me

Cara Mengisi Tinta Printer Canon IP2770 yang Benar, Jangan Keliru!

May 31, 2024.By Jarvis
Bagikan

Image Source: boltkom.com

Cicilan 0% Gadget

Artikel ini telah direview oleh Tim InfoSec Blibli – Blibli Friends perlu memahami cara mengisi tinta printer Canon IP2770 yang benar. Soalnya, pasti bisa repot kalau kamu kehabisan tinta, padahal kamu lagi perlu menggunakan printer tersebut. Di samping itu, kamu tentu tahu bahwa printer Canon tipe IP2770 pakai cartridge untuk media penyimpanan tinta.

Nah, tinta cartridge ini dalam penggunaannya lebih cepat habis, daripada media penyimpanan botol atau infus. Jadi, kamu perlu paham sendiri tentang cara mengisi tintanya, biar kamu nggak kebingungan saat tinta tersebut habis beneran. Ada baiknya juga kamu memahami sedikit banyak tentang printer Canon IP2770. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga:


Spesifikasi Seputar Printer Canon IP2770

blibli.com

Printer Canon IP2770 sangat ideal buat pemakaian di rumah sehari-hari. Printer ini dirancang dengan bodi yang ringkas. Dipercaya bahwa bodinya memiliki kecepatan dan kualitas yang dapat diandalkan. Kemampuannya bahkan nggak sekadar mencetak dokumen aja. Kamu juga bisa pakai printer ini buat mencetak foto dengan ukuran A4, letter, atau borderless yaitu tanpa tepi, dalam 55 detik aja.

Nggak cuma itu aja, printer Canon IP2770 juga dibekali teknologi printing yang unik, yakni Print Head FINE Technology. Jadi, dengan adanya fitur ini, Canon pastikan dapat menghasilkan cetak gambar yang detail dan jelas. Kemudian, waktu mencetak juga makin cepat, tanpa perlu kamu kesampingkan kualitasnya. Soalnya, printer ini udah dirancang buat mengoptimalkan kualitas.

Maka dari itu, printer ini ideal buat pemakaian jangka panjang. Termasuk buat kamu yang biasa menyimpan data di USB. Sebab, printer ini bisa terhubung dengan port USB. Printer-nya terintegrasi dengan port USB 2.0 yang memiliki kecepatan tinggi. Jadi, transfer informasinya bisa berlangsung dengan cepat, nggak perlu menunggu untuk jeda waktu.

Di samping itu, Canon menghadirkan sistem yang sangat mudah dioperasikan. Jadi, kamu bisa melakukan proses setup perangkat printer ini dengan sederhana. Gampang banget, kamu tinggal menyambungkan kabel USB, kemudian melakukan pengaturan sedikit aja. Udah deh, printer siap kamu gunakan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengisi Tinta Printer

freepik.com/jintanaras

Sebelum mengisi tinta printer, maka kamu bisa memperhatikan sejumlah hal penting terlebih dahulu. Pertama, kamu bisa pastikan kalau merek tinta sesuai dengan merek printer tersebut. Jadi, kalau kamu mau mengisi printer Canon IP2770, maka tinta yang digunakan adalah yang khusus untuk merek Canon juga.

Kemudian, yang nggak kalah penting untuk diperhatikan adalah jenis tinta. Biasanya, pada umumnya ada dua jenis tinta untuk printer Canon, yang dibedakan menurut kekentalannya. Jadi, kekentalannya berbeda. Kamu bisa pilih aja salah satunya. Lalu, upayakan untuk selalu memakai jenis tinta yang sama. Pakailah terus tinta tersebut agar kualitasnya terjaga.

Di samping itu, perhatikan juga merek tinta yang kamu gunakan. Pastikan kualitas merek tinta tersebut baik. Sedikit tips yaitu kamu bisa pilih tinta yang banyak dibeli. Bisa kamu lihat juga rating dan ulasannya sebelum membelinya, sehingga kamu tahu kualitasnya.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon IP2770

freepik.com/jintanaras

Cara mengisi tinta printer Canon IP2770 nggak sulit. Pertama, siapkan dahulu printer yang tintanya mau kamu isi ulang. Pastikan printer nggak sedang mengalami kerusakan, ya. Selanjutnya, colokan kabel power printer ke stop kontak. Kemudian, buka penutup kertas. Lalu tekan tombol power buat menyalakan printer, sampai lampu indikator menyala.

Sekarang bukalah kap penutup printer. Lalu, biarkan cartridge gerak sendiri secara otomatis ke arah tengah sampai berhenti. Kemudian, buka kap tinta bagian B. Ini untuk tinta black atau hitam. Caranya, tekan bagian belakangnya lalu ditarik ke atas. Sekarang, angkat dan ambillah cartridge B pelan-pelan.

Kemudian, bukalah kertas penutup lubang yang ada di bagian atas cartridge. Kalau cartridge masih baru akan disuntik untuk pertama kali, maka kamu harus melubanginya pakai jarum. Selanjutnya, siapkan tinta hitam atau black dengan mengisikannya ke dalam botol suntik.

Kalau lubangnya sudah dibuat, dan kelihatan bisa dimasukkan jarum, mulailah menyuntikkan tinta ke dalam botol suntik perlahan, 2-3 ml aja cukup, biar tintanya nggak meluber keluar sehingga merusak cartridge. Kemudian, tutup kembali kertasnya dan tempatkan cartridge di tempatnya di printer. Lalu, tutup kap cartridge dan tutuplah casing printer. Udah selesai.

Hal yang Bisa Diperhatikan Setelah Mengisi Tinta Printer

freepik.com/jintanaras

Selain memperhatikan hal-hal penting sebelum mengisi tinta, setelah pengisian kamu juga perlu mengetahui sejumlah perihal. Nah, jadi cartridge itu bisa diisi ulang 3-4 kali. Biasanya, cartridge asli pabrikannya hanya diatur untuk sekali pemakaian. Namun, karena ada isi ulang tinta printer, kamu jadi bisa mengisinya kembali biar hemat, bahkan sampai 70%.

Namun, tetap ada batas usia dan pemakaian cartridge, yaitu bisa kamu isi ulang sebanyak 3-4 kali. Perhatikan juga kondisi cartridge, kalau memang sudah nggak bisa dipakai, maka kamu perlu menggantinya. Kemudian, kamu bisa lebih memperhatikan perawatan cartridge. Jadi, perhatikan maintenance tersebut. Disarankan, kamu mencetak setiap 3 hari sekali.

Apalagi, buat kamu yang memang nggak perlu pakai printer setiap hari. Sebab, kalau tinta yang tertinggal di head cartridge itu dibiarkan, dan nggak terpakai dalam jangka waktu yang lama, nanti bisa menimbulkan kerak dan menyebabkan head jadi buntu.

Cara Memperhatikan Tanda Tinta Printer Habis

freepik.com/jintanaras

Oh iya, selain hal-hal yang sudah disebutkan, kamu juga bisa memperhatikan tanda tinta habis. Jadi, sesudah kamu mengisi ulang tinta cartridge, pastinya bakal terus terlihat indikator low. Maka dari itu, kamu perlu melakukan resume untuk kembali mengenalkan cartridge pada printer.

Terus, untuk mengetahui kalau cartridge sudah beneran habis, juga ada caranya. Kamu bisa mengetahui saat kondisinya cartridge sudah habis, dengan melihat hasil cetaknya. Nah, apabila hasil cetak dari cartridge tersebut udah nggak maksimal, dan mulai kelihatan jelek, maka kemungkinan besar cartridge-nya udah habis isinya.

Oke, sedikit informasi lagi buat kondisi cartridge. Jadi kondisinya biasanya dipengaruhi dua hal utama, yaitu pemakaian dan mekanismenya. Pemakaian berarti seberapa sering kamu menggunakan cartridge. Kalau terlalu sering, biasanya head pada cartridge bakal lebih cepat aus.

Kemudian, kalau dari mekanismenya, kamu nggak bisa memprediksi kondisi apa-apa. Sebab, ada kalanya, sirkuit yang ada pada cartridge tiba-tiba nggak bisa terhubung dengan printer, karena kemungkinan disebabkan tegangan listrik yang nggak stabil. Jadi, sirkuit mengalami error atau konslet, tapi nggak selamanya dan pasti akan balik normal.


Baca Juga: Canon PIXMA TS8070: Printer Multifungsi untuk Pengguna Media Sosial

Demikian ulasan tentang printer Canon IP2770. Kamu juga udah memahami sistem penyimpanan dan penggunaan tinta pada printer ini. Tintanya menggunakan media penyimpanan cartridge. Jadi, kamu bisa lebih cermat dalam menggunakan serta menjaga cartridge-nya. Biar cartridge awet dan nggak gampang rusak.

Tentunya, cara mengisi tinta printer Canon IP2770 yang benar, bisa sangat membantu kamu. Kalau sudah tahu caranya, kamu pun jadi mudah mengisi tintanya sendiri. By the way, nggak sulit, kok, menggunakan dan merawat printer ini. Nah, kalau kamu mau beli printer Canon IP2770, langsung aja kunjungi Blibli! Nikmati promo dan diskonnya, yuk.