Cara Ngasah Kreativitas Anak Biar Makin Tajem

Photo via pixabay.com

Yang namanya orang tua pasti bangga dong kalo ngeliat si kecil udah mulai aktif dan berhasil nemuin hobi yang dia suka. Biar kreativitasnya makin tajem, orang tua disaranin buat ngajak anak main sambil belajar. Kegiatan apa aja sih yang efektif buat ngasah kreativitas mereka? Biar makin paham, yuk kita bedah bareng-bareng.

Cara Mengasah Kreativitas si Kecil

  1. Beliin Mainan Yang Berfaedah
LEGO 40290 Brick and More 60 Years of the LEGO Brick Mainan Block
LEGO 40290 Brick and More 60 Years of the LEGO Brick Mainan Block

Banyak cara buat nyenengin si kecil, salah satunya beliin dia mainan buat ngabisin waktu. Jadi, jangan ngeluh kalo anak ngerengek minta dibeliin mainan baru. Soalnya udah pasti ada sebabnya. Bisa jadi si anak udah bosen sama mainan yang ada dan pengen eksplor imajinasi lebih banyak. Nah, orang tua harus bisa fasilitasin kebutuhan mereka.

Kalo saldo lagi tipis, gak ada salahnya ngajak anak main pake mainan yang home made. Itung-itung sambil ngasah kreativitas kita juga. Coba aja bikin sesuatu pake barang bekas yang ada di rumah.

  1. Kasih Anak Ruang Buat Eksplorasi
Photo via pixabay.com

Coba kurangin kebiasaan buat ngerem anak dalem rumah dan gak ngijinin main di luar. Soalnya, kalo dipaksa si anak gak langsung nurut buat jadi anak rumahan. Yang ada malah dia berontak atau ngambek.

Biar pandemi gini, coba deh temenin anak main di luar. Kalo perlu, sekali-kali ajak jalan ke kebun binatang, museum, ato sekedar taman deket rumah juga gapapa. Yang penting si anak masih bisa main dan eksplor hal baru di luar rumah. Selain bikin dia happy, kegiatan gini bisa bikin nambah pengetahuan anak juga.

  1. Ajak Si Kecil Membuat Suatu Karya Bersama
Photo via pixabay.com

Coba deh ajak anak buat bikin satu karya bareng-bareng kaya main kertas lipat atau origami, nyusun balok balok atau sekedar ngegambar benda buat ngikutin imajinasinya. Kalo hasil kreasinya masih belom rapih, tetep kasih anak apresiasi kayak muji dia dengan bilang “duuh pinternyaaa”, atau kasih hadiah kecil kayak cokelat atau permen. Gak cuma bikin akrab sama anak, cara kayak gini juga ampuh buat ngusir suntuk.

  1. Nyontoh Kreativitas Anak Kekinian
Photo via pixabay.com

Orang tua sama anak punya jaman yang beda. Jadi, gak ada salahnya buat nyari tau mainan yang lagi trend di umuran mereka sekarang, biar si anak ga ketinggalan dari temen-temennya. Abis itu, ajak anak main bareng. Selain bikin dia seneng, orang tua sama anak jadi makin akrab lagi deh. Anak juga bakal ngerasain kalo orang tuanya bisa jadi panutan dan juga teman.

  1. Biarin Si Kecil dengan Imajinasinya
Photo via pixabay.com

Makin gede, biasanya imajinasi anak makin ningkat juga. Apalagi kalo udah ngerti tontonan yang ada di Youtube atau TV. Mereka cepet banget nirunya. Nah, kalo anak udah mulai keliatan ngikut-ngikut tontonannya biarin aja, asal yang ditiru itu gak buruk. Jadi, gak ada salahnya ngajak mereka main masak-masakan bareng atau main peran kayak karakter yang sering ditonton.

Inget terus kalo ningkatin kreativitas penting banget buat hidup anak di masa depan. Bekel kreativitas yang gak ada batesnya bikin anak jadi punya pondasi kuat biar bisa mikir kritis dan juga produktif. Nah, buat ngedukung orang tua ngasah kreativitas anaknya di rumah, Blibli.com lagi ngasih banyak promo buat bagi-bagi mainan anak yang edukatif. Diskonnya lumayan banget dan bisa langsung diborong buat nyenengin hati si kecil di rumah.

PROMO PILIHAN MAINAN EDUKATIF UNTUK ANAK

Ruth Nina

Ibu satu anak yang merasa bahwa menulis adalah cara terbaik belajar tentang parenting dan petualangannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY