4 Cara Merawat Batik Nggak Pake Ribet yang Wajib Kamu Coba di Rumah!

cara merawat batik

Nggak hanya warisan budaya, bagi sebagian dari kamu, batik merupakan warisan keluarga dan menjadi barang yang istimewa. Nggak heran jika perawatannya pun harus spesial. Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini beberapa cara merawat batik agar batikmu tetap cantik meski usianya sudah menua!

KLIK DI SINI UNTUK SENJATA AMPUH MERAWAT BATIK

1. Lupakan mesin cuci dan beralih ke mencuci secara manual

cara merawat batik
Via – Embassy Cleaners

Mencuci dengan mesin itu memang sangat praktis. Untuk baju biasa, mesin cuci boleh banget diandalkan. Tapi, untuk batik, lebih baik kamu hindari. Sebaliknya, cucilah batikmu dengan cara manual menggunakan tangan. Nggak perlu takut capek, lakukan secara perlahan dan lembut agar serat kain batikmu nggak rusak.

CUCI BATIK YANG PRAKTIS? PAKAI INI AJA

2. Gunakan detergen khusus untuk batik

cara merawat batik

Saat hendak mencuci batik, kamu nggak boleh merendamnya dengan air detergen. Sebab, detergen mengandung banyak zat kimia yang bisa bikin warna batik cepat pudar dan mudah robek. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan detergen khusus batik yang terbuat dari bahan alami. Kucek lembut, kemudian bilas tanpa diperas hingga bersih.

DAPATKAN DETERGEN KHUSUS BATIK TERBAIK DI SINI

3. Hindari sinar matahari langsung saat menjemur

cara merawat batik
Via – meetupbatik

Cara merawat batik selanjutnya adalah dengan memperhatikan cara menjemur batik yang telah dicuci. Saat akan menjemurnya, hindari memeras batik dan cukup gantungkan di tempat yang teduh atau terhindar dari matahari. Hal ini karena sinar matahari bisa merusak warna batik sehingga cepat pudar bahkan membuat serat kain menjadi rapuh.

JEMUR CUCIAN NGGAK BOLEH ASAL! PAKAI INI AJA

4. Gunakan kain pelapis jika kamu ingin menyetrikanya

cara merawat batik
Via – Fennec London

Merawat batik bukan hanya sebatas mencucinya dengan benar. Masih ada langkah-langkah lain yang perlu kamu lakukan, yaitu menyetrikanya dengan cara yang berbeda. Bagi kamu yang ingin baju batikmu tetap rapi, pastikan kamu memberi alas berupa kain pelapis di atas batik yang akan kamu rapikan sehingga setrika panas nggak langsung menempel dengan kain batikmu. Setelah disetrika, pastikan kamu selalu menyimpannya dalam keadaan menggantung untuk menghindari risiko lecek.

AGAR BATIKMU SELALU RAPI, YUK PILIH KOLEKSI SETRIKA BERIKUT


Cara merawat batik itu nggak sulit, kan? Dengan hanya perlu melakukan 4 cara tadi, batik warisan atau batik apapun tetap awet dan cerah meski telah dipakai dan dicuci dalam waktu yang lama. Nah, untuk detergen khusus batik, kamu nggak perlu pusing mencari, karena Blibli.com menghadirkan Attack Batik Care yang akan melindungi dan merawat batik kamu dari kerusakan. Yuk langsung cek #BlibliSekarang dan buat batikmu tahan lama!

KLIK DI SINI UNTUK DAPATKAN DETERGEN KHUSUS BATIK SEKARANG

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY