5 Tips dari Psikolog Anak Vera Hadiwidjojo untuk Meningkatkan Rentang Perhatian Si Kecil!

Seiring bertambahnya usia, rentang perhatian (attention span) akan semakin bertambah. Si kecil akan lebih mudah fokus, mengingat, dan memahami detil dari stimulasi yang diberikan.

Namun tahukah mom, ternyata perkembangan rentang perhatian si kecil ini bisa terganggu, loh! Sehingga ia bisa kesulitan dalam menyerap informasi dan nggak bisa belajar dengan efektif.

Melihat betapa pentingnya rentang perhatian dalam tumbuh kembang si kecil, kali ini Blibli Friends pun berguru dengan Mba Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog anak dari Dancow Parenting Center dan Mattel Fisher!

Dalam kesempatan ini Mba Vera membagikan beberapa tips ampuh buat moms untuk meningkatkan rentang perhatian (attention span) si kecil. Apa saja?

1. Jangan biarkan si kecil menonton tv atau bermain gadget terlalu lamanonton-tv

Via The Huffington

Ternyata menonton TV dan bermain dengan gadget itu musuh utama perkembangan rentang perhatian si kecil lho moms!

Melakukan aktivitas ini terlalu lama justru akan membiasakan proses berpikir pasif pada si kecil. Alhasil, ketika dihadapkan dengan aktivitas yang butuh konsentrasi tinggi, si kecil cenderung kesulitan dan membutuhkan usaha ekstra ketimbang teman-teman lainnya.

Agar hal itu nggak terjadi, Mba Vera pun menyarankan agar moms membatasi aktivitas si kecil bermain gadget dan menonton.

Moms bisa membedakan batasan durasi ini sesuai dengan usia si kecil.Pada usia 18-24 bulan, barulah ia lebih cocok diberi asupan acara edukatif dengan waktu maksimal 30 menit sehari. Pada usia 2 hingga 5-6 tahun, durasi ini boleh ditambah hingga 1 jam sehari.

2. Ajaklah si kecil bermain di luarluar

Untuk meningkatkan rentang perhatian si kecil, stimulasi yang variatif sangatlah diperlukan. Karena itu, moms bisa menunjang aktivitas gerak si kecil dengan mengajaknya bermain ke luar.

Kalau kata Mba Vera, bermain di taman dan membiarkan si kecil berinteraksi dengan teman sebayanya itu kegiatan yang recommended banget!

Apalagi taman juga memiliki banyak wahana seperti ayunan, jungkat jungkit, dan juga perosotan. Apalagi yang ada airnya, seperti kolam atau sungai.

Bukan hanya meningkatkan konsentrasi, bermain di taman juga akan membantu perkembangan saraf sensorik dan motorik si kecil. Sekali dayung, 3 pulau terlampaui!

3. Budayakan membaca pada si kecil sejak dinibaca

Via Rocking Mama

Selain aktivitas gerak, aktivitas tenang seperti membiasakan si kecil untuk membaca juga berperan penting dalam menambah rentang perhatian si kecil lho!

Saat moms membacakannya cerita dan memperlihatkan gambar-gambar menarik yang ada di buku, si kecil akan berusaha berkonsentrasi dengan hal-hal yang moms tunjuk dan bacakan.

Alhasil, rentang perhatian dan juga konsentrasi si kecil akan terlatih setiap kali moms mengajaknya membaca, karena ia mengikuti panduan suara moms.

4. Luangkan waktu bermain pada permainan edukatifedukatif

Via Whole Parent

Hasil studi dari University of Essex dan University College London menunjukkan kalau kebersamaan moms yang berkualitas dengan si kecil turut mempengaruhi kognitifnya.

Agar waktu kebersamaan lebih asyik dan berkualitas, moms bisa mengajak si kecil bermain permainan edukatif yang dapat merangsang perkembangan rentang perhatiannya. Misalnya, Play Doh.

Nggak hanya melatih daya konsentrasinya untuk fokus membuat berbagai macam bentuk, permainan ini juga akan membantu melatih imajinasi dan kreativitas.


BACA JUGA Moms, Ini 7 Tips Disiplin Kasih Sayang Oleh Maria Magdalena, Blogger Parenting!


5. Memberikan mainan edukatif dan ruang beraktivitas bersamamainan

Via Kid Mons

Nggak melulu melalui pelajaran, moms juga bisa menyiasati perkembangan rentang perhatian si kecil dengan kegiatan menyenangkan seperti bermusik.

Berdasarkan temuan dari Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, latihan bermain musik juga dapat melatih fokus si kecil lho.

Selain itu, bermain musik juga akan membuat si kecil dapat lebih mengontrol emosinya dan nggak merasa gelisah. Si kecil akan jadi seorang yang pintar, menenangkan dan juga artistik deh!

Rentang perhatian yang dimiliki si kecil sangat menentukan perkembangan kognitif yang optimal di masa depan. Karena itu, moms jangan lupa dengan beberapa tips yang sudah dibagikan Mba Vera ya!

Ingatlah bahwa aktivitas dan permainan yang dilakukan bersama moms memiliki pengaruh besar terhadap rentang perhatiannya!

Karena itu isilah selalu waktu berkualitas moms dengan berbagai permainan dan aktivitas yang menunjang! Selamat mendidik moms!

Terima kasih Mba Vera untuk tips-tipsnya yang bermanfaat. Moms bisa cek Twitternya di @veraitab! Stay tuned ya, untuk bincang-bincang Blibli Friends selanjutnya!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY