7 Cara Merawat Kamera Digital, Yuk Cek!

Oct 22, 2021.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Cara Merawat Kamera Digital – Perawatan untuk kamera digital itu nggak boleh sembarangan tapi bisa kamu lakuin sendiri di rumah terutama untuk jenis perawatan dasar. Kenapa kamera digital perlu dirawat, ya biar awet dan bisa dipake lama. Kalau kameranya awet kan kamu jadi bisa berkarya lebih lama. Coba kalau kameranya rusak, pasti nyesel banget kan nggak dirawat.

Daripada kamu nantinya nyesel dan menganggap kalau hal yang kamu lakukan itu cuman buang-buang duit aja, yuk simak cara merawat kamera digital berikut ini. Jangan sampai kamu salah step ya.

Baca Juga :  [Interview] Apa Saja Dos and Don’ts dalam Proses Merawat Lensa Kamera?

_____________________________________________________

7 Tips Merawat Kamera Digital

Jadi, kamera digital itu butuh perawatan juga. Nggak cuman manusia, perempuan dan pengguna kamera aja yang suka dirawat, kamera pun suka. Bedanya kamera nggak bisa berekspresi dan nggak bisa ngomong. 

Nah, biar kameranya nggak berekspresi dengan cara yang salah, langsung aja simak tips merawat kamera digital berikut ini. Daripada gabut scroll timeline yang nggak ada apa-apanya, mending merawat kamera. Jadi lebih produktif juga kan kesannya.

  1. Miliki Tas Kamera

KEE INDONESIA Tas Kamera for Mirrorless DSLR Baby Beetle Edition

Buat kaum-kaum yang bilang kalau tas kamera itu nggak penting, kamu bakal menyesal. Tapi kalau kamu sudah biasa pakai kamera, pasti kamu nggak bakal bilang gitu sih. Kamu pasti tahu dan paham banget betapa pentingnya tas kamera. Bener kan?

Jadi tas kamera itu fungsinya untuk melindungi kamera dan memudahkan kamu buat bawa alat kamera. Peralatan kamera itu kan ada banyak banget, nah hadirnya tas kamera adalah untuk mempersimple itu semua.

  1. Rutin Bersihin Body dan Lensa Kamera

INSTAXSHOP Fujifilm X-H1 XH1 Body Only Kamera Mirrorless - Black

Bersihin bagian body dan lensa biasanya dilakukan setiap kali selesai pemakaian. Tujuannya biar nggak ada debu nempel atau kotoran sejenis lainnya membekas di body dan lensa kamera. Nah, bersihinnya ini bisa pakai tisu atau kain microfiber yang ramah di di body dan lensa kamera.

Kamu juga bisa pake cairan khusus yang ramah di body dan lensa kamera. Caranya, cairannya disemprotkan ke kain atau tisu yang kamu pake buat bersihin kamera terus tinggal bersihin deh. Nah kamu bisa mengoleskannya ke seluruh bagian body dan lensa kamera, jadi kamu nggak perlu takut bakal ngerusak kamera ya. Karena fungsi cairan ini untuk membersihkan.

  1. Pakai UV Filter

JPC KEMANG Haida Slim PROII Multi-coating UV 58mm Filter Lensa

Apa itu UV Filter, singkatnya itu adalah filter tambahan yang tugasnya melindungi lensa kamera dari serangan sinar matahari. Kabar baiknya, UV Filter nggak bakal bikin kualitas jepretan kamu menurun karena fungsinya memang hanya melindungi aja.

Kalau kulit aja butuh sunblock masa lensa kamera yang buatan manusia nggak butuh perlindungan. Jadi nggak usah heran kalau ada filter yang tugasnya melindungi lensa. Toh, lensa ini tugasnya sama kayak mata. Kalau mata telanjang disuruh melihat langsung ke arah matahari pasti kan sulit.

  1. Siapkan Dry Box

JPC KEMANG Everbrait Dry Box R10 Everbrait R10 Dry Box Kamera Free Moisture Absorber

Dry Box ini sangat penting untuk menjaga kualitas kamera. Tujuannya biar kamera nggak gampang jamuran atau terpapar angin. Dry box ini mirip dengan kotak atau toples biasa, kalau dilihat dari visualnya aja. Kalau fungsinya, tentu saja memberikan kehangatan pada produk kamera.

Dry Box ini boleh dikoleksi siapa saja, khususnya kamu yang tinggal di daerah dingin. Mau gimana pun , Canon butuh tempat yang bersahabat untuk mempertahankan produknya. Dry Box juga bisa melindungi kamera dari proses perubahan suhu yang nggak terduga atau ekstrim.

  1. Rutin Cek Baterai

FOCUS NUSANTARA - Sony NP-FW50 Baterai Kamera

Baterai kamera termasuk hal yang perlu kamu perhatikan. Karena kamera kmu dibekali banyak fitur menarik, bukan berarti kamera ini bisa aktif tanpa baterai. Cara merawat baterai kamera bisa dimulai dari menyimpan baterai di tempat yang suhu ruangnya bersahabat.

Jangan sekali-kali kamu meletakkan baterai kamera di ruangan yang suhunya mencapai 43 derajat celcius. Lalu, pastikan daya baterai sudah terisi penuh sebelum kamu masukkan ke kotak penyimpanan.

  1. Jangan Sampai Terkena Air

JPC KEMANG Larmor LCD Glass Protector for Fujifilm XT10/XT20/X30

Kamera adalah produk elektronik yang sangat nggak bersahabat sama air. Jadi kamu harus benar-benar hati-hati saat menggunakannya di sekitar air. Apalagi kalau kamu pergi ke pantai. Paparan air pantai itu sangat jelek bagi kamera. Kalau kamu ke pantai bawa kamera, pastikan memakainya nggak di sekitar pantai.

Nggak ada yang tau apakah ada residu air yang tertinggal di kamera atau nggak. Untuk mengantisipasi itu, lebih baik nggak bawa kamera hingga ke dekat laut. Bukannya mencegah itu lebih baik dari mengobati? 

  1. Perhatikan Bagian Lensa Kamera

FUJISHOPid Fujifilm XF 35mm F2 R WR Lensa Fujifilm 35mm f2 Lensa Fuji 35mm f2 Lensa Fujinon 35mm f2 Silver GARANSI RESMI

Lensa kamera adalah bagian paling penting dari kamera. Kalau lensa kamera kamu nggak terawat, hasil gambar yang bakal didapat nggak bakal maksimal. Gimana cara merawat bagian lensa kamera?

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Merawat lensa kamera bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan rutin dan berkala di lensa kamera. Membersihkannya bisa pakai tisu atau kain. Dianjurkan pakai filter UV biar nggak bikin sepatu cepat rusak.

Setelah tahu tips merawat kamera, ada nggak tips membeli kamera? Biar tahu hal apa saja yang diperlukan untuk mempertimbangkan produk kamera yang diinginkan. Ada? Oke lanjut pembahasan selanjutnya.

  1. Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kamera adalah tujuan kamu membelinya. Kamera ini harus kamu pake secara berkelanjutan biar nggak cepat rusak. Jadi pertimbangkan matang-matang, apa alasan kamu beli kamera.
  2. Bikin budget khusus buat beli kamera. Mungkin kamu harus nabung dulu. Itu nggak masalah karena banyak kok orang yang nabung buat beli kamera. Setelah itu, kamu harus ngikutin budget yang sudah kamu tentuin. Meskipun budget kamu udah lebih dari total anggaran yang sudah ditentukan, kamu nggak boleh gegabah. Tetap ikuti aturan yang sudah kamu buat.
  3. Pilih kamera yang sistem pengoperasiannya paling mudah dilakukan. Caranya kamu bisa nonton review atau cek langsung di lokasi. Tujuannya biar kamu terbiasa dengan kamera, jadi kalau kamu masih pemula kamu nggak perlu kaget deh,
  4. Perhatikan fitur kamera, biasanya fitur di setiap kamera berbeda. Jadi kamu harus milih kamera yang fiturnya paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau nggak ada yang sesuai, cari yang paling mendekati, setidaknya agak mirip sedikit.
  5. Tentukan model kamera yang kamu butuhkan. Sejauh ini ada dua model yang bisa dipilih, mirrorless dan DSLR. Kalau tipe kamera yang kamu butuhkan adalah tipe kamera simple, pilih mirrorless aja. 

__________________________________________________

Baca Juga : 5 Tips Mudah Merawat Baterai Kamera agar Awet dan Tahan Lama

Nah, itu dia ulasan singkat seputar tips merawat dan memilih kamera digital. Semoga membantu ya. Kalau kamu masih cari informasi seputar kamera digital. kamu bisa cek produknya di Blibli ya. Ada informasi produk lengkap + harga jualnya di setiap daerah. 

Jadi kamu bisa hunting harga sekaligus nentuin produk mana yang mau kamu beli. Semuanya gratis. Kamu nggak perlu bayar dan nggak perlu malu. Oke, langsung mampir aja. Kedatanganmu adalah hadiah bagi Blibli.

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel