Cara Merawat Vespa Agar Kendaraanmu Awet

sumber: pixabay.com

Kalau kamu baru saja membeli Vespa, tentu rasanya senang banget. Apalagi, jika itu Vespa impian yang selama ini kamu idam-idamkan. Nah, Blibli Friends tentu ingin Vespa tersebut awet sekaligus tetap nyaman digunakan sampai nanti. Bisa, kok. Hal yang penting yaitu kamu merawat Vespa milikmu dengan baik, maka ini pasti akan membuatnya senantiasa awet. Agar Vespa kamu mendapatkan perawatan yang tepat, yuk, simak cara merawat vespa berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengendarai Vespa bagi Pemula

  1. Memastikan Garansi Vespa

Pertama-tama, kamu bisa memastikan garansinya. Biasanya, ada garansi mesin Vespa yang memberikan dua macam layanan, yaitu garansi satu tahun atau garansi 12.000 kilometer. Jadi, garansinya berakhir setelah satu tahun atau sesudah Vespa menempuh jarak 12.000 km. Garansi manapun yang kamu pakai, kamu bisa menggunakan layanannya untuk Vespa-mu selama garansinya masih berlaku. Ini sangat membantu dan juga menghemat bujetmu.

  1. Berkendara dengan Kecepatan Standar

Mesin motor Vespa-mu masih baru dan kamu belum mengendarainya sama sekali. Vespa tersebut baru dites sekali di pabrikan. Tenang, bukannya Vespa-mu rawan bermasalah atau apa. Kamu hanya perlu lebih hati-hati saja mengendarainya. Sedikit tips, di 250-700 km pertama, hindari mengebut. Gunakan kecepatan 60-70 km/jam sesuai mesin Vespa-mu, 125cc atau 150cc. Jangan lupa juga selalu panasi mesinnya sebelum kamu mengendarainya.

  1. Menjaga Cat Warna Vespa

    sumber: pixabay.com

Vespa memiliki warna yang cerah dan unik. Ini menjadi salah satu ciri khasnya yang membedakan Vespa dari yang lainnya. Apalagi, dengan model kendaraan yang juga tak kalah uniknya. Kamu bisa menjaga cat warna tersebut, lapisi catnya dengan menggunakan wax. Kemudian, rutinlah mencuci Vespa setidaknya satu atau dua minggu sekali. Ini membuatnya tetap bersih dan kinclong.

  1. Menjaga Bodi Vespa dari Goresan dan Benturan

Selain melapisi catnya agar tak mudah kusam, kamu juga perlu melindungi bodi Vespa-mu. Apalagi jika Vespa tersebut masih baru. Jika ada goresan sekecil apapun maka bekasnya pasti akan terlihat jelas. Kamu pun jadi harus mengeluarkan biaya untuk perbaikannya. Jadi, berhati-hatilah saat berkendara, jaga jarak aman dari kendaraan di depanmu. Hati-hati juga ketika sedang memarkir Vespa-mu, ya.

  1. Memberikan Pengamanan Ekstra

Seperti halnya menjaga kendaraan pada umumnya. Kamu juga perlu melindungi Vespa-mu dengan pengamanan yang maksimal. Hindari memarkir Vespa di luar rumah apalagi saat malam hari ketika kamu dan keluarga tidur. Minimal parkirkan Vespa-mu di dalam pagar, kalau memungkinkan beri rantai dan gembok pengaman, lalu tutuplah dengan cover yang terbuat dari bahan berkualitas.

  1. Perawatan Ekstra Saat Vespa Lama Tak Digunakan

    sumber: pixabay.com

Ada kalanya kamu perlu meninggalkan Vespa dalam jangka waktu yang lama. Ini akan mengharuskanmu merawatnya dengan perawatan yang berbeda. Kamu bisa mengisi penuh bensinnya agar tangki bensin tidak berkarat, lalu ambil akinya dan simpan terpisah, kemudian tutupi Vespa-mu dengan cover. Jika kamu mau memakainya kembali setelah Vespa lama tak digunakan, ganti olinya dan kalau bisa periksakan Vespa-mu ke bengkel terlebih dahulu.

Jadi, barusan kamu sudah melihat cara merawat Vespa dengan tepat agar kendaraanmu tersebut awet sepanjang waktu. Jika kamu menerapkannya dengan baik maka Vespa kesayanganmu akan senantiasa bersih, kinclong dan terlihat baru.

BELI VESPA PIAGGIO MATIC FAVORITMU DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY