me

5 Cara Ngecas Sepeda Listrik yang Benar dan Aman untuk Keawetan Baterai!

May 31, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Perhatikan langkah ini saat mengisi daya baterai sepeda listrik!

PROMO NBA Indonesia

Minat masyarakat Indonesia terhadap sepeda listrik semakin meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, perlu diiringi dengan edukasi kepada pemilik agar semakin memahami cara merawat kendaraan bertenaga baterai ini. Salah satu komponen paling umum dan penting dalam sepeda listrik adalah baterai. Untuk menjaga keawetan dan performa sepeda, perawatan baterai menjadi hal yang sangat penting.

Meskipun sudah sering ditemui, nggak semua pengguna memahami peralatan dan cara yang tepat untuk mengisi daya baterai tersebut. Jadi, berikut ini panduan cara mengecas baterai sepeda listrik!

Baca juga:


Keluarkan Baterai dari Sepeda untuk Keamanan

Keluarkan Baterai dari Sepeda untuk Keamanan
jakmall.com

Mengeluarkan baterai dari sepeda sebelum mengisi daya adalah langkah penting yang sering kali diabaikan oleh pengguna sepeda listrik. Namun, langkah ini sangat esensial untuk memastikan keamanan selama proses pengecasan. Hubungan arus pendek bisa terjadi jika ada kesalahan teknis atau jika bagian logam dari baterai atau sepeda bersentuhan secara nggak sengaja selama proses pengisian daya. 

Dengan melepas baterai, kamu memisahkan sumber daya listrik utama dari rangkaian sepeda, sehingga mengurangi risiko korsleting yang bisa merusak sistem kelistrikan sepeda atau bahkan menyebabkan kebakaran. Mengisi daya baterai saat masih terpasang pada sepeda bisa meningkatkan risiko kerusakan pada komponen sepeda lainnya. 

Untuk mengeluarkan baterai, pastikan sepeda dalam keadaan mati sebelum kamu mulai melepas baterai. Ini mencegah arus listrik yang nggak disengaja mengalir melalui sistem sepeda saat kamu bekerja, yang bisa berbahaya. Beberapa model sepeda listrik dilengkapi dengan kunci pengaman untuk baterai. Pastikan kamu membuka kunci ini terlebih dahulu. 

Jika sepeda listrikmu dilengkapi dengan mekanisme penguncian tambahan, seperti pengait atau penjepit, pastikan untuk melepaskannya juga. Setelah semua pengaman terlepas, angkat baterai dengan hati-hati. Sebaiknya, gunakan kedua tangan untuk mengangkat baterai agar nggak terjatuh atau rusak. Baterai biasanya cukup berat, jadi pastikan memegangnya dengan kuat namun tetap hati-hati.

Colokkan Ujung Adaptor pada Baterai

Colokkan Ujung Adaptor pada Baterai
carosell.com

Setelah baterai berhasil dilepas dari sepeda, langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah mencolokkan ujung adaptor pengisi daya ke port yang sesuai pada baterai. Langkah ini mungkin terlihat sederhana, tetapi memiliki beberapa detail krusial yang perlu diperhatikan untuk memastikan pengisian daya berlangsung dengan aman dan efisien. 

Sambungan yang nggak tepat atau longgar bisa menyebabkan masalah serius selama proses pengecasan. Koneksi yang longgar dapat menyebabkan arus listrik yang nggak stabil, yang bisa merusak baterai atau mengurangi efisiensi pengisian daya. Oleh karena itu, memastikan ujung adaptor terhubung dengan benar dan kuat sangatlah penting. 

Sambungan yang nggak benar juga menyebabkan panas berlebih pada titik kontak, yang dalam jangka panjang bisa merusak port pada baterai maupun adaptor itu sendiri. Ini nggak hanya akan mempengaruhi kinerja pengisian, tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan fisik yang mahal untuk diperbaiki. Sebelum mencolokkan adaptor, periksa kondisinya terlebih dahulu. 

Pastikan nggak ada kerusakan pada kabel atau ujung adaptor yang bisa mempengaruhi kinerja pengisian. Jika ada kerusakan, sebaiknya ganti adaptor dengan yang baru untuk menghindari risiko lebih lanjut. Perhatikan bentuk ujung adaptor dan port pengisian daya pada baterai. Biasanya, desainnya sudah disesuaikan agar hanya bisa terhubung dengan satu cara yang benar. 

Colokkan Jek ke Stop Kontak

Colokkan Jek ke Stop Kontak
unitedmotor.co.id

Setelah adaptor terhubung ke baterai, langkah berikutnya dalam proses pengisian daya adalah mencolokkan jek pengisi daya ke stop kontak listrik. Ini adalah langkah yang tampak sederhana, tetapi sangat penting untuk dilakukan dengan hati-hati demi memastikan keamanan dan efisiensi pengisian daya. 

Pastikan stop kontak yang akan digunakan berada dalam kondisi baik, nggak longgar, dan nggak menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti retakan atau perubahan warna yang bisa mengindikasikan panas berlebih atau korsleting sebelumnya. Sebelum mencolokkan jek, periksa apakah stop kontak terletak di tempat yang kering dan jauh dari bahan mudah terbakar untuk menghindari risiko kebakaran. 

Jika menggunakan kabel ekstensi, pastikan kabel tersebut memiliki kapasitas yang sesuai dengan pengisi daya dan nggak ada kerusakan pada kabel atau colokannya. Setelah semua sudah diperiksa dan dipastikan aman, colokkan jek pengisi daya dengan kuat namun lembut ke stop kontak. Jangan menarik atau memaksa jek masuk, karena ini bisa merusak jek atau stop kontak itu sendiri. 

Memastikan koneksi yang kokoh dan stabil membantu pengisian daya berjalan lebih efisien, juga mencegah potensi bahaya listrik seperti percikan api atau korsleting yang dapat merusak perangkat atau bahkan menyebabkan kecelakaan yang lebih serius. 

Tunggu Sampai Lampu Baterai Menandakan Penuh

Tunggu Sampai Lampu Baterai Menandakan Penuh
unitedbike.com

Setelah jek pengisi daya terhubung dengan aman ke stop kontak, tahap selanjutnya adalah menunggu hingga lampu indikator pada baterai menunjukkan bahwa proses pengisian daya telah selesai. Setiap baterai sepeda listrik biasanya dilengkapi dengan indikator pengisian daya, berupa lampu LED yang memberikan petunjuk visual tentang status pengisian. 

Waktu yang diperlukan untuk mengisi daya sepenuhnya bisa bervariasi, tergantung pada beberapa faktor. Salah satu faktor utama adalah kapasitas baterai—baterai dengan kapasitas yang lebih besar akan membutuhkan waktu pengisian yang lebih lama dibandingkan baterai berkapasitas kecil. 

Selain itu, jenis baterai juga mempengaruhi durasi pengisian, misalnya, baterai lithium-ion biasanya memiliki waktu pengisian yang lebih cepat dibandingkan dengan baterai asam timbal. 

Saat menunggu pengisian, penting untuk nggak tergesa-gesa memutuskan hubungan pengisian sebelum indikator menunjukkan bahwa baterai sudah penuh. Pengisian yang nggak lengkap dapat menyebabkan performa baterai menurun dan mengurangi jarak tempuh sepeda listrik. Sebaliknya, pengisian daya berlebihan juga harus dihindari. 

Pasang Kembali Baterai pada Sepeda Setelah Penuh

Pasang Kembali Baterai pada Sepeda Setelah Penuh
genio.bike

Setelah proses pengisian daya selesai dan indikator baterai menunjukkan bahwa baterai sudah penuh, langkah selanjutnya adalah melepaskan adaptor dari baterai dan stop kontak. Ini merupakan tahapan yang nggak kalah pentingnya dalam memastikan keselamatan dan kinerja sepeda listrikmu tetap optimal.

Langkah pertama adalah memutuskan sambungan listrik dengan mencabut jek pengisi daya dari stop kontak. Pastikan kamu melakukannya dengan lembut untuk menghindari kerusakan pada jek atau stop kontak. Tarik jek dari stop kontak dengan memegang bagian plastiknya, bukan dengan menarik kabelnya, untuk mencegah kabel putus atau terlepas dari jek. 

Setelah adaptor terlepas dari stop kontak, langkah berikutnya adalah mencabut ujung adaptor dari port pengisian pada baterai. Pastikan untuk melakukan ini dengan hati-hati, memegang adaptor dengan baik untuk menghindari merusak port pengisian. Jika adaptor agak sulit dilepas, jangan memaksa atau menarik dengan keras, tetapi coba goyangkan perlahan untuk melepaskannya. 

Kini saatnya memasang kembali baterai ke sepeda listrik. Pegang baterai dengan kedua tangan untuk memastikan pegangan yang stabil. Tempatkan baterai pada slot atau dudukan yang sesuai di sepeda. Sebagian besar sepeda listrik memiliki mekanisme penguncian atau pengait untuk memastikan baterai terpasang dengan aman. 

Simpan Charger dengan Aman

- Simpan Charger dengan Aman
blibli.com

Setelah selesai menggunakan charger untuk mengisi daya baterai sepeda listrikmu, langkah terakhir yang sangat penting adalah menyimpan charger di tempat yang aman dan tepat. Penyimpanan yang baik melindungi charger dari kerusakan dan juga memastikan keselamatan seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. 

Charger sepeda listrik adalah komponen vital yang memastikan bateraimu terisi dengan benar. Menyimpannya dengan sembarangan, seperti di tempat yang mudah dijangkau atau di lantai, bisa meningkatkan risiko kerusakan fisik. 


Baca juga

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu nggak hanya memastikan baterai sepeda listrikmu tetap dalam kondisi baik, tetapi juga menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Perawatan rutin dan penggunaan yang benar akan membantu memperpanjang umur baterai serta performa sepeda listrikmu. Kalau kamu baru mau beli sepeda listrik, kamu bisa beli lewat Blibli yang terjamin kualitasnya!