me

Cara Mudah Merekam Layar di Laptop, Sudah Pernah Coba?

Mar 25, 2023.By Jarvis
Bagikan

wethegeek.com
Mau tahu cara merekam layar di laptop yang mudah? Coba simak dulu tutorialnya di bawah ini!

Sebagai masyarakat yang hidup di era digitalisasi, segala aktifitas sepenuhnya akan bergantung pada perangkat elektronik, salah satunya seperti laptop. Nggak bisa dipungkiri, perangkat elektronik yang satu ini memang sangat multifungsi terutama untuk menunjang pekerjaan supaya cepat selesai. Namun, siapa sangka, ternyata laptop juga memiliki sebuah fitur canggih yang nggak semua orang bisa menggunakannya, yaitu perekam layar. 

Fitur perekam layar berfungsi untuk berbagi layar atau video yang diambil dengan cara merekam dalam mode jendela maupun layar penuh. Namun tahukah kamu, jika setiap jenis laptop ternyata memiliki cara yang berbeda dalam penggunaan fitur perekam layar tersebut? Nah, supaya Blibli Friends nggak bingung, sebaiknya pelajari cara merekam layar di laptop yang benar dengan membaca ulasan pada artikel kali ini.

Baca juga: 


Cara Merekam Layar di Laptop Windows 7

Cara Merekam Layar di Laptop Windows 7
recmaster.net

Sebagian besar laptop dengan Windows versi terlama seperti Windows 7, memang belum dilengkapi dengan fitur screen recorder. Eits, tapi kamu nggak perlu khawatir! Meskipun laptop Windows 7 nggak dibekali dengan fitur bawaan untuk merekam layar, tapi bukan berarti kamu nggak bisa menangkap gambar atau merekam video di layar laptopmu secara otomatis. 

Pasalnya, masih ada beberapa cara efektif yang bisa kamu coba untuk merekam layar di laptopmu, salah satunya dengan menggunakan bantuan Software tambahan. Dari sekian banyak aplikasi screen recorder, terdapat satu rekomendasi aplikasi yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu software OBS Studio. OBS Studio adalah sebuah perekam desktop yang dirancang khusus untuk sistem Windows 7.

Software ini bisa menjadi solusi menarik untuk menyiarkan video streaming, dengan banyak fitur canggih untuk memadukan dan menggabungkan beberapa hasil rekaman untuk menciptakan tampilan rekaman layar yang sangat profesional. Software ini sangat cocok untuk streamer hardcore yang membutuhkan kontrol ketat di setiap detik streaming mereka. 

Software ini bisa diakses dengan gratis dan patut dicoba. Merekam dengan OBS studio bisa dibilang lebih rumit daripada merekam dengan aplikasi screen recorder Windows 7 lainnya, tapi menariknya software ini mudah terhubung dengan penyedia layanan streaming populer. Jika ingin tahu cara menggunakan OBS studio, ikuti langkah-langkah berikut: 

  • Langkah 1: Buka aplikasi dan klik tanda tambah (+) di bagian sumber tepatnya kiri bawah
  • Langkah 2: Kemudian pilih “display capture” untuk memulai rekaman baru
  • Langkah 3: Pilih metode tampilan, kemudian setting lokasi penyimpanannya:  settings>>output >>recording>>OK
  • Langkah 4: Jika ingin memulai rekaman layar langsung saja Klik “start recording”.

Cara Merekam Layar di Laptop Windows 10

Cara Merekam Layar di Laptop Windows 10
youtube.com/@chmtech

Kabar gembira untuk para pengguna laptop Windows 10 nih! Tahukah kamu, kalau Windows 10 rupanya sudah memiliki fitur perekaman layar yang disebut dengan Xbox Game Bar lho, jadi kamu nggak perlu lagi deh instal aplikasi tambahan. So, dengan adanya fitur tersebut, jadi lebih memudahkan dalam merekam beberapa aplikasi Windows 10 di laptopmu. 

Sama halnya seperti aplikasi software pada umumnya, fitur Xbox Game Bar juga menerima beberapa pembaharuan yang ter-upgrade jika ingin hasil rekamannya lebih berkualitas dan membuatnya lebih berguna, yang bahkan nggak hanya sekedar bisa membuat tangkapan layar tapi juga biasa membuat meme. Sementara, fitur perekaman layar adalah bagian dari aplikasi Xbox yang terinstal secara default di Windows 10. 

Di sisi lain, kamu juga bisa menggunakan aplikasi perekam layar Xbox ini untuk mengambil tangkapan layar. Alih-alih mengklik tombol rekam, klik ikon kamera di Bilah Game atau Win + Alt + PrtScn. Sedangkan, cara menggunakan fitur screen recorder bawaan dari Windows 10 ini bisa dibilang gampang, tapi kalau kamu masih belum familiar dalam penggunaannya, berikut tutorial lengkapnya khusus untuk Blibli Friends. 

  • Langkah 1: Buka aplikasi yang ingin direkam
  • Langkah 2: Tekan tombol “Windows + G” secara bersamaan untuk membuka dialog Game Bar
  • Langkah 3: Centang kotak “Yes, this is a game” untuk memuat Game Bar. Ini adalah prosedur apakah kamu merekam layar game atau aplikasi jenis lain
  • Langkah 4: Klik tombol “Mulai Merekam” atau bisa juga menekan tombol keyboard (Win + Alt + R) untuk mulai merekam video
  • Langkah 5: Hentikan perekaman dengan mengklik tombol perekaman berwarna merah yang ada di kanan atas jendela program. Jika tombol tersebut menghilang, langsung saja tekan Win + G lagi untuk mengembalikan Game Bar. 

Sementara untuk hasilnya, kamu bisa menemukan rekaman video tersebut di bawah folder Videos dalam subfolder bernama Captures dalam bentuk file MP4. Kamu juga akan menemukannya di aplikasi Xbox di bawah menu Game DVR, di mana kamu bisa memangkas video dan membagikannya di Xbox live (jika itu adalah game). 

Cara Merekam Layar di Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar di Laptop Tanpa Aplikasi
hp.com

Mengunduh Software perekaman layar tambahan terkadang bisa merepotkan atau bahkan membawa kerugian yang bisa membahayakan laptopmu karena kemungkinan besar pengunduhan malware juga akan menyertainya. Oleh karena itu, muncul solusi situs perekam layar berbasis web. Dengan begitu, kamu nggak perlu download aplikasi apa pun dari situs yang kurang meyakinkan. 

Dari sekian banyak situs perekam layar berbasis web yang paling bagus dan recommended adalah Search for Screenapp.io. Nggak hanya bisa menjalankan fungsinya dengan baik, tapi situ perekam layar untuk laptop ini benar-benar gratis alias nggak berbayar. Cara penggunaannya pun nggak harus memerlukan unduhan atau plugin Software tambahan. Jadi bisa dipastikan keamanannya terjamin dan bebas malware. 

Jika ingin mengakses situs web ini untuk merekam layar di laptop, maka kamu harus mengikuti langkah-langkahnya sama persis seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

  • Langkah 1: Kunjungi laman situs Screenapp.io di browser Chrome atau Firefox laptopmu
  • Langkah 2: Klik pada tombol “Get Started”
  • Langkah 3: Pilih salah satu dari opsi yang diberikan: Audio mikrofon, Audio browser, atau Tanpa Audio, lalu Klik “Share your screen” untuk membagikan layar laptopmu
  • Langkah 4: Pilih untuk berbagi dari opsi yang diberikan: Seluruh layar laptopmu, Jendela aplikasi, atau hanya tab Chrome. Kemudian Klik “Share”. 
  • Langkah 5: Klik “Start Recording” untuk mulai merekam 
  • Langkah 6: Setelah kamu selesai merekam pekerjaanmu di laptop, klik “Stop Recording” untuk berhenti merekam 
  • Langkah 7: File rekaman layarmu akan tersedia dan bisa segera diunduh, caranya klik tombol “Download” berwarna biru. Ingatlah! Jika hasil rekaman tersebut merupakan sebuah video berdurasi panjang, kamu bisa memotongnya terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

Cara Merekam Layar di Laptop Lenovo

Cara Merekam Layar di Laptop Lenovo
lifewire.com

Laptop Lenovo adalah salah satu merek laptop yang cukup populer di seluruh dunia dikarenakan kualitasnya yang bagus, bahkan hampir satu dari setiap sepuluh orang menggunakan laptop Lenovo, seperti ThinkPad atau lainnya. Ketika menggunakan laptop Lenovo, mungkin kamu pernah terbesit ingin mengabadikan aktifitasmu, entah itu merekam kursus online untuk dipelajari kembali atau membuat video tutorial untuk orang lain. 

Saat itulah, perekam layar laptop Lenovo yang bagus sangat kamu butuhkan. Untungnya, ada juga perekam layar gratis yang akan membantu kamu merekam layar laptop Lenovo dengan mudah. Jadi kamu nggak kesulitan untuk mendapatkannya. Namun, dari banyaknya aplikasi perekam layar untuk Lenovo, ada 3 perekam layar laptop teratas yang sangat kompatibel dengan laptop Lenovo. Mari kita lihat sekarang!

  • GameBar 

Kalau kamu nggak suka mengunduh Software pihak ketiga atau mendaftar, kamu bisa menggunakan perekam layar bawaan yang ada di dalam laptopmu, yaitu Game Bar. Aplikasi tersebut bisa berfungsi untuk merekam desktop Lenovo kamu dan penggunaannya pun gratis sehingga memungkinkan supaya kamu bisa merekam sebagian layar atau layar penuh sesuai kebutuhan. 

Selain itu, GameBar ini juga bisa digunakan sebagai fitur snapshot ketika kamu perlu mengambil screenshot di layar laptop Lenovomu Namun, cara itu hanya bisa memenuhi kebutuhan perekaman dasar, dan hanya bisa dibuka serta digunakan di Windows 10 atau versi yang lebih baru.

  • ShareX

Untukmu yang sedang mencari perekam layar laptop Lenovo gratis tapi mudah digunakan, ShareX adalah pilihan yang bagus. Seperti OBS Studio, ShareX juga merupakan situs web online dalam tangkapan layar. Situs perekaman video gratis ini memungkinkanmu menangkap aktivitas apa pun di layar komputer Lenovomu tanpa adanya hambatan. 

Selain perekaman layar, ShareX juga bisa membantu kamu menangani foto dan tangkapan layar yang sempurna. Keuntungan menggunakan ShareX adalah kamu bisa menentukan pilihan ketika memotret, apakah ingin menyertakan kursor, menyetel timer, atau bahkan menggunakan fitur OCR untuk mengenali teks pada gambar tangkapanmu

  • OBS Studio

Sebagian besar pengguna laptop Lenovo bersedia memilih perekam layar dari sumber terbuka sebagai perangkat lunak pilihan ketika melakukan tugas perekaman layar. Itu sebabnya OBS Studio hadir. Aplikasi gratis ini bisa berjalan dengan sempurna di laptop Lenovo serta memudahkan perekaman video dan streaming langsung. 

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, kamu bisa merekam video streaming, gameplay berkualitas tinggi, dan berbagai konferensi online, atau bahkan memungkinkan kamu merekam beberapa layar sekaligus hanya dengan beberapa kali klik saja. Meskipun performa sangat  profesional dalam perekaman layar, tapi penggunaanya agak sedikit rumit untuk pemula karena sangat kompleks. 

Cara Merekam Layar di Laptop Acer

Cara Merekam Layar di Laptop Acer
techsmith.com

Selain Lenovo, laptop Acer juga memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan. Jika kamu juga bertanya-tanya bagaimana cara merekam layar pada laptop Acer, mungkin kamu harus lebih banyak menggali informasi untuk menemukan perangkat lunak atau aplikasi yang cocok dan tentunya gratis ketika digunakan untuk merekam layar di laptop Acer. 

Mungkin sama seperti laptop lainnya, laptop Acer dengan Windows versi lama belum dibekali dengan aplikasi screen recorder sementara hanya dihadirkan untuk versi Windows 10 ke atas. Oleh karena itu, untuk kamu yang masih menggunakan laptop Acer di bawah Windows 10, cobalah menggunakan aplikasi berikut ini agar bisa menikmati fitur screen recorder tanpa berbayar. 

  • Snagit

Snagit adalah salah satu screen recorder free download yang bisa merekam layar di laptop Acer. Aplikasi ini nggak hanya mendukung untuk perekaman layar tapi juga bisa mengambil tangkapan layar serta fitur editing juga disediakan. Misalnya, kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang ada  di dalamnya untuk menambahkan teks atau bisa juga memilih untuk mengedit ukurannya. Langkah-langkah screen record di Acer menggunakan Snagit: 

  • Langkah 1: Instal dan luncurkan perekam ini di laptopmu 
  • Langkah 2: Pilih area perekaman dan pilih sumber audio yang sesuai. 
  • Langkah 3: Klik tombol “Rekam” untuk memulai perekaman. 
  • Langkah 4: Klik tombol “Stop” untuk menyimpan video yang direkam.
  • Capable Screen Recorder

Untuk memberi kamu  pengalaman yang lebih baik dalam perekaman layar, cobalah menggunakan aplikasi EaseUS RecExperts yang merupakan perekam layar Mac dan Windows. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menangkap aktivitas apa pun di layar laptop Acer dengan satu kali klik. Dirancang secara khusus untuk para pemula, jadi nggak diperlukan keahlian profesional dalam menggunakannya. 

Dengan perekam ini, pengguna bisa merekam layar penuh, merekam area, merekam audio, merekam gameplay, merekam webcam, bahkan merekam layar dan webcam secara bersamaan. Selain itu, ia menawarkan kepada pengguna editing video dan audio bawaan untuk mengedit rekaman dengan mudah. Cek cara penggunaanya di bawah ini:

  • Langkah 1: Jalankan EaseUS RecExperts di perangkatmu, di sana kamu akan melihat dua mode perekaman. Kamu bisa memilih “Layar Penuh” untuk merekam seluruh layar atau memilih “Wilayah” untuk memilih area perekaman secara manual sebelum merekam 
  • Langkah 2: Setelah itu, memilih opsi apakah ingin merekam webcam, suara sistem, mikrofon, atau hanya merekamnya sesuka hati. 
  • Langkah 3. Klik tombol merah “REC” untuk mulai merekam. Ini akan menjadi bilah menu di layar laptopmu. Sementara, untuk menjeda perekaman, klik bilah vertikal ganda berwarna putih; untuk mengakhiri rekaman, klik tanda merah yang berbentuk kotak
  • Langkah 4: Setelah merekam, kamu bisa melihat atau mengedit rekamanmu. Jika ingin memulai rekaman baru, cukup klik tombol “REC” di bagian atas antarmuka. 

Cara Merekam Layar di Laptop MacBook

 Cara Merekam Layar di Laptop MacBook
igeeksblog.com

Pengguna MacBook juga bisa melakukan perekaman layar di laptop tanpa harus menggunakan aplikasi atau software lainnya, hanya dengan menggunakan Screenshot atau QuickTime player untuk membuat rekaman video di laptop MAcBook. Caranya, cukup gunakan bilah Screenshot. Untuk mengaktifkan fitur Screenshot, tekanlah tombol Shift+Command+5 secara berbarengan.

Nantinya, kamu akan melihat kontrol pada layar untuk merekam penuh layar di laptop, atau mengambil sebagian gambar saja. Sementara itu, kalau ingin mencoba cara yang kedua menggunakan QuickTime player juga nggak masalah, karena hasil rekamannya sama bagusnya. Begini caranya: 

  • Buka QuickTime Player dari folder aplikasimu, pilih File>>Perekaman Layar Baru dari Menu Bar
  • Sebelum memulai perekaman, klik panah di samping tombol rekam untuk mengubah settingan-nya
  • Klik tombol Rekam, lalu lakukan klik bebas pada layar untuk mulai merekam keseluruhannya
  • Jika sudah beres merekam, tekan Command >> Control >> Escape, maka QuickTime Player akan berhenti secara otomatis dan membuka rekaman
  • Terakhir, kamu bebas memutar, mengedit, atau membagikan rekamanmu. 

Baca juga:

Gimana, cukup mudah bukan? Itu dia cara merekam layar laptop yang benar, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Untukmu yang sedang membutuhkan Laptop paling canggih dengan kapasistas RAM yang lebih besar, bisa langsung cek produknya di Blibli. Ada banyak pilihan laptop dari harga yang termurah sampai yang paling mahal sekali pun. Kunjungi Blibli sekarang juga dan dapatkan laptop impianmu hanya di Blibli sekarang juga!