Jajan sembarangan hingga kini pasti masih jadi tantangan Moms semua. Jajanan anak, terutama di sekolah, kadang memang sangat menggoda si kecil. Sampai-sampai, kalau tidak dikabulkan, mereka bisa ngambek sepanjang hari. Duh!

Gimana sih cara biar si kecil tidak jajan sembarangan tanpa harus ngambek? Hmm, bisa dimulai dari kejelian kita membaca label kemasan dan kandungan nutrisi kalau membekali mereka makanan jadi. Libatkan juga orang-orang yang setia menjaga si kecil untuk mengerti pentingnya makan teratur seperti keluarga dan babysitter. Berikutnya, baca artikel di bawah sampai habis yaa.

  1. Ceritakan Semuanya Tentang Makanan Sehat dan Higienis

Jajanan Anak_2

Sebuah pesan akan diterima dengan baik kalau caranya sesuai kan? Bagi anak-anak, pesan mengenai makanan sehat dan higienis akan lebih mudah diterima jika dikemas dengan kisah dongeng atau cerita ringan. Di cerita yang bisa Moms karang sendiri karakternya, masukkan pesan-pesan seperti jika sakit, si kecil tidak bisa mengejar cita-citanya jadi pilot atau jika sakit, si kecil akan membuat Moms sangat sedih. Ada motivasi positif yang bisa dengan mudah dicerna.


BACA JUGA Ini Dia Manfaat Mainan untuk Anak


2. Biasakan Si Kecil Makan Tertib

Jajanan Anak_3

Kebiasaan makan tertib benar-benar ditentukan orang tua dan harus dibiasakan sejak kecil. Jelaskan pentingnya sarapan, makan siang, dan makan malam serta kenapa harus makan di saat-saat tersebut. Kalau anak sudah kenyang, biasanya mereka tidak akan tergoda untuk jajan sembarangan karena kebutuhannya sudah tercukupi.

Saat paling krusial adalah jam makan siang. Karena ditinggal di sekolah, Moms kadang tidak bisa memantau apa yang si kecil makan. Cara termudah memastikan si kecil makan adalah membuat bekal makan siangnya dengan kreasi dan rasa favoritnya. Masukkan kreativitas menu itu dalam kotak bekal makan dengan karakter kesukaannya. Padukan juga dengan pakaian dan tasnya, jadi semangat si kecil akan terus muncul karena merasa diperhatikan mommy-nya.

Yuk manfaatkan promo khusus Apps untuk kategori Ibu & Anak di Blibli.com dalam rangka memperingati 17-an ini. Hampir semua yang Moms butuhkan untuk keperluan si kecil bisa. Ajak juga si kecil untuk memilih perlengkapan yang diinginkan biar tambah semangat pakainya!

3. Buat “Jiplakan” Jajanan Favorit

Jajanan Anak_5

Dalam sehari, ada saja jam-jam kala perut lapar walau jam makan belum tiba. Camilan jadi jalan keluar termudah. Nah, ini dia yang cukup tricky karena si kecil biasanya punya jajanan favorit yang ada di depan sekolah atau mall.

Jajanan seperti siomay bisa jadi berbahaya karena tidak higienis, tapi kalau Moms sendiri yang membuatnya, walau dalam porsi kecil, si kecil dijamin suka! Coba juga buat kue kecil untuk snack akhir pekan. Makanan yang dibuat sendiri di rumah tentunya lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

Bagaimana? Apakah Moms punya cara lain? Tulis di kolom komentar ya, Moms.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY