atau kucingmu karena sangat berbahaya.
  2. Jangan berikan obat ini jika anjing atau kucing sedang hamil.
  3. Selama pemakaian atau minimal sehari penuh setelah pemakaian, jangan mandikan anjing atau kucingmu.
  4. Kandungan fipronil yang terdapat pada obat ini berbahaya untuk manusia hanya jika dikonsumsi.
  5. Dilarang untuk digunakan pada kelinci karena pada beberapa kasus membuktikan ketidakcocokan
  6. Saat meneteskan nya pada hewan, jangan sampai terkena bagian matanya.
  7. Jangan melebihi dosis yang sudah dianjurkan.
  8. Jangan berikan pada anak kucing dengan berat kurang dari 1 kg, anak anjing yang beratnya kurang dari 2 kg, dan anak kucing atau anjing yang usianya kurang dari 8 minggu.
  9. Obat ini adalah obat luar dan dipakai di kulit, bukan bulu.
  10. Jangan digunakan jika hewan dalam keadaan sakit.
  11. Jika terdapat tanda iritasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.
  12. Obat ini hanya bisa diberikan kembali setelah 4 minggu.
  13. Jika setelah pemakaian bulu kucing mengalami kerontokan atau ada peradangan di kulit, itu merupakan reaksi alergi pada obat namun setelah beberapa waktu akan tumbuh kembali. Namun, untuk pemakaian berikutnya bisa dipertimbangkan untuk pakai jenis obat lain.

Baca Juga: 10 Jenis Ras Kucing yang Populer di Indonesia

Informasi mengenai cara pakai Detick obat kutu kucing di atas pastinya harus kamu perhatikan dengan baik agar kucingmu bisa terhindar dari kutu. Nah, jika kucing peliharaanmu di rumah punya masalah kutu yang nggak kunjung usia, coba pakai Detick dan order nya di Blibli . Yuk checkout sekarang juga di Blibli!

Tag: