5 Langkah Mudah agar Koleksi Model Kit Tetap Awet

Setiap orang punya alasan sendiri untuk menggemari sesuatu. Para pecinta mainan model kit, biasanya menemukan keseruan tersendiri saat mengumpulkan dan merakit model kit. Selain seru, mainan ini juga melatih kesabaran dan konsentrasi.

Yang pasti, koleksi model kit bisa dibilang hobi yang nggak mudah loh! Selain harganya yang nggak murah, mengumpulkan satu demi satu seri yang disukai juga mempunyai tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, buat kamu yang hobi mengumpulkan model kit, simak bagaimana cara menyimpan koleksi model kit agar awet dan terawat.

1. Bersihkan koleksi model kit secara rutin

Photo by Pixabay

Debu merupakan hal yang sulit dihindari. Menyimpan model kit di ruangan terbuka maupun tertutup, debu selalu bisa mengotori koleksi kesayangan kamu. Yang pasti, debu harus rutin dibersihkan, karena saat debu mulai menumpuk maka koleksimu bisa menjadi rusak.

Untuk membersihkannya, gunakanlah kain fiber sehingga nggak ada serat kain yang akan merusak. Jangan lupa untuk melihat kembali apa material model kit yang kamu miliki. Apabila berbahan plastik atau metal, maka sedikit alkohol dapat membantu membersihkan permukaan model kit agar kembai bersih.

CEK KOLEKSI 85519 HEAVY EQUIPMENT SEMI-TRAILER M911-HET YANG BISA DI-PRE ORDER

2. Tempatkan model kit di area yang tidak terpapar matahari

Photo by Pixabay

Cahaya matahari langsung bisa mrusak warna model kit yang kamu miliki. Jika berlangsung lama, warna model kit pun bisa pudar dan cat mainan tersebut juga dapat mengelupas. Saat ini terjadi, tentu model kit tersebut sudah tak lagi indah. Harganya pun turun dan sulit untuk dijual kembali.

PRE ORDER 87216 UH-60A BLACKHAWK HELICOPTER MODEL KIT

3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak

Photo by Pixabay

Jenis mainan model kit memang selalu menggoda, apalagi buat anak-anak. Yang pasti, hindari menyimpan model kit dari jangkauan anak-anak untuk menghindari kerusakan.

Selain itu, kamu juga harus menyimpannya jauh dari bahan berbahaya seperti minyak atau bensin yang bisa merusak koleksimu. Sebaiknya simpan dalam tempat khusus seperti lemari kaca agar lebih aman dan tersimpan dengan baik.

PRE ORDER TRUMPETER 05767 GERMAN CRUISER PRINZ EUGEN 1946 MODEL KIT

4. Jangan terlalu sering membongkar koleksi 

Photo by Pixabay

Membongkar model kit memang seru, tapi saat sudah terakit sempurna, coba deh hindari untuk membongkarnya terlalu sering. Hal ini dapat menyebabkan bagian-bagian model kit menjadi longgar dan sulit untuk dipasang kembali.

PRE ORDER – TRUMPERTER 00394 ITALIAN C1 ARIETE MBT WITH UPARMORED MODEL KIT

5. Jaga kelembapannya 

Photo by Instagram – @elpauli_pepino

Selain matahari, jamur juga bisa menjadi pemicu rusaknya koleksi model kit yang kamu miliki. Saat menyimpan dalam lemari, jangan lupa untuk meletakkan silica gel, agar kelembapannya terjaga dan mencegah pertumbuhan jamur.

Jika model kit yang kamu miliki mengandung material PVC, coba deh tips menarik ini. Coba sesekali simpan model kit tersebut di dalam freezer selama 20 menit agar warnanya tetap bagus dan materialnya tetap kuat.

Nah, bagi kamu penggemar mainan model kit, jangan lewatkan promo menarik yang dihadirkan oleh Blibli.com. Koleksi terbaru Military Model Kit terlengkap bisa kamu pilih. Bahkan, sejumlah model bisa dipesan secara Pre-Order dengan penawaran cicilan 0%. Menarik kan?! Klik di sini untuk koleksi lengkapnya.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY