Cara Menyetel Karbu Vespa Agar Irit

sumber: pixabay.com

Blibli Friends, kamu bisa menyetel karbu vespa sendiri di rumah, lho. Asalkan, mengetahui cara-cara yang tepat. Biasanya, setting karbu ini memang dilakukan untuk motor klasik yang modelnya vintage. Terutama, pemilik Vespa yang biasanya suka menyetel settingan motornya sendiri, agar lebih nyaman saat dikendarai. Cara menyetel karbu Vespa paling dasar sebenarnya mirip dengan motor klasik satu dan lainnya. Hal yang membedakan yaitu bentuk serta tata letak komponen karburator. Sekarang, mari kita simak cara yang tepat untuk menyetel karbu Vespa.

Baca Juga: Cara Mengendarai Vespa bagi Pemula

  1. Membuka Penutup Karbu

Setiap motor memiliki karbu yang berbeda-beda letaknya serta komponennya. Kalau di motor tipe lain, biasanya karbunya terbuka seperti contohnya pada Honda CB. Namun, di Vespa, karbunya ada penutupnya. Jadi, kamu bisa membuka tepong bagian kanan. Kamu bisa lihat setelan angin yang kelihatan dari penutup karbu Vespa, pada bagian belakang. Kemudian, buka dua buah baut yang menempel di tutup karbu, caranya dengan diputar berlawanan arah dengan jarum jam.

  1. Menghidupkan Mesin Motor

Sekarang, kamu perlu menghidupkan mesin motor sesuai dengan tipe yang kamu punya, dalam hal ini berarti Vespa. Kamu bisa menghidupkannya dengan cara diselah atau distarter. Setelah menyala, biarkan mesin dalam keadaan idle atau langsam normal. Tunggu sampai mesin motornya terasa hangat, biasanya sekitar 4-5 menit, agar settingan karbu makin optimal.

  1. Memutar Baut Setelan Langsam

Kini, kamu bisa memutar baut searah dengan jarum jam, gunanya untuk meningkatkan langsam motor. Mengapa langsam perlu dikencangkan? Sebab, keadaan mesin motor harus hangat setidaknya setelah dipanasi sebentar seperti pada langkah nomor 2, agar setelan angin motor jadi lebih baik dan optimal. Sementara, langsam dibuat tinggi agar kita bisa mendengar hasil suara mesin dan knalpot. Tujuannya untuk memutuskan suara yang paling enak kamu dengar.

  1. Memutar Baut Setelan Angin

Selanjutnya, putar screw angin atau setelah angin Vespa-mu, caranya sama saja untuk semua jenis motor. Putar searah dengan jarum jam sampai berhenti dan sudah tidak bisa kamu putar lagi. Nah, semestinya kalau kamu sudah melakukan ini, maka Vespa-mu mati. Sebab, jika baut setelan angin diputar ke kanan atau searah jarum jam, itu membuat jalur anginnya tertutup. Jadi, setelan anginnya ditutup sehingga motor akan langsung mati. Apabila Vespa kamu tidak mati, maka kamu perlu mengganti ukuran spuyer yang tepat. Jika ukurannya sudah cocok, maka saat setelan angin ditutup maka Vespa-mu pasti akan mati.

  1. Memutar Kembali Baut Setelan Angin

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa bautnya harus diputar terus. Sebab, kalau kamu mau settingan karbu Vespa terasa nyaman, maka kamu memang perlu terus memutar-mutarnya, tapi arahnya berbeda dari yang tadi. Jika tadi diputar ke kanan atau searah jarum jam, maka sekarang kamu harus memutarnya ke kiri atau berlawanan dari arah jarum jam, putar dengan perlahan. Jika sudah, saatnya kamu mendengarkan suara Vespa-mu. Ubah setengah putaran terus, sampai terdengar suara sesuai dengan keinginanmu.

_________________________

Baca Juga: Kelebihan Vespa Matic Piaggio yang Perlu Kamu Tahu

Demikian cara menyetel karbu Vespa dengan cara yang cukup simpel. Bagi kamu yang pemula, kamu juga tidak akan kesulitan melakukannya. Hanya saja, kamu mungkin belum terbiasa ketika baru pertama kali mencobanya. Namun, ini akan menjadi pengalaman yang seru buat kamu!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY