Cara Merawat, Membersihkan dan Memilih Botol Susu Bayi

Membersihkan botol susu bayi memang terdengar sepele, padahal ini sangat penting untuk dilakukan, loh Moms! Mengapa?

Botol susu yang tidak dibersihkan dengan baik, bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang pada akhirnya mengancam kesehatan si kecil. Mengingat si kecil belum memiliki imunitas tubuh yang kuat, maka botol susu yang nggak bersih bisa bikin si kecil jatuh sakit.

Tak hanya perlu dijaga kebersihannya, memilih botol susu untuk si kecil juga ada aturannya nih, Moms. Ingin tahu cara memilih, merawat, dan membersihkan botol susu dengan tepat? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Tips memilih botol susu yang tepat: 

1. Cek keamanan material botol susu saat membeli

Saat membeli botol susu untuk si kecil, Moms harus teliti dan cermat. Cek kembali material botol yang akan dibeli. Pastikan agar botol susu tersebut nggak mengandung BPA (Bispenol A) atau BPA Free. Senyawa kimia yang biasa terkandung dalam produk berbahan plastik ini, jika terkonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa mengganggu kesehatan dan fungsi otak si kecil.

PILIHAN BOTOL SUSU BAHAN BERKUALITAS DAN BEBAS BPA 125 ML

2. Pilih dot yang menyerupai puting ibu

Hal ini sangat penting agar si kecil nyaman saat sedang menyusu dengan botol tersebut. Pilih botol susu yang mempunyai bentuk dan tekstur lembut menyerupai puting ibu, sehingga dapat memberikan pengalaman menyusui yang nyaman.

DOT BERBAHAN LEMBUT YANG MENJAGA BAYI TIDAK MUDAH TERSEDAK

3. Tahan panas

Mengapa harus tahan panas? Ya, karena botol susu bayi harus disteril dengan dipanaskan hingga 180 derajat Celcius agar tetap bersih dan aman.

PENGHANGAT BOTOL DENGAN KEMAMPUAN HANGAT YANG CEPAT

Cara membersihkan botol susu yang benar: 

Jika Moms sudah menemukan botol susu dengan kualitas yang baik, maka perlu dirawat dengan benar. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah cara  membersihkannya. Gimana sih caranya?

PAKET BOTOL SUSU UNTUK BAYI NEWBORN LENGKAP DENGAN SIKAT PEMBERSIH

1. Lepas seluruh bagian botol

Setelah digunakan, lepaskan satu persatu bagian botol agar bisa dibersihkan secara maksimal

2. Sikat dengan menyeluruh

Bersihkan bagian-bagin botol menggunakan air hangat, sikat dan sabun pembersih khusus untuk membersihkan dot dan botol susu.

3. Gunakan sabun khusus

Untuk membersihkan botol bayi, Moms bisa menggunakan sabun khusus yang aman dan tidak mengandung banyak detergen. Hal ini untuk memastikan botol dan dot tetap bersih namun juga tidak mengandung bahan yang berbahaya ketika terkonsumsi si kecil.

4. Bilas di air mengalir

Hilangkan seluruh sisa sabun dan susu pada botol dengan cara membilasnya pada air yang mengalir. Cara ini dapat memastikan tak ada lagi sisa sabun yang tertinggal.

5. Sterilisasi botol

Sterilisasi botol sangat penting dilakukan. Hal ini berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri pada botol tersebut. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan yakni menggunakan alat steril yang praktis, atau Moms juga bisa dengan cara manual yakni direbus.

Saat merebus botol, setidaknya Moms harus siapkan panci khusus untuk merebusnya dan diamkan selama 5 menit. Jika sudah, keringkan botol, lalu simpan dalam tempat khusus dan tertutup untuk menjaga kebersihannya.

Perawatan botol susu bayi

Perawatan yang tepat dapat menjaga kualitas botol susu selama masa pakainya. Ketika tidak dirawat, maka kualitas botol akan berkurang dan bahkan menjadi tidak layak digunaka. Berikut ini sejumlah hal yang menandakan botol harus segera diganti:

BOTOL SUSU LEBIH NYAMAN DENGAN SPOUT CUP

1. Dot bayi sudah menipis dan bocor

2. Ada bagian botol yang retak

3. Botol sudah menipis dan mulai bocor

4. Warna botol sudah mulai tak bening lagi

Saat botol susu sang buah hati sudah memberikan tanda seperti di atas, maka segeralah mengganti botol susunya.

Tak perlu khawatir soal ekstra dana yang harus dikeluarkan untuk membeli botol dan dot baru. Blibli.com menghadirkan penawaran spesial yakni “Tukar Tambah Botol Susu” yang nggak boleh kamu sia-siakan!

Moms bisa menukarkan botol susu lama dengan sejumlah botol susu dari Philips Avent yang baru. Caranya juga sangat mudah, hanya pilih opsi tukar tambah pada aplikasi, cek ketersediaan barang, dan tim Blibli akan datang untuk melakukan penukaran barang, tanpa tambahan biaya. Seru kan?! Yuk, cek di sini untuk info selanjutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY