Supaya Awet, Rawat Printer dengan 4 Cara Merawat Printer Ini!

cara merawat printer

Meski sekarang zaman sudah serba paperless, printer masih dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan baik bagi para pelajar ataupun pekerja. Makanya, lebih baik kamu tetap sediakan printer pribadi di rumah agar lebih mudah mencetak dokumen kapan saja. Kamu bisa beli printer jenis apa pun sesuai kebutuhan, asalkan tahu gimana cara merawat printer yang benar supaya nggak cepat rusak.

Soalnya, walaupun terlihat mudah dirawat, printer sebenarnya rentan rusak, lho! Supaya printerawet dipakai dalam jangka waktu lama, coba simak 4 tips cara merawat printerdari Blibli Friends berikut ini, yuk!

TENGOK BERBAGAI MACAM KOLEKSI PRINTER YANG BISA KAMU DAPATKAN DI BLIBLI.COM!

1. Perhatikan intensitas pemakaiannya

cara merawat printer
Via – How NG

Printer ternyata mudah rusak kalau kinerjanya terlalu diforsir. Kerusakan paling sering terjadi di bagian cartridge yang menampung tinta printer. Kamu tetap boleh mencetak dokumen dalam jumlah banyak, kok. Dengan catatan, beri jeda waktu beberapa menit setelah mencetak maksimal 30 lembar kertas.

Dengan begitu, printer dapat menyesuaikan kinerja cartridge terlebih dahulu sebelum mulai memproses dokumen lagi. Satu hal yang nggak kalah penting, jangan biarkan salah satu bagian cartridge kosong, ya! Tetap isi kedua cartridge printer meskipun kamu hanya mencetak dokumen hitam putih tanpa tinta berwarna.

CEK DI SINI PRINTER CANON YANG SIMPLE DAN IDEAL UNTUK ANAK SEKOLAH DAN MAHASISWA

2. Rajin bersihkan printer secara berkala

cara merawat printer
Via – Printer Repair Center

Selain kinerja, kebersihan printer juga harus dijaga semaksimal mungkin karena printer ternyata sensitif banget sama debu. Bersihkan bagian dalam printer minimal 2 minggu sekali dan tutup printer dengan kain saat tidak digunakan.

Kalau rajin dibersihkan, hardware printer akan tetap terjaga kualitasnya dan bisa bekerja dengan baik tanpa error. Nah, pastikan juga kertas yang kamu gunakan bersih dan tidak berdebu, ya, Friends. Percuma hardware bebas debu kalau kertas yang digunakan tidak bersih, kan?

SIMAK PILIHAN TEPAT UNTUK KAMU YANG LAGI MENCARI PRINTER DOT MATRIX

3. Gunakan printer sesuai dengan manual

cara merawat printer
Via – Small Business Trends

Buku manual yang disertakan saat kamu membeli printer bukan cuma pajangan aja, lho. Kamu harus baca dengan seksama manual printer yang kamu beli. Soalnya, setiap printer punya spesifikasinya masing-masing yang harus diperhatikan pemiliknya.

Hal yang paling umum adalah mematikan printer dengan benar. Jangan asal mencabut kabel printer sebelum alat dimatikan dengan sempurna. Supaya aman, tunggu beberapa detik untuk memastikan printer benar-benar mati sebelum kamu mencabut kabel.

MUDAH PRINT DI MANA SAJA DENGAN MINI PRINTER PORTABLE INI!

4. Jangan menaruh printer di sembarang tempat

cara merawat printer
Via – The Balmar

Buat kamu yang mau punya printer laser, perhatikan betul tempat penyimpanan printernya, ya. Jangan sampai printer terkena kontak langsung dengan matahari. Soalnya, alat UPC drum dalam cartridge printer laser sangat sensitif dengan cahaya dan mudah rusak kalau terkena sinar matahari.

LIHAT DI SINI PRINTER SERBAGUNA DARI HP YANG BISA PRINT, COPY, SEKALIGUS SCAN


Pastikan kamu membeli printer yang tepat karena kualitas sangat memengaruhi keawetan barang, Friends! Kalau perlu, gunakan saja printer serbaguna dengan fungsi copy dan scan supaya aktivitasmu jadi lebih mudah. Segala urusanmu mulai dari print, fotocopy, dan scan jadi lebih mudah, deh, dengan satu alat saja.

Sudah mengerti cara merawat printer yang baik dan benar, kan? Yuk #BlibliSekarang printer di Blibli.com untuk ditaruh di rumahmu!

BIAR LEBIH MUDAH MENCETAK BERBAGAI DOKUMEN, BELI PRINTER UNTUKMU SENDIRI DI SINI

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY