Cara Merawat Mobil Manual Agar Tetap Oke

sumber: pixabay.com

Mobil manual masih menjadi primadona di kalangan pengguna mobil. Beberapa alasan yang membuat orang masih bertahan dengan mobil manual yaitu biaya perawatannya yang hemat. Kemudian untuk masalah kecepatan, pengemudi bisa menyesuaikan laju mobil sesuai kebutuhan, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya. jangan sampai salah dalam hal cara merawat mobil manual kamu.

Keunggulan-keunggulan ini tentu tidak bisa kamu dapatkan dengan maksimal jika tidak disertai perawatan yang maksimal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu melakukan cara merawat mobil manual seperti berikut.

  1. Perhatikan Starter dan Rem

    sumber: pixabay.com

Dua komponen penting dalam mobil yaitu starter dan rem. Tanpa keduanya, mobil tidak bisa melaju dengan baik dan aman. Cara perawatan mobil manual pun bisa kamu lakukan dari pengecekan dua komponen ini. Periksa apakah saat mesin mobil dinyalakan tidak ada masalah dan lainnya. Kemudian rem juga berfungsi penting untuk keamanan berkendara. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan ganti kampas rem jika sudah menipis.

  1. Pastikan Air Radiator Cukup

    sumber: fastnlow.net

Air radiator pada mobil manual penting untuk dicek karena fungsinya untuk menetralkan mesin yang terlalu panas. Jika air radiator tidak cukup untuk mendinginkan mesin mobil, maka akibatnya cukup berbahaya. Mesin mobil bisa rusak hingga posisi pengemudi menjadi berbahaya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya cek rutin air radiator untuk dilakukan penggantian agar mesin tetap terjaga.

  1. Ganti Oli Secara Rutin

    sumber: pixabay.com

Mobil manual juga membutuhkan oli untuk kinerja mesin. Saat mesin dinyalakan, piston-piston di dalam mesin mobil bekerja naik turun. Agar performa piston-piston ini tetap baik, cara merawat mobil manual membutuhkan pelumas berupa oli yang berkualitas pula. Kamu bisa memilih oli yang sesuai untuk jenis mobil milikmu. Selain itu, perhatikan waktu penggantian oli secara rutin. Umumnya, ganti oli disarankan ketika mobil telah menempuh jarak sekitar 3 hingga 5 ribu km.

BELI OLI MOBIL DI SINI

  1. Sesuaikan Tekanan Ban

    sumber: pixabay.com

Supaya mobil manual tetap nyaman dikendarai di jalanan, tekanan ban adalah hal mutlak yang harus diperhatikan. Usahakan mengisi tekanan udara yang pas untuk masing-masing ban. Jika ban terlalu keras, guncangan ketika melewati permukaan jalan yang tidak mulus akan cukup terasa. Sebaliknya, tekanan udara ban juga sebaiknya tidak terlalu kecil karena membuat ban cepat rusak. Selain itu juga akan membahayakan selama berkendara.

  1. Cuci Mobil Secara Rutin

    sumber: pixabay.com

Perawatan mobil manual tidak hanya terpaku pada perawatan mesin dan komponen internal mobil. Eksterior mobil juga harus diperhatikan. Salah satu cara merawat bagian eksterior mobil yaitu mencucinya dengan rutin. Mobil yang dicuci dengan rutin akan lebih kinclong dan dipandang lebih terawat. Kamu bisa menggunakan peralatan mencuci khusus mobil agar hasilnya lebih maksimal. Beberapa diantaranya yaitu selang cuci mobil, sampo khusus mobil, hingga cairan pengkilap bodi mobil.

Lima cara mudah ini bisa kamu terapkan untuk merawat mobil supaya performa dan penampilannya tetap maksimal. Apalagi mobil manual terkenal mudah untuk dirawat. Biaya perawatannya pun tidak terlalu menguras kantong. Kamu bisa melakukan perawatan-perawatan secara sederhana dengan biaya yang murah.

Biaya perawatan yang murah tidak hanya dari aksesori tapi juga spare part dan komponen penting lainnya. Kamu bisa mendapatkan komponen-komponen ini untuk mengganti komponen mobil manual yang sudah waktunya diganti di Blibli.

CEK KEBUTUHAN OTOMOTIF KAMU DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY