10 Cara Merawat Sepatu Branded agar Tetap Seperti Baru

cara merawat sepatu branded
Via - @shoesandcare

Cara Merawat Sepatu Branded – merawat sepatu branded menjadi skill khusus yang perlu pecinta sepatu ketahui. Kamu tentu nggak mau kan sepatu branded kesayangan kamu rusak dimakan rayap atau warnanya luntur karena sering dicuci dan terlalu lama dijemur di bawah matahari. Supaya sepatu branded kamu tetap terlihat seperti baru, yuk simak cara merawat sepatu branded berikut ini.


Baca juga: Milih Sepatu yang Bikin Lari Berasa Ngapung di Udara

  1. Berikat Semprotan Pembersih dan Pelindung Khusus

cara merawat sepatu suede
Via – Shoes of Prey

Cara merawat sepatu branded yang pertama adalah berikan semprotan pembersih dan pelindung sepatu. Buat kamu pecinta sepatu pasti sudah familiar deh dengan semprotan satu ini. Semprotan pelindung ini akan membuat sepatu kamu tidak gambapang kotor dan kotoran yang menempel akan mudah dibersihkan. Bahkan, sudah ada beberapa semprotan yang mampu membuat sepatu kamu resisten loh. Jangan lupa ya untuk mengaplikasikan semprotan ini ke sepatu kamu.

  1. Lekas Bersihkan Kotoran yang Menempel di Sepatu

cara merawat sepatu branded
Via – Amazon

Nah, agar sepatu branded kamu tetap terlihat kinclong, kamu harus segera membersihkan kotoran yang menempel di sepatu. Cara merawat ini akan membuat sepatu branded kamu tidak meninggalkan bekas noda. Cara membersihkannya pun tidak harus dicuci, loh. Kamu dapat memberihkannya dengan menggunakan sikat kecil di permukaan yang kotor. Setelahnya, kamu bisa menggunakan lap basah untuk menyeka air dan kotoran tersebut. Tadaa! Sepatu branded kamu kembali bersih deh.

  1. Jemur Sepatu Basah di Bawah Matahari

cara merawat sepatu
Image Source: milkyway88.com

Sepatu yang terlalu lama dibiarkan basah atau lembab akan menimbulkan jamur dan juga bau tak sedap. Kamu pasti tidak ingin kan hal itu terjadi pada sepatu kesayanganmu? Nah, cara merawat sepatu branded yang ketiga adalah segera jemur sepatu kamu yang basah yang lembab. Selain menimbulkan aroma tidak sedap, sepatu lembab juga dapat merusak bahan sepatu kamu loh. Makanya, yuk segera jemur sepatu kamu yang lembab dan pastikan kering hingga ke alas sepatunya ya.

Oiya, untuk cara ini, kamu juga harus ekstra hati-hati karena sepatu yang terlalu lama di jemur akan merusak warna asli sepatu. Untuk itu, pastikan setelah kering langsung angkat sepatu kamu ya!

  1. Bersihkan Sol Sepatu dengan Lap Lembut

Image Source: jaditau.net

Untuk merawat sepatu kamu, tidak disarankan mengenakan sikat kasar terlalu sering. Apalagi membersihkan sol sepatu cukup sulit jika menggunakan sikat. Untuk itu, cara merawat sepatu branded kamu adalah dengan menggunakan lap lembut pada saat membersihkan sepatu. Cara ini akan membantu kamu menghindari paparan sinar matahari langsung terhadap sepatu. Pengaplikasikan lap ini untuk membantu menyerap air yang ada di sol sepatu. Setelahnya, kamu dapat menggunakan hair dryer atau kipas angin untuk mengeringkannya.

  1. Gunakan Minyak Kelapa untuk Bahan Sepatu Kulit

Merawat sepatu kulit membang membutuhkan cara yang lebih rumit dan telaten. Salah satunya adalah pengaplikasikan minyak kelapa pada bahan sepatu. Minyak kelapa akan membuat sepatu kamu terlihat lebih glossy dan mudah dibersihkan loh. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan minyak kelapa ke permukaan kapas untuk kemudian dioleskan ke sepatu. Cara merawat sepatu branded ini terbukti membuat sepatu kamu Nampak berkilau dan terlihat seperti baru.

  1. Ganti Sikat Pembersih dengan Sikat Sepatu

cara merawat sepatu brandedMemilih sikat yang cocok untuk sepatu tentu memusingkan. Jika terlalu kasar dan besar, khawatir akan merusak sepatu. Namun, jika terlalu kecil dan lembut, kotoran akan susah hilang. Untuk itu, kamu perlu menggunakan sikat gigi untuk merawat sepatu brandedmu. Sikat gigi terbukti menjadi sikat yang paling pas karena tidak terlalu kecil dan bulunya tidak terlalu kasar. Selain itu, gagangnya yang Panjang akan memudahkan kamu menggapai sela-sela sepatu yang harus dibersihkan.

  1. Gunakan Detergen Lembut

Selain sikat, detergen atau pembersih yang digunakan pun harus lembut. Penggunaan detergen biasa sebagai cara merawat sepatu kamu ternyata sangat tidak dianjurkan loh. Bahan keras dalam detergen akan membuat warna sepatu kamu cepat pudar. Untuk itu, pilihlah detergen dengan bahan lembut, misalnya seperti detergen untuk pakaian bayi. Mild detergent mempunyai kandungan kalsium karbonat yang mencegah noda kekuningan pada sepatu branded kamu. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan air hangat ya saat membilasnya.

  1. Untuk Sepatu Suede, Gunakan Lotion Khusus pada Sepatu

Sepatu berbahan Suede memang tidak bisa dicuci seperti biasa. Untuk itu, diperlukan cara merawat ekstra untuk sepatu berbahan suede. Jika kamu mencuic sepatu suede secara biasa, kamu justru akan mmbuat bulunya kaku dan kasar. Nah, makanya itu kamu perlu menggunakan cairan atau lotion khusus sepatu suede secara rutin untuk menjaga kelembutan kulitnya.

  1. Baking Soda dan Cuka Sebagai Pembersih Ampuh

Sudah banyak yang tahu bahwa menggunakan campuran baking soda dan cuka menjadi cara ampuh untuk merawat sepatu branded kamu. Yup, campuran kedua bahan tersebut sangat efektif untuk membersihkan noda pada sepatu putih. Untuk membuat cairan ini, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makanan cuka dengan satu sendok makan baking soda, lalu aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu, kamu hanya perlu mengambil pastanya dan menggosokannya secara perlahan di noda sepatu. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi ya!

  1. Penghapus untuk Merawat Karet Sol Sepatu

Siapa sangka ternyata penghapus dapat menjadi senjata merawat sepatu branded kamu loh. Midsole menjadi bagian sepatu yang mudah sekali kotor. Untuk itu, kamu memerlukan cara merawatnya yang efektif. Penghapus karet terbukti mampu menghapus noda pada midsoles sepatu kamu loh. Caranya, kamu hanya perlu menghapus noda dengan penghapus seperti kamu menghapus tulisan di kertas. Mudah sekali bukan?


Baca juga: Ganti Sepatu Pas Lebaran buat Ngindarin yang Julid

Cara merawat sepatu branded ternyata tidak terlalu sulit bukan? Dengan mengikuti 10 cara merawat sepatu di atas, kamu dapat membuat sepatu branded kesayanganmu lebih awet dan terlihat baru setiap saat. Jangan lupa juga untuk menggunakan perlengkapan yang sudah direkomendasikan di atas.

Kamu bisa mendapatkan sepatu branded incaran kamu di Blibli karena ada promo Global Brand Bazaar yang akan berlangsung tanggal 28-31 May 2021. Jangan sampai ketinggalan ya karena akan ada banyak produk sepatu branded incaran banyak orang di sini.

Dapatkan Koleksi Sepatu Favorit Kamu Hanya di Sini

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY